Pengertian Literatur dan Jenis Jenisnya

Penulis Bima P | Ditayangkan 19 Oct 2019

Pengertian Literatur dan Jenis Jenisnya

Pengertian literatur - Image from rbth.com

Istilah literatur mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda, terutama bagi anda yang memang sering berkecimpung di sebuah karya ilmiah yang memang membutuhkan banyak referensi.

Arti literatur sendiri secara harfiah diambil dari bahasa Inggris "literature" yang memiliki arti sebagai karya sastra atau kesusastraan bisa dalam bentuk drama, novel ataupun puisi. 

Namun tahukah anda bahwa ada berbagai jenis literatur? bahwa ada literatur yang bukan datang dari buku saja, tetapi dari media lain seperti piringan hitam, rekaman dan lain sebagainya.

Lalu apa arti literatur secara lengkap? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian literatur dan juga jenis-jenis dari literatur tersebut.

Mari kita simak pembahasan sebagai berikut.

Pengertian Literatur

Literatur adalah sumber atau referensi yang digunakan dalam berbagai macam aktivitas dalam dunia pendidikan ataupun aktivitas lainnya. 

Literatur juga dapat diartikan sebagai suatu rujukan yang digunakan untuk mendapatkan sebuah informasi tertentu.

Baca Juga :
1. Contoh Landasan Teori
2. Struktur dan Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar
3. Jenis-Jenis Paragraf, Pengertian, dan Contohnya

Adapun menurut ALA Glozary of Library and Information Science, literatur adalah bahan bacaan yang dipakai dalam berbagai macam aktivitas baik secara intelektual maupun rekreasi.

Jenis Jenis Literatur

1. Berdasarkan Lokasi Penempatan Koleksinya

a. Koleksi Umum

Jenis literatur koleksi umum adalah literatur yang terdiri dari berbagai macam buku yang dibuat untuk tingkat pembaca dewasa. 

Pada jenis literatur ini umumnya diletakkan di rak terbuka dan bebas untuk digunakan oleh siapapun sebagai sumber bahan bacaan. Seperti buku populer yang membahas tentang budidaya tanaman, novel, serial komik dan lain sebagainya.

b. Koleksi referensi

Jenis literatur koleksi referensi ini adalah literatur yang berisi sekumpulan informasi yang secara khusus dapat digunakan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan yang dimiliki oleh penggunanya. Literatur jenis ini umumnya berbentuk buku pedoman, kamus dan ensiklopedia.

2. Berdasarkan Tingkat Kedalaman Analisisnya

a. Literatur Primer

Literatur primer adalah literatur yang dibuat dari hasil penelitian yang mana hasilnya belum pernah diterbitkan sebelumnya. Literatur jenis ini umumnya berisi berbagai macam gagasan ataupun teori-teori baru dan berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan.

b. Literatur Sekunder

Literatur sekunder adalah literatur yang dibuat dengan merujuk ataupun mengutip hasil yang ada dalam literatur primer. Literatur sekunder pada umumnya mencakup tentang teori-teori yang telah ditemukan sebelumnya dan cenderung tidak menampilkan temuan-temuan baru.

c. Literatur Tersier

Pengertian dari literatur tersier adalah sebuah literatur yang berisi berbagai macam informasi yang berupa petunjuk untuk bisa mendapatkan literatur sekunder. Adapun contoh literatur ini adalah bibliografi dari beberapa bibliografi, direktori dari direktori, dan lain sebagainya.

3. Berdasarkan Sifatnya

a. Dokumen Tekstual

Literatur dokumen tekstual adalah literatur yang berisi berbagai macam teks tertulis yang dapat dibaca oleh penggunanya.

b. Dokumen Non-Tekstual

Literatur dokumen non-tekstual adalah literatur yang berisi tentang informasi yang tertuang dalam bentuk selain teks seperti gambar, foto, suara dan lain sebagainya.

c. Dokumen Campuran

Literatur dokumen campuran adalah literatur yang isinya adalah gabungan dari literatur tekstual dan literatur non-tekstual. Jenis literatur yang satu ini biasanya dibuat setelah literatur dokumen tekstual dan literatur dokumen non tekstual telah diterbitkan.

Di atas adalah pengertian tentang literatur lengkap dengan jenis-jenisnya. Dari sini anda jadi mengerti bahwa literatur bukan hanya berbentuk buku saja, tetapi banyak media lainnya. Ini membuat anda dapat mengambil referensi untuk penelitian tidak hanya dari buku, namun juga dapat dari film, rekaman, gambar, dan masih banyak lagi.

Kami harap artikel ini dapat membantu anda memahami literatur dan juga membantu untuk menambah referensi anda tentang literatur.

SHARE ARTIKEL