Baru Saja Diguncang Gempa Magnitudo 7, Turki Diterjang dengan Tsunami

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 31 Oct 2020

Baru Saja Diguncang Gempa Magnitudo 7, Turki Diterjang dengan Tsunami

Kondisi Turki saat diguncang gempa - Image from www.liputan6.com

Terlihat bangunan runtuh dan korban berjatuhan 

Usai diguncang gempa dahsyat, muncul peringatan tsunami. Tak disangka setelah itu Turki kembali tertimpa musibah. Tepatnya di Izmir diterjang dengan tsunami kecil. Begini kronologisnya. 

Gempa magnitudo 7 dikabarkan telah mengguncang Izmir, Turki. Setelah gempa terjadi, Tsunami kecil dilaporkan sudah terjadi di kota Serifihisar, bagian barat daya Izmir.

Informasi tersebut beredar luas di media sosial. Rakyat Turki tampak berlarian dari pantai yang tiba-tiba surut. Warga juga terdengar berteriak-teriak ketika air mulai mengalir ke wilayah perumahan di pemukiman tepi pantai tersebut. 

Dalam video yang beredar, terlihat air mengalir deras dengan menghanyutkan bangku-bangku.

Gempa Magnitudo 7 

Diketahui gempa berkekuatan magnitudo 7,0 melanda Laut Aegea, Turki pada Jumat (30/10) sore waktu setempat. Selain menyebabkan bangunan-bangunan runtuh di daerah pesisir, gempa tersebut juga menewaskan sedikitnya empat orang di wilayah Turki Barat. 

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengumumkan jumlah korban tewas di akun Twitternya. Hal itu dilakukan saat orang-orang di dalam dan sekitar kota Izmir Turki berkumpul di jalan-jalan untuk mencari keselamatan. 

Setidaknya sejumlah 20 bangunan hancur di Izmir akibat gempa, kata walikota kota sebagaimana dikutip dari CNN Turk.

Gambar menunjukkan sebuah mobil hancur di bawah bangunan yang telah runtuh, sementara tayangan TV menunjukkan orang-orang menggali melalui puing-puing, mencari orang yang selamat.

Baru Saja Diguncang Gempa Magnitudo 7, Turki Diterjang dengan Tsunami

Kondisi bangunan pasca terkena gempa di Turki - Image from twitter.com/Thecloudchaser_

Zeki Soysal, seorang penduduk di provinsi Izmir menjelaskan, dia berhasil keluar dari gedung kantornya tepat sebelum gedung itu runtuh dan rata dengan tanah. 

"Ada seorang wanita yang lebih tua di gedung itu tetapi kami menyelamatkannya, dia keluar. Ada gedung lain di dekat gedung ini. Mereka terus berusaha mengeluarkan orang-orang," katanya.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, pusat gempa tersebut berada di 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Samos Yunani, pada pukul 1.51 waktu Yunani.

Gempa itu terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal yakni 10 kilometer, menurut USGS, membuat dampaknya sangat terasa di permukaan tanah di sekitar pusat gempa. 

Doa Presiden Erdogan untuk Izmir 

Baru Saja Diguncang Gempa Magnitudo 7, Turki Diterjang dengan Tsunami

Kondisi bangunan di Turki pasca gempa - Image from twitter.com/gyulsimofficial

Badan bencana Turki mencatat kedalaman gempa terletak hingga 17 kilometer. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mentweet: "Semoga cepat sembuh İzmir."

"Dengan semua sarana negara kami, kami mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri kami yang relevan," kata Erdogan.

Semoga seluruh masyarakat disana diberikan keselamatan dan ketabahan dalam menghadi musibah ini. 

SHARE ARTIKEL