Tips Romantis Ala Rasulullah SAW

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 12 Jun 2020



Ilustrasi - Image from www.wowkeren.com

Teladan umat Islam 

Banyak sekali kehidupan Rasulullah SAW yang bisa dijadikan contoh bagi umat Islam. Salah satunya adalah kehidupan berumah tangganya. Tidak berlebihan, sejalan dengan syariah dan berkah. 

Rasulullah SAW adalah sosok teladan bagi Umat Islam. Bahkan tak hanya umat Islam saja lho, masyarakat seluruh dunia di luar agama Islam juga banyak yang mengaguminya. 

Oleh sebab itu, tak salah jika ada penelitian yang menyebut Rasulullah SAW adalah tokoh berpengaruh nomer 1 di dunia. 

Banyak hal yang bisa kita teladani dari Rasulullah SAW, mulai dari akhlaknya, keimanan dan kecintaannya terhadap Allah SWT dan Islam, kecerdasan dan lainnya. 

Salah satu yang bisa kita contoh adalah kehidupan rumah tangganya. Rasulullah SAW dan istri-istrinya adalah salah satu contoh dan praktik nyata rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah (harmonis, penuh cinta dan kasih sayang).

10 Tips Romantisme Ala Rasulullah SAW

Berikut adalah 10 perilaku istrinya dan Rasulullah SAW dalam membangun rumah tangga yang harmonis, dilansir dari republika.co.id. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Ustaz Taufiqurrohman SQ. 

Pertama, istri menyiapkan minuman untuk suaminya, maka Allah hapuskan dosanya. 

Kedua, saumi-istri berjalan sambil berpegangan tangan, maka pada saat pegangan tangan itu dilepas, Allah gugurkan dosa-dosa keduanya. 

“Peganglah tangan istri Anda saat berjalan bersama. Ini bukan lebay. Ini ajaran Rasulullah SAW,” ujar Taufiqurrohman.

Ketiga, suami-istri yang tidur berdampingan. Maka akan diganjar pahala sama dengan orang yang shalat sunnah 100 rakaat.

Keempat, Rasulullah menganjurkan suami-istri tidur satu selimut berdua.

Kelima, makan sepiring berdua dan minum segelas berdua. 

“Suatu hari Rasulullah pulang ke rumah dari suatu acara. Istri beliau, Siti Aisyah, hendak mengambilkan minum untuk beliau. Namun Rasulullah SAW melarangnya. Ia kemudian mengambil gelas minum Siti Aisyah yang masih berisi air setengahnya. Beliau mencari bekas bibir Aisyah di gelas tersebut, lalu minum di bekas bibir Aisyah tersebut. Luar biasa romantisnya,” papar Taufiqurrohman.

Keenam, Rasulullah SAW menganjurkan para suami agar sesering mungkin mencium istrinya. Tak hanya mencium wajahnya, tapi juga tangan istri. 

“Rasulullah mencontohkan, setelah tangan beliau dicium oleh istrinya, beliau kemudian meraih tangan istrinya dan menciumnya. Beliau juga mencontohkan perbuatan mencium tangan anak-anak dan cucunya,” ungkapnya.

Ketujuh, Rasulullah menganjurkan istri agar menyempatkan diri untuk menyisiri rambut suami.

Kedelapan, Rasulullah SAW menganjurkan pasangan suami-istri agar mandi bersama. Sebagaimana hadist berikut ini: 

Aisyah ra. berkata, “Aku mandi bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari satu tempayan (yang diletakkan) antara kami berdua, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendahuluiku (dalam mengambil air dari tempayan) hingga aku berkata, “Sisakan air buatku, sisakan air buatku”. Dan mereka berdua dalam keadaan junub. (HR Muslim)

Kesembilan, Rasulullah menganjurkan suami agar menyempatkan diri menemani istri mengurus pekerjaan rumah tangga. Misalnya membantu pekerjaan di dapur, seperti cuci piring, cuci baju dan lainnya. 

Aisyah ra. berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kesibukan membantu istrinya, dan jika tiba waktu sholat maka beliaupun pergi shalat” (HR Bukhari).

Kesepuluh, hendaklah suami memanggil istrinya dengan panggilan yang baik dan kesayangan.

Contohnya, Rasulullah memanggil Siti Aisyah dengan panggilan mesra “Yaa Humaira” (wahai yang berwajah putih kemerah-merahan).

Itulah 10 tips romantis ala Rasulullah SAW yang bisa diterapkan dengan pasangan halalmu. Semoga dijadikan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb