6 Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

 25 Jun 2019  Khoirul Rizky F
6 Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

penyebab terjadinya gempa Image Source: newsnation.in

Gempa bumi merupakan suatu getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Nah, berbicara mengenai gempa bumi, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai apa penyebab gempa bumi.

Kita semua tahu gempa bumi merupakan suatu bencana yang ada di indonesia. Kerusakan atau dampak yang ditimbulkan sangatlah besar, seperti hancurnya beberapa bangunan sehingga menimbulkan beberapa korban jiwa.

Tak hanya itu, gempa bumi juga menimbulkan efek psikis pada anak-anak ataupun masyarakat sekitar yang mengalami bencana alam ini. Akan timbul trauma-trauma yang akan menggangu masa depan mereka nantinya.

Tapi terlepas dari bagaimana kita berharap hal itu tidak akan terjadi lagi, terjadinya gempa bumi adalah sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan. Hal itu bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Lalu apa saja penyebab gempa bumi? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa penyebab terjadinya gempa bumi dibawah ini.

Beberapa Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

6 Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

Image Source: temblor.net

1. Pergeseran Lempeng Bumi

Penyebab dari terjadinya gempa bumi yang utama yaitu karena adanya pelepasan energi yang disebabkan oleh pergeseran Lempeng Bumi. Semakin lama energi itu akan membesar dan akan mencapai keadaan maximun. Apabila pinggiran lempeng tidak bisa menahan energi tesebut maka akan mengakibatkan terjadinya gempa bumi.

2. Gerak Lempeng Bumi yang Saling Menjauh

Selain pergeseran lempeng bumi, gerak lempeng yang saling menjauh juga bisa memicu terjadinya gempa bumi. Karena apabila kedua lempeng tersebut saling menjauh, maka akan bisa membentuk lempeng baru diantara kedua lempeng tersebut.

Sehingga lempeng yang baru akan ditekan oleh kedua lempeng lama, hal ini akan mengakibatkan lempeng baru bergerak ke bawah. Dari hal inilah akan menghasilkan suatu energi dengan kekuatan yang sangat luar biasa. Serta juga energi inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya getaran atau guncangan di permukaan bumi.

3. Gerak Lempeng Bumi yang Saling Mendekat

Faktor lain yang bisa menyebabkan terjadinya gempa bumi yaitu pergerakan lempeng bumi yang saling mendekat. Karena disaat pergerakan lempeng yang saling mendekat, maka akan membentuk gunung baru. Sehingga akan terus bertumpuk dan juga memicu terjadinya terjadinya gempa bumi.

Baca Juga:

4. Pergeseran Magma

Salah satu pemicu terjadinya gempa bumi yang lainnya adalah adanya pergeseran magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi ini diakibatkan karena adanya tekanan gas yang sangat besar pada bagian sumbatan kawah. Selain itu, gempa bumi ini merupakan gejala awal akan terjadinya sutau bencana alam, yaitu gunung meletus.

5. Penggunaan Bahan peledak

Gempa bumi ini disebabkan oleh ulah tangan sebagian manusia itu sendiri. Gempa bumi jenis ini tidak dipengaruhi oleh kondisi alam semesta walaupun hanya sedikit. Biasanya gempa bumi jenis ini terjadi saat seseorang tengah meluncurkan atau melakukan percobaan tes rahasia senjata nuklir.

6. Cincin Api Pasifik

Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh cincin api Pasifik. Dengan kondisi geografis ini membuat Indonesia sebagai salah satu wilayah yang rawan letusan gunung berapi, gempa, dan tsunami.

Cincin api pasifik atau lingakaran api pasifik alias ring of fire adalah daerah yang sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan api pasifik.

Daerah ini berbentuk seperti halnya tapal kuda serta mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering kali disebut sebagai sabuk gempa pasifik. Karena terletak diatas jalur magma ini, Indonesia memilik 127 gunung berapi aktif dngan 5 juta penduduk yang tinggal di sekitarnya.

Dengan jumlah yang sebanyak itu, maka aktivitas vulkanik yang berpotensi menimbulkan gempa akan semakin banyak. Untuk gunung api di Indonesia yang paling aktif yaitu gunung Kelud dan gunung merapi.

Bahkan asosiasi Internasional Vulkanologi dan Kimia Iterior Bumi juga menetapkan gunung Merapi sebagi gunung api dekade ini. Karena aktivitas vulkanisnya yang terbilang sangat tinggi sejak tahun 1995.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan penyebab terjadinya gempa bumi diatas. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR