Rombongan Pesepeda Viral di Medsos, Sembrono Lawan Arus Di Jalanan Padat

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 15 Sep 2020

Rombongan pesepeda viral - Image from today.line.me

Merasa penguasa jalanan 

Rombongan pesepeda ini langgar aturan lalu lintas dan lawan arus di jalanan padat. Tampak di sekitarnya ada banyak pengendara lainnya seperti pengendara motor dan juga pengendara mobil. Begini kronologinya serta tips aman dan sehat bersepeda di masa pandemi. 

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan rombongan pesepeda melawan arus di tengah jalanan yang dipadati dengan motor dan mobil. 

Diketahui rekaman tersebut berasal dari akun TikTok yang bernama aanafar.

Hingga hari Senin (14/9/2020), video ini telah ditonton sebanyak lebih dari 90 ribu kali dan menuai beragam komentar. 

Aan Akhmad Farkhan menjelaskan dalam video miliknya itu diambil sekitar 2 minggu yang lalu. Kejadian tersebut terjadi pada hari Selasa, 1 september 2020 sekitar pukul 16.00 WIB.

Sedangkan, lokasinya berada di kawasan Jalan Asia Afrika yang berada di Kota Bandung. Aan mengaku secara tidak sengaja dirinya merekam gerombolan pesepeda yang lawan arus tersebut. 

"Saya lagi jalan-jalan dan foto-foto di daerah situ. Kaget kenapa Pesepeda berkeliaran ramai-ramai melawan arus di tengah jalan."

"Saya lagi on cam karena memang lagi foto-foto dan mau foto teman saya. Dan tiba-tiba temen saya memberi tahu saya bahwa dibelakang saya ada rombongan Pesepeda yang melawan arus. Dan secara refleks saya langsung videokan," katanya, Senin (14/9/2020).

Pesepeda Dinilai Langgar Aturan 

Aan menilai, rombongan pesepeda yang berjumlah kurang lebih 10 orang tersebut telah melanggar aturan karena melawan arus di jalan satu arah. 

"Dan posisi jalanan juga lagi ramai. Harusnya mereka di pinggir atau bila perlu muter aja, soalnya nggak jauh juga kalau muter," imbuhnya

Aan menjelaskan pula, saat kejadian itu, tidak ada seorang pun yang memberikan teguran kepada rombongan pesepeda tersebut. 

"Tidak ada yang menegur. Entah kenapa, tapi ada salah seorang pengendara mobil DM ke saya mengucapkan terima kasih atas video saya yang viral ini."

Aan mengetahui memang ada petugas kepolisian di daerah tersebut, tetapi posisinya agak jauh dengan lokasi rombongan pesepeda yang langgar aturan tersebut. 

"Sebetulnya ada petugas kepolisian juga, tapi posisinya agak jauh," urai Aan.

Aan senang saat mengetahui video miliknya jadi viral di media sosial. Ia berharap para pesepeda dapat belajar dan tak mengulangi kesalahan tersebut. 

Bukan hanya itu, ia juga berharap agar pengendara lain selain pesepeda juga memiliki semangat yang sama untuk patuhi aturan lalu lintas. 

"Dan juga mudah-mudahan pengguna jalan umum, tidak hanya pesepeda aja bisa lebih mentaati lalu lintas. Karena Bandung udah macet, ditambah orang-orang seperti itu, makin macet lagi," tandasnya.

Tips Bersepeda Sehat dan Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Antusiasme masyarakat untuk bersepeda semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Pasalnya bersepeda menjadi alternatif olahraga yang cukup aman saat pandemi Covid-19. 

Sebab dengan bersepeda, orang-orang bisa menjaga jarak lebih leluasa. Berbeda halnya dengan jogging, yang sulit menjaga jarak aman, apalagi jika berada di tempat lari yang padat pengunjung. 

Dikutip dari Instagram @kemenhub151, berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan agar kegiatan bersepeda menjadi sehat dan aman di tengah pandemi Covid-19.

Protokol kesehatan sangatlah penting dilaksanakan guna menjaga kemanan dan kenyamanan bersama saat berolahraga.

Berikut adalah tips aman berolahraga di masa pandemi.

1. Kondisi tubuh sehat sebelum berolahraga, jika ada gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/ atau sesak nafas tetap tinggal di rumah. Dan melaksanakan aktivitas olahraga di rumah. 

2. Menghindari kontak fisik dengan orang lain.

3. Masker harus selalu dipakai selama melakukan kegiatan olahraga di luar rumah. Tapi ingat hanya gunakan masker jika berolahraga dengan intensitas ringan sampai sedang.

4. Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Gunakan saat sebelum dan sesudah keluarga. 

5. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan juga mulut. 

6. Perhatikan aturan jaga jarak. Olahraga yang dilakukan tidak berpindah tempat atau olahraga yang dilakukan dengan posisi sejajar minimal 2 meter dengan orang lain.

- Jalan kaki dengan jarak kurang lebih 5 meter dengan orang yang berada di depan.

- Berlari dengan jarak kurang lebih 10 meter dengan orang yang berada di depannya. 

- Bersepeda dengan jarak kurang lebih 20 meter dengan orang di depannya.

7. Setelah berolahraga dan tiba di rumah, segera cuci tangan, mandi, dan juga berganti pakaian. Pastikan pakaian langsung dicuci dengan protokol kesehatan. 

8. Jika diperlukan, bersihkan alat olahraga, handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan supaya bisa terhindar dari kontaminasi virus corona 

Nah itu ya tips berolahraga agar tetap aman dan sehat di masa pandemi. Sebaiknya lengkapi juga dengan menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb