Inilah 4 Hal yang Dipesan Rasulullah pada Istrinya Sebelum Tidur

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 21 May 2020

Bukan mempercantik diri...

Inilah 4 permintaan Rasulullah SAW kepada istrinya, Aisyah ra. menjelang tidur malam. Rugi bagi orang-orang yang tak mengamalkannya. 

4 Pesan tersebut tertuang dalam hadist Rasulullah, yang tidak dikhususkan hanya kepada Aisyah saja. Namun juga disunnahkan bagi setiap umat Islam. 

Berikut adalah arti dari haditsnya, mudah-mudahan kita semua mampu melakukannya dengan istiqomah, agar hidup kita senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. 

Baca juga : Tanggapan Muhammadiyah dan NU Terkait Larangan Salat Id di Luar dari Pemerintah

Rasulullah bersabda :

“Ya Aisyah jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu :
1. Sebelum khatam Al Qur’an
2. Sebelum membuat para Nabi memberimu syafaat di hari akhir
3. Sebelum para muslim meridhoi kamu
4. Sebelum kau laksanakan haji dan umroh”

Bertanya Aisyah :
“Ya Rasulullah, Bagaimana aku dapat melaksanakan empat hal itu dalam sekali waktu?” 

Rasul tersenyum dan bersabda :

1. Jika engkau akan tidur bacalah Al Ikhlas sebanyak tiga kali seakan-akan kau mengkhatamkan Al Qur’an.

Bismillaahir rohmaanir rohiim, Qulhualloohu ahad’ Alloohushshomad’ lam yalid walam yuulad’ walam yakul lahuu kufuwan ahad’ (3x)

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Katakanlah (Muhammad), ‘Dialah Allah, Yang Maha Esa’, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

2. Membaca sholawat untukku dan para nabi sebelumku, maka kami semua akan memberi syafa’at di hari kiamat 

Bismillaahir rohmaanir rohiim, Alloohumma shollii ‘alaa Muhammad wa’alaa alii Muhammad (3x)

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

3. Mohonkanlah ampunan untuk para muslimin maka mereka akan meridhoi kamu 

Astaghfirulloohal adziim aladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih (3x)

Artinya : Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.

4. Perbanyaklah bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir maka seakan-akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umroh

Bismillaahir rohmaanir rohiim, Subhanalloohi Walhamdulillaahi walaailaaha illalloohu alloohu akbar (3x)

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar. 

Sebenarnya melakukan keempat amalan tersebut bukanlah hal yang sulit. Namun tak banyak umat Islam yang senantiasa mengingat dan mengamalkannya. 

Oleh sebab itu, mulai sekarang cobalah untuk membangun kebiasaan untuk melakukan amalan ringan ini. Misal dengan membuat alarm sebagai pengingat untuk melakukannya. 

Kemudian lakukan sembari memejam mata sebelum tidur, tak butuh waktu lama, mungkin tak sampai 5 menit. Inshaallah dengan begitu, kita akan selalu teringat dengan kebesaran dan keesaan Allah. 

Dan mudah-mudahan dengan amalan ini bisa menjaga perbuatan kita agar senantiasa sejalan dengan perintah Allah dan menghindarkan dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb