Daftar Makanan Sehat untuk Diet dan Cara Menerapkannya untuk Diet yang Sehat

 23 Feb 2019  Wahyu Fajar
Daftar Makanan Sehat untuk Diet dan Cara Menerapkannya untuk Diet yang Sehat

Image Source: bukansembarang.info

Bagi sebagian orang memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman bagi kaum wanita. Cara yang sering digunakan wanita saat ini untuk mendapatkan badan yang ideal ini yaitu dengan melakukan diet. Padahal diet yang dilakukan bisa saja malah mengganggu kesehatan tubuh Anda jika dilanjutkan bisa membahayakan kesehatan.

Sebenarnya berat badan itu sendiri terjadi karena terdapat banyak kalori yang terdapat dalam tubuh. Karena kalori didalam tubuh tidak dikeluarkan secara seimbang dengan kalori yang masuk, sehingga kalori tersebut menumpuk dan kemudian menjadi lemak.

Diet yang sehat sebenarnya tidak sulit tergantung yang menerapkannya. Lalu bagaimana menerapkan cara diet yang sehat? Terutama apakah makanan sehat untuk diet?

Makanan yang sehat untuk diet

1. Oatmeal

Jenis makanan sehat untuk diet yaitu oatmeal. Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of California telah membuktikan bahwa mengonsumsi oatmeal sebagai menu dalam diet dapat membantu Anda menurunkan berat. Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang terdapat didalam oatmeal berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga dapat membuat tubuh tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas. Selain membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal.

2. Sayur brokoli

Apa saja makanan sehat untuk diet? Sayur brokoli dapat dijadikan makanan yang sehat untuk diet sehat. Karena sayur brokoli rendah kalori serta mengandung vitamin, serat, serta mineral. Dalam 1 gelas brokoli yang penuh mengandung 30 kalori dan serat yang terkandung hanya sebanyak 5 gram, sehingga dapat membuat perut Anda kenyang. Sayur brokoli juga sangat cocok bagi penderita diabetes karena kandungan kalori dan serat dalam sayur brokoli dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

3. Ikan

Selain makanan diatas, ikan ternyata juga masuk dalam makan diet sehat. Kandungan lemak baik dalam ikan dapat membantu Anda menurutkan berat badan. Berbeda dengan daging, ikan mempunyai jenis lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Kandungan lemak baik ini biasanya banyak ditemui dalam ikan laut seperti salmon, tuna, san makarel. Supaya manfaat ikan lebih maksimal, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng. Proses memasak dengan cara digoreng tersebut akan menimbulkan lebih banyak lemak didalam tubuh Anda.

4. Putih telur

Putih telur merupakan tinggi protein tetapi rendah lemak, sehingga putih telur sangat baik untuk makanan yang sehat sebagai diet. Karena putih telur mengandung protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram. Putih telur tidak memiliki kandungan karbohidrat yang jika dikonsumsi aman bagi penderita diabetes. Meski rendah lemak, konsumsilah telur dalam jumlah yang cukup dan sesuai kebutuhan saja.

5. Apel

Makanan sehat untuk diet alami yaitu buah apel. Apel merupakan salah satu buah yang sering dipakai ketika sedang diet. Buah apel yang berwarna merah atau hijau memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu menurunkan berat badan Anda. Kandungan zat yang terdapat dalam satu buah apel terkandung 50 kalori dan 12 gram karbohidrat. Apel mempunyai tingkat indeks glikemik yang rendah sehingga sangat aman bagi penderita diabetes yang ingin mengendalikan berat badannya.

Selain mengetahui cara makanan yang sehat untuk diet, Anda perlu juga mengetahui cara sehat diet alami.

Cara diet sehat alami

1. Pilih makanan yang sehat

Cara diet sehat ini dilakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Makanan yang mengandung gula yang tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi juga sehingga dapat memperburuk berat tubuh. Hindari juga makanan kemasan dan gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda.

2. Atur porsi makan

Cara diet sehat selanjutnya adalah dengan mengatur porsi makanan. Anda harus mengatur makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Untuk menerapkan cara diet sehat, sebaiknya Anda harus menyeimbangkan semua zat  yang diperlukan tubuh. Anda dapat mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

3. Menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga

Olahraga merupakan cara yang harus diterapkan ketika Anda sedang diet. Karena program diet tidak akan berhasil tanpa melakukan olahraga. Dalam setiap tubuh manusia perlu mengeluarkan dan membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh yaitu dengan olahraga rutin. Mulai sekarang lakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari dengan cara ini tumpukan lemak dan kalori perlahan akan menghilang.

Demikian apa saja makanan sehat untuk diet. Semoga dapat bermanfaat.

KOMENTAR