Contoh Landasan Teori

 26 Sep 2019  Bima P

Contoh Landasan Teori

Contoh landasan teori - Image from nuigalway.ie

Anda yang saat ini sedang, atau telah menyelesaikan suatu karya ilmiah pastinya tidak asing lagi dengan landasan teori. Namun bagi anda yang baru awal dalam tahap penelitian karya ilmiah, anda wajib mempelajari apa itu landasan teori. 

Landasan teori termasuk dalam langkah tahap awal dalam penelitian suatu karya ilmiah, karena landasan teori bertujuan untuk menjabarkan teori apa yang akan anda gunakan dalam karya ilmiah anda.

Contoh landasan teori adalah teori-teori yang anda temukan dalam suatu karya ilmiah. Anda tidak boleh sembarang mencantumkan teori dalam karya ilmiah anda, teori tersebut harus datang dari sumber yang valid sesuai aturan pencantuman dalam landasan teori. Anda tidak bisa mengambil teori mentah dari internet tanpa ada jaminan dari sumber terpercaya.

Oleh karena itu sangat disarankan anda menggunakan teori dari buku fisik yang sudah jelas sumbernya.

Berikut kami akan berikan penjelasan tentang pengertian dan contoh landasan teori.

1. Pengertian Teori

Landasan Teori adalah salah satu unsur yang memiliki peranan sangat penting dalam sebuah penelitian karya ilmiah. Sebab, landasan teori inilah yang akan menjadi acuan anda dalam melakukan karya ilmiah. Penelitian anda harus berdasar pada teori yang sudah anda cantumkan. 

Definisi teori adalah serangkaian definisi, konstrak, konsep, asumsi dan proposisi untuk menjelaskan fenomena atau kejadian sosial dengan cara merumuskan hubungan antar variabel secara sistematis. Menurut penjabaran tersebut, pengertian teori memiliki 3 hal. Pertama, teori adalah rangkaian proposisi antar konsep-konsep yang saling berkaitan.

Kedua, yaitu menjelaskan fenomena sosial secara sistematis dengan cara menentukan hubungan antar konsep. Dan terakhir, teori yaitu menjelaskan fenomena-fenomena tertentu dengan dengan cara menentukan konsep mana yang berkaitan dengan konsep yang lain dan seperti apa bentuk hubungannya.

2. Fungsi Landasan Teori

  • Dapat menyediakan kerangka yang direncanakan (kerangka konsepsi)
  • Dapat menyediakan informasi mengenai penelitian-penelitian yang terdahulu yang berkaitan dengan penelitian mendatang.
  • Memberi rasa percaya diri karena lewat landasan teori semua konstruk yang berkaitan dengan penelitian kita dapat tersedia.
  • Dapat memberi informasi mengenai metode penelitian yang dipakai, sample dan populasi, instrumen dalam pengumpulan data dan perhitungan sistematik yang dipakai dalam penelitian sebelumnya.
  • Dapat menyediakan kesimpulan-kesimpulan, temuan-temuan yang bisa dikaitkan dengan kesimpulan dan penemuan kita.
  • Kepustakaan penelitian terdiri dari laporan-laporan yang diterbitkan dari penelitian sebelumnya.

Baca Juga:

3. Penyusunan Landasan Teori

  • Sebaiknya landasan teori memakai acuan yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti serta acuan-acuan yang berisi hasil penelitian sebelumnya (dapat disajikan pada Bab II atau dibuatkan sub bab sendiri).
  • ​Cara penulisan dari sub bab sub bab yang lain harus tetap mempunyai hubungan yang jelas serta memperhatikan aturan pada penulisan pustaka.
  • Untuk mendapatkan hasil penelitian yang baik, studi pustaka perlu memenuhi prinsip kemutakhiran dan keterkaitan dengan masalah penelitian. Jika memakai literatur dengan beberapa edisi, maka yang dipakai yaitu buku yang edisi terbaru. Apabila referensi tidak terbit lagi, maka referensi tersebut merupakan terbitan terakhir. Untuk yang memakai jurnal sebagai referensi, pembatasan tahun penerbitan tidak berlaku.
  • Dengan banyaknya sumber bacaan, maka membuat kualitas penelitian yang dilakukan menjadi semakin baik, terlebih sumber bacaan yang terdiri dari teks book atau sumber lainnya contoh jurnal, koran, artikel dari majalah, internet dan yang lainnya.
  • Podoman landasan teori tersebut berlaku untuk jenis penelitian apapun.
  • Teori tidaklah sebuah pendapat pribadi (kecuali pendapat itu telah tertulis dalam buku)
  • Untuk penelitian korelasional pada akhir landasan teori disajikan model teori, model konsep (jika dibutuhkan) dan model hipotesis pada sub bab tersendiri, namun untuk penelitian studi kasus cukup dengan menyusun model teori dan juga memberikan keterangan.

4. Contoh Landasan Teori Skripsi

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1    APLIKASI

Aplikasi komputer adalah sebuah perangkat lunak (software) program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan berfungsi melakukan perintah sesuai dengan keinginan dari pembuat aplikasi.

Pembuat program aplikasi komputer disebut programmer. Aplikasi komputer dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengerjakan sesuatu menggunakan komputer.

Biasanya komputer digunakan untuk mengolah data dan melakukan editing foto, video dan suara.

Contoh perangkat lunak adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Pada era modernisasi peran aplikasi komputer sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari juga sering kita jumpai dalam beberapa bidang.

Kehadiran aplikasi komputer dalam bidang bisnis, pendidikan, maupun hiburan dapat mempermudah pekerjaan dan dapat menghemat waktu.

Beberapa aplikasi komputer digabung bersama menjadi satu paket disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Misalnya Microsoft Office yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, pengolah angka, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.

Aplikasi dalam paket biasanya memiliki antarmuka (interface) pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi dari suatu paket tersebut. (Fitho,2016)

a.    Aplikasi Perkantoran : yaitu aplikasi komputer yang berguna menyediakan layanan pekerjaan kantor. Contoh dari aplikasi perkantoran adalah Microsoft Office.

b.    Aplikasi Multimedia : yaitu aplikasi komputer yang digunakan untuk menggabungkan sebuah informasi, teks, video, dan audio. Contoh dari aplikasi ini adalah Aimp3/Winamp dan Windows Media Player.

c.    Aplikasi Grafis : yaitu aplikasi yang berfungsi untuk membuat desain logo maupun editing foto/gambar. Contoh aplikasi Adobe Photoshop, Corel Draw.

d.    Aplikasi Internet : yaitu aplikasi komputer yang menyediakan layanan kemudahan dalam beraktivitas di internet. Contoh E-mail, Google, Bing, dan Yahoo.

e.    Aplikasi Programming : yaitu aplikasi khusus untuk membuat software atau program tertentu. Contoh aplikasi Visual Basic, PHP, Delphi 7.

f.    Aplikasi Game : yaitu aplikasi permainan yang ada didalam sebuah komputer. Contoh Zuma, Call Of Duty, dan Grand Theft Auto.

Di atas adalah pengertian dan contoh sederhana dalam pembuatan landasan teori. Jika dirasa ada yang masih belum jelas, silahkan anda bertanya di kolom komentar.