Punya Mertua yang Galak? Ini Tips Ampuh Agar Semakin di Sayang Mertua

 03 Jan 2020  Arief Prasetyo

Punya Mertua yang Galak? Ini Tips Ampuh Agar Semakin di Sayang Mertua

11 Tips Ampuh Menantu Agar Semakin di Sayang Mertua - Image from www.ladiestory.id

Menjadi baik dimata mertua itu bukanlah hal mudah

Apalagi jika mertua galaknya setengah mati, mungkin jika hati ini bukan buatan Allah sudah tidak bisa sabar. Namun tenang saja walau memiliki mertua yang galak, dengan tips ini inysaAllah akan disayang mertua, seperti apa? cek tipsnya berikut ini

Mempunyai menantu yang baik dan perhatian adalah hal yang didambakan oleh setiap mertua. 

Kenyataannya hal itu bukanlah semudah diucapkan di bibir saja, tetapi butuh perlakuan serius di mana Anda harus benar-benar berusaha untuk membuat mertua Anda dihimpit oleh kebahagiaan antara Anda dan pasangan Anda.​

Baca Juga:

Bahkan terkadang, Anda sendiri juga sering bertanya-tanya, bagaimana cara memberikan kebahagiaan kepada mertua ?.

Ya, pasti ada ribuan hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat mertua Anda bahagia sehingga mereka menyayangi Anda seperti menyayangi anak mereka sendiri. Untuk itulah di sini ada beberapa tips umum yang mungkin bisa membantu Anda :

1. Sayangi Pasangan Anda Sepenuhnya

Langkah pertama, Anda harus benar-benar tulus menyayangi pasangan Anda dan membuatnya bahagia. Jika sudah begitu, sebagai orang tua tentu saja juga turut bangga dan bahagia melihat anaknya begtu disayangi oleh pasangannya.

2. Sayangi Mertua Seperti Anda Menyayangi Orang Tua

Selanjutnya, karena Anda sudah masuk ke dalam kehidupan dan orang-orang baru setelah menikah, maka mertua Anda saat ini juga menggantikan posisi orang tua Anda. Dan seharusnya pula Anda memberikan kasih sayang kepada mertua layaknya Anda menyayangi orang tua sendiri.

3. Pahami Apa Yang Disuka dan Tidak Disukai Mertua Anda

Selain itu, Anda juga membutuhkan waktu untuk mengetahui hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh mertua, mulai dari cara bersikap, perlakuan, bahkan sampai makanan, dan lainnya. Jadi, Anda harus menempatkan sesuatu pada tempatnya, memberikan apa yang disukai dan menghindari apa yang tidak disukai oleh mertua.

Baca Juga :

4. Beri Perhatian Cukup Kepada Mertua Anda

Anda juga harus sering-sering memberikan perhatian Anda kepada mertua, jangan hanya kepada pasangan Anda saja. Percayalah bahwa rasa sayang mertua akan tumbuh jika Anda juga bisa perhatian kepada mereka.

5. Cepat Kaki Ringan Tangan

Apapun alasannya, orang tua masih membutuhkan yang lebih muda, jadi Anda harus cepat kaki dan ringan tangan, baik dalam hal tenaga, pikiran, maupun finansial. Misalnya mertua Anda dihadapi masalah kerusakan bagian rumah, maka segeralah untuk membatu memperbaikinya, atau jika mertua Anda sedang sakit maka segeralah untuk membawanya ke dokter, dan lain sebagainya.

6. Perlakukan Mertua Seperti Orang Tua Sendiri

Seperti yang sudah tertulis pada point ke tiga, wujud kasih sayang yang Anda berikan untuk mertua haruslah disertai dengan tindakan dan perlakuan. Jadi, perlakukan mertua Anda seperti Anda memperlakukan orang tua sendiri.

7. Jangan Pernah Membeberkan Keburukan Mertua Kepada Orang Lain

Setiap manusia pasti tidak luput dari keburukan dan cela, jadi jangan sekali-kali membeberkan keburukan mertua Anda kepada orang lain, karena itu akan membuat hubungan antara menantu dan mertua menjadi semakin rumit.

8. Jangan Membanding-bandingkan Mertua Dengan Orang Lain

Anda juga tidak seharusnya membanding-bandingkan mertua dengan orang tua Anda sendiri atau pasangan Anda. Ingatnya bahwa semua orang akan merasa tersinggung jika ia dibanding-bandingkan dengan orang lain.

9. Jangan Banyak Menuntut dan Mengeluh

Dalam kehidupan rumah tangga, pastilah banyak masalah yang akan datang. Jika kebetulan memang ada masalah baik antara Anda dengan pasangan Anda maupun dengan keluarga, jangan terlalu menuntut dan mengeluh, sebaiknya lakukan dengan jalan musyawarah untuk meminta pendapat karena mertua lebih berpengalaman dalam hal rumah tangga dan keluarga mereka.

Baca Juga :

10. Sesekali Berikan Kejutan Untuk Mertua Anda

Sesekali Anda juga perlu memberikan kejutan untuk mertua Anda, misalnya Anda membawakan oleh-oleh untuk mereka sepulang dari luar kota, membawakan makanan kesukaan saat berkunjung, merayakan moment-moment memorial untuk mereka, dan lain sebagianya.

11. Menerima Mertua dan Keluaga Apa Adanya

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menerima dengan lapang atas apa yang ada dalam keluarga Anda. Dan teruslah berjuang untuk membuat keluarga Anda tetap utuh dan harmonis.