Allah Memberikan Pertolongan pada Manusia, Bergantung dengan Amalan Manusia

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 11 Jan 2021

Allah Memberikan Pertolongan pada Manusia, Bergantung dengan Amalan Manusia

Ilustrasi amalan shaleh - Image from www.infoyunik.com

Masyaallah, yuk beramal shaleh

Allah SWT akan memberikan bantuan kepada manusia bergantung amalan yang dilakukan hamba-Nya. Oleh sebab itu, mari perbanyak amalan shaleh agar Allah SWT memberikan ridho, rahmat hingga berbagai pertolongannya.

Allah SWT akan Memberikan Pertolongan dan Kehidupan yang Sejahtera Bergantung dengan Amalan Manusia 

Hidup di dunia ini hanyalah sementara, sedangkan akhirat adalah tempat peristirahatan yang abadi. 

Hidup di dunia ibarat roda yang berputar, kadangkala berada di atas dan kadangkala berada di bawah. Kalimat mutiara tersebut sudah tidak asing lagi kita dengarkan. 

Selama hidup di dunia yang fana ini, kondisi seorang tidak menentu dan selalu berubah-ubah. 

Adakalanya dia merasakan kebahagiaan dan kemudahan. Sementara di saat yang lain, ia harus menelan banyaknya kesulitan dan juga kepahitan. 

Saat menjalani kehidupan di dunia, tentu tidak bisa hanya bergantung pada usaha kita saja, melainkan juga senantiasa berharap pada bantuan Allah SWT. 

Sebagaimana perintah Allah SWT kepada manusia untuk meminta kepada-Nya, niscaya Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan hamba-Nya. 

Bantuan Allah untuk Orang-orang yang Shaleh 

Apa saja bantuan dan pertolongan yang diberikan Allah SWT pada hamba-Nya yang shaleh?

Ditolong Allah dan Diteguhkan Kedudukannya 

Allah SWT berjanji akan menolong hamba-Nya sesuai dengan amal kebaikannya. Bagi mereka yang menolong agama Allah SWT maka akan dijanjikan mendapat bantuan dari Allah. 

Allah SWT kemudian berfirman, “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad: 7).

Janji ini adalah janji yang mulia bagi siapapun yang menjalankan perintah Allah SWT dengan amar ma'ruf nahi munkar. 

Yakni mengajak umat manusia untuk melakukan perintah Allah SWT serta mencegah dari segala larangan Allah. 

Tak hanya itu, beramal shalih juga termasuk salah satu jalan agar mendapatkan rezeki yang berkah dan meneguhkan kedudukan manusia di hadapan Allah SWT.

Diberikan Kekuasaan dan Kehidupan yang Sentosa 

Selain itu, Allah SWT juga berjanji akan memberikan kekuasan di bumi dan memberikan kehidupan yang aman dan sentosa kepada mereka yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. 

Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam firman Allah SWT berikut ini. 

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal shalih, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap beribadah kepada-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan-Ku. Dan barangsiapa yang tetap kafir sesudah janji itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. an-Nur: 55). 

Pahala yang Lebih Baik

Selain berbagai bantuan tersebut, Allah SWT juga memberikan pahala yang lebih baik kepada orang-orang yang beramal shaleh, baik laki-laki dan juga perempuan. 

Bagi mereka yang beramal shaleh juga dijanjikan kehidupan yang baik oleh Allah SWT. 

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS an-Nahl [16]: 97).

Oleh sebab itu, mari perbanyak amalan shaleh kepada Allah SWT, supaya kita mendapat ridho dan rahmat Allah SWT serta berbagai bantuan dari Allah.

SHARE ARTIKEL