Yang Anggap Covid-19 Flu Biasa, Berani Gak Hadapi Tantangan Ini?

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 12 Jun 2020

Sahruna Madjid - Image from facebook.com

Kamu yang anggap covid jadi ladang bisnis, konspirasi dll, jangan hanya omong kosong!!

Koordinator Lapangan Tim Covid-19 RSUD Haji Makassar, Sahruna Madjid menantang setiap orang yang anggap Covid-19 Flu Biasa. Tak main-main, tantangannya tingkat dewa. 

Tantangan ini diunggah oleh akun facebook bernama Kamaluddin Nurdin. Ia menggunggah tangkapan layar dari postingan Sahruna Madjid, yang merupakan Koordinator Lapangan Tim Covid-19 di RSUD Haji Makassar.

Tantangan Sahruna Madjid 

Pada postingan tersebut bertuliskan: 

Saudara-saudara yang menganggap Covid-19 ini hanya flu biasa dan menganggap ini konspirasi dan ladang bisnis petugas kesehatan, gimana kalau kami tantang Andaa menjadi relawan di Rumah Sakit Rujukan Covid-19? 

Minimal 1 minggu saja. Kebetulan sekarang dibutuhkan sekali relawan dan partisipasi masyarakat di RS karena banyak petugas yang harus dikarantina. 

Anda disana cukup menemani pasien Covid-19, berbagi cerita, memotivasi pasien untuk cepat sembuh. 

Fasilitas APD disediakan. Tapi kalau tidak mau pakai APD akan lebih baik lagi. Kan katanya seperti flu biasa ji toh? Berani? 

Kalau punya nyali bisa segera kontak Satgas Covid-19 di Rumah Sakit. 

Ps. Undangan ini juga berlaku bagi orang-orang kesehatan yang kepalanya sudah dirasuki teori konspirasi. Waktu dan tempat dipersilahkan untuk mendaftar. 

Tantangan ini sebagai salah satu bentuk respon dari beredarnya banyak informasi di dunia maya yang menyatakan bahwa virus corona bukanlah virus yang berbahaya dan menganggap sama dengan penyakit flu biasanya. 

Informasi Viral yang Anggap Covid-19 Hanya Flu Biasa 

Sebelumnya beredar informasi yang ramai diperbincangkan di media sosial. Salah satu pemilik akun Facebook mengunggah tulisan panjang yang menceritakan informasi terkait virus corona.

Pengunggah menuliskan bahwa penyembuhan Covid-19 diklaim tidak jauh berbeda dengan penyembuhan flu biasanya. 

Bukan hanya itu, dalam unggahan tersebut disebutkan pula bahwa, 

"Mereka (tenaga medis) cuma korban penipuan, semua ini settingan, bohongan. Virus Covid-19 beneran ada dan seperti flu lainnya, tapi lebih ringan. Namun mudah menular karena sudah ditambahi asam amino 4 kali lipat."

Faktanya, menurut Stanford Children's Health menjelaskan bahwa SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 adalah virus baru yang belum diidentifikasi sebelumnya dan tidak sama dengan virus yang menyebabkan flu biasa. 

Virus ini diklaim sebagai virus baru yang bisa menyerang manusia. Sementara itu, tidak ada bukti valid dan ilmiah yang menunjukkan bahwa virus corona adalah virus buatan untuk tujuan komersial.

Penyakit flu biasa memiliki gejala pilek dan sakit tenggorokan ringan dan berlangsung antara satu hingga dua minggu. 

Sedangkan virus corona memiliki gejala kesulitan bernapas, demam, dan batuk kering. 

Beberapa pasien yang sudah terpapar virus corona ditambah dengan penyakit bawaan seperti penyakit pneumonia perlu perawatan yang lebih. Jika pneumonia bertambah parah, maka bisa berakibat fatal yakni kematian. 

Nah, bagi yang masih anggap Covid-19 sama seperti flu biasa, langsung saja mendaftar pada Tim Covid-19 Rumah Sakit untuk terjun langsung berhadapan dengan masalah Covid-19 di lapangan. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb