Niat Puasa Qadha Digabung Puasa Senin Kamis

 17 Sep 2019  Taufiq F

Niat Puasa Qadha Digabung Puasa Senin Kamis

Niat puasa ganti digabung puasa senin kamis - Image from zakat.or.id

Puasa senin kamis merupakan puasa sunah yang harus dilakukan di hari senin dan kamis, keutamaan puasa senin kamis sangat banyak salah satunya dapat terijabah bila berdoa menginginkan sesuatu.

Tetapi banyak orang juga yang melakukan puasa senin kamis untuk membayar hutang puasa Ramadhan yang masih ditinggalkan. Lalu bagaimana niat puasa bayar hutang bulan ramadhan yang digabung dengan puasa senin kamis.

Berikut ini adalah niat puasa qadha digabung puasa senin kamis serta doa membayar hutang puasa ramadhan dan juga hukumnya. Perlu anda ketahui mengenai hal hal niat puasa qadha dan senin kamis yang sudah wajibbaca.com rangkum.

Penjelasan Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Senin Kamis

Banyak diantaranya yang membayar hutang puasa ramahdan yang diawali dengan membaca doa niat puasa bayar hutang lebih nyaman atau enak melakukannya dibarengkan dengan puasa hari senin atau kamis.
 
Karena kedua puasa sunnah ini juga memiliki banyak manfaat yang didapatkan, selain mendekatkan diri kepada Allah dan juga memohon doa agar cepat terjabul.

Niat puasa qadha senin kamis ini tentunya berbeda dengan niat puasa senin kamis saja atau doa niat puasa mengganti puasa ramadhan untuk mengganti puasa yang telah lalu.

Mengamalkan puasa senin kamis untuk mengganti dengan membaca niat bayar puasa ramadhan dan puasa senin kamis ini sebenarnya mempunyai beberapa aturan khusus. Ada dari beberapa ulama yang menyebutkan tidak boleh, ada juga yang memperbolehkan.

Hal Hal Mengenai Niat Puasa Menggantikan Puasa Ramadhan yang Digabungkan

1. Hukumnya sunah bagi orang yang memiliki tanggungan

Untuk yang ingin menjalankan puasa senin kamis, tetapi masih memiliki tanggungan puasa untuk membayar hutang yang lalu, sebenarnya sifatnya sendiri adalah sunah. Bila dikerjakan mendapat pahala, namun bisa ditinggalkan juga buka masalah.

Tetapi jika masih mempunyai tanggungan ini, alangkah baiknya niat langsung, antara puasa senin kamis dengan puasa dalam mengganti hutang yang diawali dengan membaca niat puasa bayar utang dan doa membayar puasa ramadhan.

2. Bila ingin melaksanakan puasa 6 di bulan syawal, maka hukumnya wajib dalam mengganti puasanya terlebih dahulu

Banyak puasa sunah yang memiliki banyak pahala jika dikerjakan, tetapi ada pengecualian bagi mereka yang memiliki hutang puasa wajib. Tidak bisa mengerjakan puasa sunah ini karena belum melunasi hutang puasa wajib yang diawali dengan membaca doa niat membayar hutang puasa ramadhan tersebut.

3. Menggabungkan niat puasa senin kamis qodho puasa ramadhan


Sifatnya adalah boleh langsung dalam satu niatan. Namun juga ada ulama yang berpendapat bahwa hal tersebut tidak boleh, artinya jika memang ingin mengerjakan puasa qadha yang diawali dengan membaca niat puasa untuk membayar hutang dan juga senin kamis maka harus melakukan dua niat sekaligus.

Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan

Banyak pandangan mengenai niat puasa bayar utang ramadhan yang digabung dengan puasa senin kamis, sebenarnya agar lebih aman, maka wajib diantara anda untuk mengetahui niat kedua-duanya.

Hal ini juga tergantung dari setiap muslim yang menganut mazhab berbeda, karena dari beberapa pandangan mahzab itu berbeda maka akan berbeda juga pola yang akan dianut.

Lalu dalam hal ini disimpulakan bahwa tidak juga dibenarkan membaca niat puasa senin kamis yang digabungkan dengan doa puasa qodho bulan ramadhan, karena kita harus mendahulukan untuk mengqadha puasa terlebih dahulu dan nantinya pahala puasa sunah juga semoba bisa diperoleh.

Jadi yang dibolehkan adalah niat puasa bayar ramadhan yang bertepatan pada hari senin dan kamis, sehingga walaupun berniat untuk mengqadha namun puasa sunah senin kamis juga ikut terbawa. Karena derajat puasa wajib bisa otomatis membawa niat puasa sunah tapi tidak berlaku sebaliknya.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari senin, sunah karena Allah ta’ala”

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma yaumal khomisi sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa hari kamis, sunah Karena Allah ta’ala”

Doa Niat Bayar Puasa Ramadhan

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya : "Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala."

Doa buka puasa qadha latin

اللهم لك صمت و بك أمنت و على رزقك أفطرت برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin.
Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dengan rizqi-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mua, wahai Dzat yang Maha Penyayang”.

Ketentuan Doa Pengganti Puasa Ramadhan

Niat puasa ganti bulan ramadhan karena haid atau doa puasa mengganti puasa ramadhan dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan saat ramadhan.

Ketentuan niat puasa ganti ramadhan karena haid atau niat membayar puasa ramadhan karena haid telah dijelaskan dalam firman Allah pada QS Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya:

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Demikianlah penjelasan mengenai doa niat mengganti puasa, doa membayar hutang puasa, niat puasa mengganti, niat puasa ganti karena haid, doa ganti puasa ramadhan, dan bacaan niat puasa qadha yang bisa wajibbaca.com sampaikan.

Penting untuk diketahui dan dipahami bila ingin membayar puasa dengan membaca niat sahur puasa ganti, niat doa puasa ganti, niat nyaur puasa dengan baik dan benar.

Bila ingin lebih memahami dan juga mendalami bisa dengan mengecek pada artikel wajibbaca.com yang berhubungan dengan doa puasa ganti ramadhan, doa bayar puasa ramadhan, niat puasa nyaur utang, doa niat membayar hutang puasa, niat bayar puasa. Semoga bermanfaat untuk kita semua.