Akibat Sering Begadang dan Makan Mie Instan, Pria ini Terkena 16 Penyakit Kronis

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 25 Jul 2020

Kolase Peng Fui dan mie instan - Image from today.line.me

Dua kebiasaan buruk bersatu, begini akibatnya

Diketahui karena pekerjaannya, pria ini terpaksa makan mie instan, kerja ekstra, dan begadang selama bertahun-tahun. Lalu jatuh sakit dan mengidap 16 penyakit bersamaan. 

Tak dipungkiri, pasti kita pernah melakukan kedua hal itu. Begadang dan makan mie instan memang terdengar sepele dan biasa. Tapi apa jadinya jika kedua hal itu jadi rutinitas hidup sehari-hari? 

Kasus ini dialami oleh seorang pria bernama Peng Fei asalah Fliphina, ia memiliki kebiasaan makan mie instan dan juga begadang. 

Mi instan adalah salah satu makan siang atau makan malam yang populer bagi mereka yang kekurangan waktu (atau uang tunai), seperti halnya mahasiswa. 

Meskipun kamu sudah tahu bahwa mi instan adalah makanan yang tidak sehat, tapi pasti berpikir bahwa mie instan tak terlalu berbahaya sebagaimana makanan cepat saji lainnya seperti burger dan kentang goreng.



Namun, kasus Peng Fei, pria asal Filipina, mungkin dapat membuat kalian tersadar dan mengurangi konsumsi mie instan dan rutinitas begadang. 

Pada 2018, Peng Fei merasa sangat lelah. Dia juga menderita penyakit kuning (kuning) dan bahkan matanya memerah.

Dia memutuskan untuk menelepon ibunya guna pergi ke rumah sakit bersamanya. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, diketahui ia didiagnosis dengan 16 penyakit yang berbeda seperti gagal hati, sirosis mikronodular, infeksi intra-abdomen, kalium tinggi, efusi pleura atau kolesistitis.

Setelah bertanya tentang kebiasaan-kebiasaan Peng Fei, dokter menyimpulkan bahwa penyakit ini diakibatkan karena disfungsi hati. Dan saat ini, hatinya hanya mampu melakukan 1/3 dari fungsinya.

Ketika hati tidak bisa melakukan detoksifikasi dengan baik, hal itu dapat mempengaruhi organ lainnya dan memunculkan penyakit-penyakit lainnya.

Peng Fei mengatakan bahwa dia memulai pekerjaan baru di restoran cepat saji. Lalu dia sering terpaksa makan mi instan sebab terlalu sibuk dengan pekerjaannya. 

Selain itu, dia juga sering begadang untuk melakukan shift dan kerja ekstra. Kebiasaan buruk ini jika berlangsung terus-menerus selama beberapa tahun, pada akhirnya bisa melemahkan hatinya. 

Akhirnya, itu menyebabkan berbagai kerusakan pada organ-organ lainnya. 

Potret sang ibu dan Peng Fui - Image from today.line.me

Kadang-kadang makan mie instan dan begadang semalaman tidak akan membunuhmu secara langsung. 

Tetapi saat kamu membuat kebiasaan mengganti makanan yang sehat dengan makanan instan sambil begadang, maka hanya masalah waktu saja sebelum masalah kesehatan semakin banyak. 

Jadi jangan remehkan masalah kesehatan. Sebab tanpa kesehatan, kita tak bisa melakukan banyak hal dan segala yang dimiliki jadi tak berharga tanpa kesehatan. 

Jaga pola makan dan pola istirahat dan jangan lupa untuk berolahraga!

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb