Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial Omega 3 untuk Si Kecil

Penulis Bima P | Ditayangkan 18 Feb 2020

Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial Omega 3 untuk Si Kecil

Ilustrasi manfaat asam lemak Omega 3 - Image from familyapp.com

Masih banyak dari masyarakat yang memiliki anggapan bahwa lemak adalah makanan yang berbahaya untuk kesehatan. 

Namun tahukah Anda, ada lemak yang ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lho? Manfaat yang sangat baik terutama untuk perkembangan si Kecil tersebut, berasal dari lemak bernama asam lemak esensial.

Dan berikut penjelasan tentang apa saja manfaat Omega 3 dan juga asam lemak untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Asam Lemak Esensial Untuk Si Buah Hati

Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial Omega 3 untuk Si Kecil

Ilustrasi manfaat asam lemak Omega 3 untuk anak - Image from idevelopcourses.com

Asam lemak esensial adalah sebutan bagi asam lemak yang tidak bisa dibuat sendiri oleh manusia, atau dapat dibuat namun tetap tidak mencukupi kebutuhan minimal yang diperlukan. Sehingga Anda perlu asam lemak esensial yang berasal dari luar.

Asam lemak esensial ini memiliki peran untuk pembentukan sel dan juga mengendalikan peradangan. Omega 3 yang sering Anda dengar sangat kaya manfaat juga merupakan bagian dari asam lemak esensial.

Lemak dari asam lemak esensial ini memiliki segudang manfaat, seperti pembentukan sel, mengatur sistem saraf, menguatkan sistem kardiovaskuler, membangun kekebalan tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi

Selain itu, asam lemak esensial ini juga sangat penting untuk kesehatan fungsi otak dan mata.

Seperti yang sudah dibahas di awal, Omega 3 adalah bagian dari asam lemak esensial, namun tidak hanya Omega 3 saja, ada juga Omega 6 yang merupakan bagian dari asam lemak esensial.

Kedua asam lemak esensial tersebut adalah lemak tak jenuh yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, dan juga membuat jantung tetap sehat.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anak yang lahir dari Ibu yang rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 (DHA dan EPA) selama kehamilannya, terbukti mendapat nilai lebih tinggi pada tes kognitif pada usia 4 tahun, dibandingkan anak-anak yang Ibunya tidak mengkonsumsi omega 3.

Fakta yang tak kalah penting dari hasil penelitian tersebut adalah, makanan yang mengandung asam lemak esensial ini dapat membantu anak mengurangi sikap agresif dan hiperaktif, serta dapat meningkatkan perhatian pada anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Berbagai manfaat asam lemak esensial Omega 3 dan Omega 6

Di atas kami telah memberikan gambaran manfaat asam lemak esensial secara umum, maka dari itu selanjutnya kami akan memberikan manfaat dari masing-masing Omega 3 dan juga Omega 6.

Beragam manfaat Omega 3

Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial Omega 3 untuk Si Kecil

Ilustrasi manfaat asam lemak Omega 3 bagi perkembangan anak - Image from shopify.com

Manfaat Omega 3 untuk anak sangat banyak dan juga penting bagi masa pertumbuhan mereka. Anda bisa temukan manfaat omega 3 salmon, manfaat omega 3 fish oil, dan masih banyak lagi.

Berikut daftar manfaat omega 3 yang baik untuk si buah hati:

1. Manfaat Omega 3 untuk memperkuat daya ingat

Omega 3 berperan penting untuk perkembangan membran sel pada sistem neurologis dari otak sehingga dapat membantu perkembangan otak dan juga memori.

Baca Juga:

2. Manfaat Omega 3 untuk mencegah penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa Omega 3 dapat mencegah penyakit jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Hal ini dikarenakan Omega 3 dapat meningkatkan elastisitas arterial, menurunkan risiko aritmia (detak jantung yang abnormal), dan mencegah tekanan darah tinggi.

3. Manfaat Omega 3 untuk menurunkan kadar kolesterol terutama LDL

Mengkonsumsi ikan yang kaya akan Omega 3 secara teratur, terbukti dapat meningkatkan HDL dan menurunkan kadar trigliserida.

4. Manfaat Omega 3 untuk kesehatan mata dan penglihatan. 

Omega 3 merupakan komponen utama dari retina sehingga rutin mengkonsumsinya akan berdampak baik untuk kesehatan mata.

5. Bermanfaat untuk perkembangan kesehatan fisik dan mental bayi

Untuk wanita hamil, disarankan untuk mengkonsumsi Omega 3 karena bermanfaat untuk membantu pertumbuhan organ bayi menjadi lebih baik.

6. Anti inflamasi

Omega 3 dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai penyakit seperti asma, psoriasis, dan radang sendi.

7. Manfaat Omega 3 untuk membantu penyerapan vitamin larut lemak

Vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K diperlukan tubuh untuk melawan infeksi, menjaga kesehatan mata dan kulit, sirkulasi jantung, pembekuan darah, dan menguatkan tulang.

Daftar makanan yang mengandung Omega 3

Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial Omega 3 untuk Si Kecil

Ilustrasi makanan yang mengandung asam lemak Omega 3 - Image from indiatimes.com

Setelah mengetahui berbagai manfaat Omega 3 di atas, Anda pasti bertanya darimana bisa mendapatkan Omega 3 tersebut? Berikut kami akan berikan berbagai makanan yang mengandung Omega 3 lengkap dengan takaran Omega 3 yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga:

Makanan laut yang mengandung Omega 3:

  • Ikan Salmon : 1200-2400 mg
  • Ikan Teri : 2300-2400 mg
  • Tuna Sirip Biru : 1700 mg
  • Tuna Sirip Kuning dalam kaleng : 150-300 mg
  • Ikan Sarden : 1100-1600 mg
  • Ikan Forel (Trout) : 1000-1100 mg
  • Kepiting : 200-250 mg
  • Ikan Kerapu (Cod) : 200 mg
  • Kerang : 200 mg
  • Lobster : 200 mg
  • Ikan Nila : 150 mg
  • Udang : 100 mg

Buah yang mengandung Omega 3 (per 100 gr buah):

  • Raspberry – 126 mg
  • Jambu biji – 112 mg
  • Alpukat – 110 mg
  • Blackberry – 94 mg
  • Elderberry – 85 mg
  • Kismis – 72 mg
  • Strawberry – 65 mg
  • Blueberry – 58 mg
  • Kumquats – 47 mg
  • Gooseberry – 46 mg
  • Blewah – 46 mg
  • Ceri – 44 mg
  • Kiwi – 42 mg
  • Mangga – 37 mg

Beragam manfaat Omega 6

Sebenarnya manfaat Omega 6 ini lebih cocok untuk orang dewasa. Karena manfaat Omega 6 ini kebanyakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang banyak dialami oleh orang dewasa. Berikut daftar manfaat dari Omega 6:

1. Manfaat Omega 6 untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kadar kolesterol darah yang tinggi merupakan pemicu utama terjadinya jantung koroner dan stroke. Makanan yang mengandung Omega 6 telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Asam lemak jenuh berperan aktif dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, sebaliknya, asam lemak tak jenuh ganda (omega 6) secara aktif menurunkan kadar kolesterol dan asam lemak tak jenuh tunggal tidak berpengaruh secara aktif terhadap penurunan kolesterol. 

Kolesterol LDL bisa turun sebesar 0,74 mg/dl setiap kenaikan 1% omega 6 dalam diet.

2. Manfaat Omega 6 untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner dapat terjadi karena penyempitan/penyumbatan pembuluh darah. Penyempitan tersebut terjadi bila kolesterol LDL dalam darah teroksidasi, menumpuk, dan mengeras dalam pembuluh arteri. 

Penyempitan pembuluh darah dapat dikurangi dengan meningkatkan kadar PGE, sehingga dapat mengurangi penyempitan pembuluh darah dan jantung koroner.

3. Manfaat Omega 6 untuk menurunkan tekanan darah

Omega 6 dapat membantu mengatasi hipertensi karena dapat meningkatkan kadar PGE.

4. Manfaat Omega 6 untuk menstabilkan kadar gula

Omega 6 dapat meningkatkan efektivitas insulin dan merangsang sekresi insulin dari pankreas sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

5. Manfaat Omega 6 untuk mengobati rematik

Omega 6 mampu mencegah dan mengobati penyakit rematik dan penyakit lainnya akibat penurunan fungsi persendian. 

Omega 6 dapat mengurangi rasa sakit, menghentikan peradangan dan menghentikan proses kerusakan jaringan sendi dengan cara menekan kadar senyawa, yang memicu terjadinya radang dan kerusakan pada sendi.

6. Manfaat Omega 6 untuk mencegah stroke

Omega 6 dapat mencegah stroke karena dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, sekaligus menstabilkan gula darah. 

Selain itu, Omega 6 juga berpotensi dapat memperbaiki kerusakan saraf yang terjadi akibat stroke, atau akibat penyakit seperti multiple sclerosis atau alzheimer.

7. Manfaat Omega 6 untuk regenerasi sel dan memperbaiki ketahanan tubuh

Omega 6 berpengaruh baik bagi kulit dan rambut. Kekurangan omega 6 dapat menyebabkan kulit menjadi kasar, bersisik, kuku mudah patah, dan rambut mudah rontok.

Baca Juga:

Omega 6 membantu mempercepat regenerasi sel, kelenturan persendian, dan transfer oksigen dalam darah, sehingga dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan stamina.

Demikianlah penjelasan tentang beragam manfaat asam lemak esensial untuk tubuh, terutama bagi si buah hati. 

Perlu diingat, tubuh Anda tidak dapat memproduksi asam lemak esensial sendiri, oleh karena itu, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang memang mengandung asam lemak tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb