9 Dampak Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia

 17 May 2019  Khoirul Rizky F
9 Dampak Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia

Image Source: boredpanda.com

Halo sahabat pembaca wajibbaca.com, salah satu bencana alam yang dapat mengakibatkan dampak kerusakan yang tergolong besar adalah gempa bumi. Gempa bumi adalah getaran yang terjadi pada permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Gempa bumi sendiri digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gempa bumi tektonik dan vulkanik. Gempa bumi tektonik adalah gempa yang disebabkan pergeseran lempeng bumi, sedangkan gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi.

Sedangkan itu, untuk dampak dampak terjadinya gempa bumi terhadap lingkungan bisa ringan sampai dengan parah tergantung kekuatan gempa yang terjadi.

Kekuatan gempa bumi yang terjadi di atas 7 pada skala Richter memiliki banyak dampak buruk dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada kehidupan dan bangunan.

Sedangkan untuk kekuatan gempa bumi yang terjadi di bawah 3 pada skala Richter tidak dapat dirasakan. Dan terakhir untuk kekuatan gempa bumi yang terjadi antara 3 dan 6 dikategorikan ringan.

Nah, kembali ke topik utama pembahasan pada kali ini. Lalu apa saja dampak dari gempa bumi? Daripada penasaran langsung saja yuk silahkan Anda simak sedikit informasi tentang beberapa dampak gempa bumi bagi kehidupan manusia dibawah ini.

Baca Juga:

Dampak Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia

9 Dampak Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia

Image Source: pri.org

1. Menyebabkan tsunami

Tsunami adalah ombak besar yang terjadi di laut akibat adanya gempa bumi. Karena gempa bumi besar yang terjadi di laut, dapat memicu terjadinya tsunami. Gempa bumi di laut ini, menyebabkan tekanan yang berubah secara drastis di laut. Sehingga tekanan yang terjadi secara tiba- tiba ini, mendorong air laut menjadi naik.

2. Menyebabkan longsor

Tanah pada daratan tinggi, atau tebing memiliki kemungkinan mengalami longsor akibat dari tanah yang bergetar. Getaran ini, yang dapat memicu perubahan bentuk bumi. Bahkan longsor akibat gempa bumi juga dapat terjadi di kota. Terciptanya sebuah lubang yang sangat dalam di tengah kota, juga dapat diakibatkan oleh adanya gempa bumi, sehingga mengakibatkan tanah menjadi ambles.

3. Menyebabkan tanah mengalami kerusakan

Rusaknya permukaan tanah, juga dapat merusak perkebunan maupun persawahan. Selain itu, gempa bumi mampu mematahkan permukaan bumi, bahkan memutuskan sebuah jalan.

4. Menyebabkan berubahnya struktur tanah

Sehingga tanah yang awalnya subur, menjadi tidak subur. Tidak hanya struktur tanah, tetapi mineral serta batuan di dalam tanah juga mengalami perubahan. Sehingga banyak batu mulia hingga mineral yang naik ke permukaan, dan mudah untuk di tambang.

5. Menyebabkan kerugian besar bagi manusia

Gempa bumi mampu menghancurkan gedung-gedung maupun rumah. Selain itu, gempa bumi juga dapat merusak sumber daya yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup.

6. Menyebabkan kebakaran

Akibat dari gempa bumi selanjutnya yaitu rumah menjadi hancur, dan kemudian dapat menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek dan akhirnya menyebabkan kebakaran.

7. Menyebabkan kematian 

Kematian merupakan hal yang biasa terjadi akibat gempa bumi dengan skala yang besar. Tak hanya itu, matinya perekonomian juga salah satu akibat atau dampak dari gempa bumi. Sehingga gempa bumi ini mengakibatkan kerugian besar pada suatu daerah.

8. Menyebabkan retakan atau celah pada tanah

Retakan atau celah pada tanah yang terjadi akibat adanya gempa bumi, biasanya menyimpan banyak gas alam dan minyak bumi. Yang bisa dimanfaatkan dan sering di pakai oleh manusia untuk ditambag. Bahkan tidak hanya gas alam dan minyak bumi

9. Pencairan tanah (likuifaksi)

Dampak mengerikan yang juga terjadi karena gempa bumi adalah penaciran tanah. Tanah bisa kehilangan kekuatannya dan menjadi cair. Saat tanah menjadi cair, maka apa saja yang ada di atasnya akan tenggelam.

Demikian penjelasan diatas tentang beberapa dampak gempa bumi positif dan negatif. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR