Cukup Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari, Dapat 5 Manfaat untuk Tubuh

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 07 Dec 2019

Cukup Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari, Dapat 5 Manfaat untuk Tubuh

Luangkan Waktu Jalan Kaki 15 Menit, Ini 5 Manfaatnya untuk Tubuh! - Image from www.halodoc.com

Suntuk, stress bakal ilang, bisa tidur nyenyak tiap hari...

Cukup jalan kaki 15 menit saja setiap hari.. Nggak percaya? Baca ini!

Perkembangan zaman yang sangat pesat membuat orang makin enggan jalan kaki. Kebanyakan lebih memilih naik sepeda motor meskipun hanya jarak dekat.

Padahal aktivitas fisik seperti jalan kaki sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, berjalan kaki juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Bahkan dilansir dari The Healthy, jalan kaki selama 15 menit memberikan banyak manfaat lebih seperti pelepasan stres, dorongan kreativitas dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

1. Kebahagiaan

Berjalan-jalan adalah salah satu cara yang bisa meningkatkan suasana hati Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine pun telah membuktikan hubungan jalan kaki dengan tingkat kebahagiaan.

Hasilnya, partisipan yang rata-rata melakukan olahraga sedang selama 150 menit (seperti golf, tenis, kelas aerobik, berenang, atau menari baris) atau 200 menit berjalan setiap minggu melaporkan tingkat energi yang lebih tinggi. Ketika peneliti mengikuti setelah tiga tahun, ditemukan kesehatan emosi yang lebih baik dan kehidupan sosial yang lebih kuat.

2. Mengurangi risiko asma

Anda tidak perlu menghindari olahraga jika memiliki asma. Anda hanya perlu menemukan latihan yang tepat untuk penderita asma.

American College of Allergy, Asthma and Immunology mengatakan bahwa berjalan, berenang, bermain golf dan bersepeda santai, kecil kemungkinannya untuk mengiritasi saluran udara Anda.

Secara umum, carilah aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam cuaca hangat dan tidak membutuhkan daya tahan yang signifikan.

3. Tidur nyenyak

Jalan cepat salah satu cara membuat tidur lebih nyenyak. Menurut Sleep Foundation, para peneliti telah menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur, akan tertidur lebih cepat, lebih lama dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang berolahraga keras seperti mengangkat beban.

Baca Juga :

4. Mengurangi stres

Biasanya orang memilih berenang untuk mengatasi stres. Tetapi, sains mengatakan bahwa berjalan kaki termasuk salah satu cara tercepat tercepat dan paling efektif untuk menenangkan diri.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, jalan kaki 10 menit sama efektifnya dengan latihan fisik 45 menit dalam hal mengurangi kecemasan dan depresi.

Karena, bergerak membersihkan kortisol (hormon stres) keluar dari sistem Anda dan membantu menghentikan aliran kekhawatiran yang tak berkesudahan

5. Mendorong kreativitas

Jalan kaki juga membuat kreativitas Anda lebih mengalir. Sebuah studi Universitas Stanford menemukan bahwa berjalan dapat meningkatkan hasil kreatif hingga 60 persen.

Hasil yang sama ditemukan untuk latihan di dalam dan luar ruangan serta dorongan kreativitas setelah berjalan sendiri.
SHARE ARTIKEL