Amalan Ringan dan Gratis yang Dapat Jaminan Rumah di Surga

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 05 Sep 2020

Ilustrasi rumah di surga - Image from sulaymaneidris.com

Semoga kita semua bisa mendapat rumah di Surga kelak 

Agama Islam itu hadir bukan hendak membawa kesulitan. Justru memberikan kemudahan dan menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta. Jika kita istiqomah menjalankan amalan ringan dan gratis ini, inshaallah Allah bangunkan rumah di surga.

Menebar salam selain berfungsi untuk saling mendoakan, juga dapat menghapus kebencian antar sesama umat Muslim. Maka terbarkan salam demi menciptakan kedamaian dan ketenangan di bumi ini. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh berarti semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu. Atau semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu/kalian. 

"Salam merupakan doa bagi kedua belah pihak, menebar salam juga akan menciptakan kedamaian," kata Ustadz Muhammad Suhadi Lc dalam bukunya "30 Nasihat Nabi Sehari-hari, Penting Diajarkan, Mudah Diamalkan". 



Jika umat Islam saling menyapa dengan salam, maka tidak akan ada kebencian dalam diri mereka. Rasulullah SAW pernah bersabda: 

وأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحسنةَ تَمْحُهَا

"Dan ikutilah keburukan itu dengan kebaikan niscaya kebaikan akan menghapus keburukan itu."

Dengan menebar salam kepada sesama Muslim ketika bersinggungan akan menghilangkan kedengkian dan juga kebencian terhadap sesama muslim. 

Apalagi kita sesama Muslim selayaknya bersaudara, karena itu harus di anggap sebagai saudara bukan sebagai musuh. 

"Walaupun engkau membencinya Ia tetap saudara kamu," katanya.

Suatu hari Umar bin Khattab pernah mengadukan Ali bin Abi Thalib kepada Rasulullah SAW. Hal ini dikarenakan Ali tidak pernah mendahului mengucapkan salam kepadanya. 

Rasulullah pun kemudian memanggil Ali dan memintanya menjelaskan terkait apa yang disampaikan Umar. 

Ali menyampaikan, “Wahai Rasulullah aku sengaja selalu ingin Umar mendahuluiku mengucapkan salam, karena aku ingin Umar mendapatkan istana di surga. Bukankah Engkau pernah bersabda yang artinya "Siapa yang mendahului saudaranya mengucapkan salam, Allah SWT akan memberinya bagi-nya istana di surga." 

Dalam kisah lain disebutkan, suatu hari ketika Abdullah bin Umar pergi ke pasar dan mengucapkan salam kepada setiap orang yang dijumpainya. Lalu ada seseorang yang bertanya. 

"Apa yang engkau lakukan di pasar wahai Ibnu Umar? Engkau tidak berniaga, tidak juga membeli sesuatu, dan tidak menawarkan dagangan. Engkau juga tidak bergabung dalam majelis orang-orang di pasar." 

Ibnu Umar menjawab, "Sesungguhnya aku pergi ke sana hanya untuk menyebarkan salam pada orang yang aku jumpai."

Rasulullah memang selalu menganjurkan umatnya untuk menebarkan salam kepada siapapun. Sebagaimana dalam satu pesannya kepada kita:

"Kalian tidak akan masuk surga sehingga beriman, dan kalian semua tidak beriman sehingga saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang apabila kalian kerjakan, niscaya kalian akan saling mencintai? Yaitu tebarkanlah salam di antara kalian.” 

Untuk itu, mulai sekarang jangan bosan-bosan untuk mengucapkan salam kepada umat muslim di sekitar kita. 

Semoga dengan amalan ringan yang istiqomah ini kelak Allah SWT akan bangunkan rumah di Surga. Aamiin ya Robbal alamiin.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb