Viral, Video Tukang Bakso Meludah di Mangkok, Benarkah Pakai Ilmu Hitam?

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 26 Jun 2020



Tangkapan layar pedagang meludahi bakso - Image from today.line.me

Menjijikkan sekaligus ngeri 

Terlihat penjual bakso mendekatkan mulutnya ke mangkok bakso pembeli saat pembeli masuk ke dalam rumah. Lalu benarkah pakai ilmu hitam atau sebarkan virus corona? 

Perbuatan tukang bakso cuanki yang diduga meludahi bakso racikannya viral di dunia maya. Tindakan menjijikan itu terjadi di daerah Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Menurut keterangan korban yang memesan bakso itu, Hikma, peristiwa itu terjadi pada Senin (22/6/2020) sore. Saat itu, dia memesan satu porsi bakso cuanki untuk dimakan anak balitanya. 

Ia mengetahui perbuatan menjijikan pedagang itu saat ia melihat monitor CCTV yang dinyalakan di ruang tamu rumahnya. Adapun CCTV terpasang di teras rumahnya sehingga bisa nampak penjual tersebut. 

"Jadi pas saya pesen itu, saya tunggu di luar abangnya enggak langsung bikin. Akhirnya karena saya masuk dan TV ini kan emang selalu nyala. Saya lihatin dari TV ini kok ada yang aneh, dia kayak ngeludah di mangkuknya," kata Hikma ditemui TribunJakarta.com di rumahnya, Kamis (25/6/2020).

Meskipun sudah tahu ada hal aneh yang dilakukan pedagang, Hikma tak berani menegur ataupun memprotesnya. Dia tetap membayar seporsi bakso yang telah dipesan. 

Namun, setelah pedagang bakso cuanki keliling itu pergi, baksonya tak dimakan dan langsung dibuang.

"Saya takut mau negur, apalagi suami saya juga belum pulang. Makanya saya tetap bayar, tapi habis itu saya buang," ucapnya.

Hikma mengaku baru kali ini membeli bakso cuanki kepada pedagang itu. Dia pun tak mengenal identitas pedangang tersebut. 

"Saya baru sekali beli, tapi kata tetangga sih sering lewat juga kalau malam. Enggak ada yang tahu juga namanya siapa dan tinggalnya di mana," kata Hikma.

Video Jadi Viral 

Hikma tak menyangka aksi tukang bakso cuanki yang diduga meludahi bakso racikannya akan viral di media sosial. 

Ia bercerita, awalnya dia hanya membagikan video rekaman CCTV itu kepada grup warga agar lebih berhati-hati dan tak mengalami hal yang sama. 

"Makanya saya kaget kok ternyata viral. Padahal saya share cuma ke grup WA warga sini aja biar tetangga pada hati-hati," kata Hikma.

Hikma mengatakan, salah satu tetangganya yang kemudian menyebarkan video tersebut ke media sosial. 

"Orangnya juga sudah minta maaf ke saya, enggak tahu kalau ternyata bakalan viral. Dan banyak yang pada nanya kronologi kejadian itu ke saya," kata Hikma.

Benarkah Pakai Ilmu Hitam 

Menanggapi video tersebut, warganet pun terbagi pendapatnya antara ilmu hitam dan penyebaran virus corona.

'gini nie yg bikin citra pedagang yg laennya jelek... Matiin Rejekinya dia sndr jg org laen.. iya klo dia gak kena Corona#Mirisss(emoji)' tulis seorang warganet. 

'Mau buat penglaris kek atau apa pun alasannya itu kan jorok makanya jajan apa apa mending di tungguin deh daripada kaya gitu' tambah komentar lainnya. 

'Mungkin itu pelarisnya supaya si pembeli nurut apa kata yg dangan suruh beli lg wkwkkwkwkwk ada ada aja si kang bakso' tulis warganet lain.

'Gmn kalo mas cuankinya corona? Kan bisa nyebar...' kata seorang netizen.

Namun saat ini belum diketahui secara pasti motif dari perbuatan pedagang tersebut. Terlepas dari apapun motifnya, perbuatan tersebut tidak bisa dibenarkan atas berbagai alasan apapun. 

Nah untuk itu, sebaiknya lebih berhati-hati lagi ya kalau mau jajan di luar. Usahakan Bunda cek dulu kebersihan dari pedagangnya dan jangan ditinggal. 

Apalagi musim pandemi seperti saat ini yang tentunya harus membuat kita lebih waspada lagi. 

Jika mau lebih aman, Bunda bisa buat makanan sendiri. Dengan begitu, pasti dijamin kebersihannya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb