3 Keutamaan Sholat Sunnah, Bisa Temani Rasulullah di Surga

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 12 Nov 2020

3 Keutamaan Sholat Sunnah, Bisa Temani Rasulullah di Surga

Sholat Sunnah - Image from plus.kapanlagi.com

Masyaallah, begitu luar biasanya keutamaan sholat sunnah 

Bahkan disebutkan dalam hadist, bahwa memperbanyak sholat termasuk sholat sunnah bisa mengantarkan kita dekat dengan Rasulullah dan bisa menemaninya di Surga. Berikut adalah 3 keutamaan menunaikan sholat sunnah. 

Meski dianjurkan dalam Islam, tidak semua orang bisa secara konsisten (istiqamah) untuk menjalankan sholat sunnah. 

Oleh sebab itu, perlu diketahui lebih jauh beberapa keutamaan dalam mendirikan sholat sunnah, agar membuat kita termotivasi untuk menunaikannya.

Imam Nawawi bahkan menjelaskan pentingnya sholat sunnah. Beliau berkata sudah sewajarnya bagi umat Muslim untuk senantiasa menjaga dan juga memperbanyak sholat sunnah. 

Namun, utamakan terlebih dahulu untuk mengamalkan sholat wajib lima waktu. Baru setelah itu jaga dan upayakan untuk memperbanyak sholat sunnah. 

Jangan sampai terbalik, sholat sunnahnya kenceng, tapi sholat fardhu malah diabaikan dan tidak disiplin menjalankannya. Lantas apa saja keutamaan menunaikan sholat sunnah? 

Berikut beberapa fadhilah (keutamaan) dalam melaksanakan sholat sunnah. 

Menutupi Kekurangan Sholat Fardhu 

Pertama, menutupi kekurangan shalat wajib lima waktu. 

Shalat fardhu yang kita lakukan selama lima kali sehari bisa jadi kurang sempurna, bisa karena tidak khusyuk, wudhu kurang sempurna, atau hal lainnya. 

Nah, saat kita mengerjakan sholat sunnah rawatib, maka insya Allah kekurangan dalam sholat fardhu bisa tertutupi dengan baik. 

Namun yang perlu digarisbawahi adalah sholat sunah ini hanya bisa menutupi kekurangan sholat fardhu, bukan menutupi kekurangan seperti sholat yang batal atau tidak sah. Ataupun sholat fardhu yang sudah tertinggal beberapa tahun lamanya. 

Ibadah Sunnah Paling Afdhal 

Kedua, sholat sunnah adalah ibadah sunah paling afdhal. Ibadah sholat lebih afdhal atau lebih utama dibandingkan dengan ibadah puasa. 

Para ulama mengungkapkan bahwa sholat sunnah memang lebih afdhal, Imam Ibnu Hajar misalnya pernah meyebut ibadah badaniyah yang lebih afdhal setelah syahadat adalah menunaikan sholat. 

Sholat fardhu itu lebih afdhal dibandingkan dengan ibadah-ibadah fardhu lainnya, dan sholat sunnah itu lebih afdhal dari ibadah sunah lainnya.

Ibadah Sunnah yang Bisa Antarkan ke Surga 

Ketiga, ibadah sholat sunnah bisa menemani Nabi di surga. Hal ini sebagaimana dengan kisha yang tertuang dalam hadist. 

Dahulu ada seroang sahabat Nabi bernama Rabiah bin Ka’ab Al Aslamiy yang hendak masuk surga dan menemani Nabi di sana, kemudian Rasulullah pun memerintahkannya untuk memperbanyak shalat sunah. 

Dengan memperbanyak shalat sunah niscaya Allah akan mengabulkan keinginan dan doa dari hamba-Nya. 

Dari Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami –radhiyallahu ‘anhu– dia berkata,

“Saya pernah bermalam bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya. Maka beliau berkata kepadaku, “Mintalah kepadaku.” Maka aku berkata, “Aku hanya meminta agar aku bisa menjadi teman dekatmu di surga.” Beliau bertanya lagi, “Adakah permintaan yang lain?” Aku menjawab, “Tidak, itu saja.” Maka beliau menjawab, “Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud (memperbanyak shalat).” (HR. Muslim no. 489)

Begitu luar biasanya keutamaan menunaikan sholat sunnah, untuk itu sebisa mungkin kita mulai membiasakan diri untuk menunaikannya. Inshaallah dengan amalan sholat sunnah bisa mengantarkan kita menuju surga. Aamiin ya robbal alamin.

SHARE ARTIKEL