Jangan Sepelekan, Meninggalkan Botol Minuman Dalam Mobil Dapat Sebabkan Kebakaran

 16 Dec 2019  Arief Prasetyo

Jangan Sepelekan, Meninggalkan Botol Minuman Dalam Mobil Dapat Sebabkan Kebakaran

Mobil terbakar - Image from lakido.com

Sepele sih tapi terkadang malah diacuhkan

Pasti kalian semua pernah meninggalkan botol minuman dalam mobil. Ternyata hal ini sangat berbahaya dapat menyebabkan kebakaran, kok bisa? Simak penjelasannya disini.

Botol-botol air yang tertinggal di dalam mobil dapat menyebabkan kebakaran atau mengakibatkan kerusakan.

Kalian yang kerap menggunakan mobil sebagai transportasi sehari-hari pasti kerap meninggalkan botol air minum.

Sebagai bekal minum agar tidak kehausan saat berkendara, botol minum sering kali disengajakan ditinggal di dalam mobil.

Rupanya hal itu tidak disarankan, apalagi para petugas pemadam kebaran tidak menyarankan kebiasaan ini terus-terusan dilakukan.

Baca Juga:

Jangan Sepelekan, Meninggalkan Botol Minuman Dalam Mobil Dapat Sebabkan Kebakaran

Bahaya Meninggalkan Botol Air di Dalam Mobil, Petugas Pemadam Beri Peringatan Ini - Image from style.tribunnews.com

Menurut sebuah artikel dari Pusat Penelitian tentang Epidemiologi Bencana. 90% dari semua bencana alam berhubungan dengan air. Tapi badai, banjir, tsunami, dan kekeringan bukan satu-satunya ancaman yang kita hadapi.

Seperti yang ditunjukkan artikel ini yang Tribunstyle.com, lansir dari Bright Side, kita harus sangat berhati-hati bahkan dengan sebotol air kecil di hari yang panas.

Pernahkah kalian mencoba membakar selembar kertas menggunakan kaca pembesar di bawah sinar matahari langsung? Ini melibatkan proses yang sama seperti itu.

Baca Juga:

Ketika sinar matahari menembus plastik dan cairan, ia memiliki efek yang sama dengan kaca pembesar. Dalam tes yang dilakukan oleh Pemadam Kebakaran Kota Midwest, sinar matahari yang menembus botol air mencapai 250º!.

Itu cukup panas untuk meyakinkan kita yang kerap kali meninggalkan botol di dalam mobil dalam waktu yang lama.
Ini hanyalah konsekuensi kecil dalam foto di bawah ini. Bagaimana hal itu bisa dihindari?

Sebuah kursi yang hampir sobek karena sang pemilih menyimpan botol air di dalam mobil. Sebuah akun Jess Gernetz mengatakan "Foto dari beberapa minggu yang lalu. Botol itu menciptakan kaca pembesar dan membakar kursi saya."

Tindakan pencegahan mungkin tampak cukup jelas. Usahakan untuk tidak membawa sebotol air ke mobil. Menurut National-Lottery.co.uk, rata-rata orang dewasa melupakan 3 fakta kunci.

Gaya hidup modern, peningkatan tekanan dan stres adalah penyebab tingkat pelupaan kita yang semakin meningkat. Jadi jangan lupakan botol air yang kalian bawa ke dalam mobil.

Baca Juga:

Pastikan untuk meletakkannya di tempat di mana sinar matahari tidak bisa mencapainya misalnya, bagasi. Keamanan mobil kita sama-sama penting dengan kesehatan kita sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida ini menemukan.

Bahwa plastik yang biasanya digunakan dalam botol air dapat melepaskan antimon dan bisphenol A atau BPA yang ditakuti jika terkena sinar matahari selama beberapa periode waktu.

Semakin banyak botol plastik yang berada di lingkungan yang panas, semakin banyak antimony dan BPA dilepaskan.

Tonton Video Berikut ini: