Lagi, 1 Keluarga di Cileungsi Positif Covid-19, Ternyata ini Penyebabnya

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 28 Apr 2020

Lagi, 1 Keluarga di Cileungsi Positif Covid-19, Ternyata ini Penyebabnya

Bupati Bogor Ade Yasin - Image from today.line.me

Waduh, 1 keluarga lagi dari Cileungsi Positif Terinfeksi Corona.

Setelah viral, ibu dan 2 anak yang terinfeksi corona. Ternyata ada lagi, 1 keluarga di Cileungsi juga yang positif Covid-19. Keluarga itu terdiri dari ayah, ibu, 2 orang anak dan asisten rumah tangga. Ayahnya telah meninggal 3 April lalu.

Diduga Tertular Tetangganya

Satu lagi keluarga di Cileungsi, Bogor positif virus corona. Diduga keluarga ini tertular dari kasus positif satu keluarga sebelumnya yang juga tinggal di daerah yang sama, Cileungsi. 

"Kasus 1 keluarga positif COVID-19 yang beralamat di Kecamatan Cileungsi dikarenakan kontak langsung dengan kasus positif yang merupakan suami/ayah (S) dari kasus tersebut," kata Bupati Bogor Ade Yasin dalam keterangannya, Senin (27/4). 

Baca juga : 

Ade menjelaskan, S telah dinyatakan positif corona pada 9 April 2020 di Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) Jakarta. 

Sebelum dinyatakan positif corona, S yang bekerja di suatu perusahaan swasta di Depok sempat dirawat di RS swasta di Cileungsi pada 2 April 2020. 

Pada 3 April, S meninggal dengan keluhan sesak napas dan batuk. Karena gejalanya mirip dengan corona, alhasil ia dinyatakan PDP corona. 

"Dinyatakan sebagai kasus PDP dengan jenazah diperlakukan sebagai kasus infeksius COVID. S sempat diambil swab oleh RS tersebut dengan hasil positif COVID-19 pada tanggal 9 April 2020," kata Ade. 

Dengan tertularnya S, keluarganya kemudian diambil sampel swab yakni pada istri, dua anak dan satu asisten rumah tangganya pada 13 April 2020. Namun, ada satu lagi anak dari S, yang tak sempat diambil sampelnya. 

"Hasil pemeriksaan swab PCR menunjukan semua sampel yang diambil positif yaitu istri, 2 orang anak dan 1 asisten rumah tangga," kata Ade.

Namun, Ade tidak menjelaskan RS tempat perawatan keluarga ini. Bupati Bogor ini hanya mengatakan tracing dan swab test akan kembali dilakukan untuk mencari siapa saja yang pernah kontak langsung dengan 1 keluarga ini.

"Rencana tindak lanjut adalah pengambilan sampel ke 2 kasus positif dan anaknya yang belum sempat diambil sampel," tandasnya.

Kasus Positif Covid-19 Keluarga Sebelumnya

Sebelumnya, satu keluarga juga tertular corona di Cileungsi, Bogor. Keluarga tersebut terdiri dari ibu dan dua anak. 

Mereka diduga tertular dari virus corona yang menempel di baju suaminya yang bekerja di RS Rujukan Covid-19, Wisma Atlet. 

Keluarga tersebut beranggotakan lima orang. Suami dan satu anak di keluarga itu dinyatakan negatif corona. Saat ini, ketiga orang anggota keluarga itu tengah dirawat di Wisma Atlet Jakarta.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb