Bolehkah Wanita Bekerja di Luar Rumah? Ini Jawaban Ustad Abdul Somad 

 08 Jan 2020  Arief Prasetyo

Bolehkah Wanita Bekerja di Luar Rumah? Ini Jawaban Ustad Abdul Somad 

Bolehkah Dalam Islam Wanita Bekerja di Luar Rumah ? ini Nasihat Ustad Abdul Somad - Image from pontianak.tribunnews.com

Dengarkan baik-baik !!!

Bagi para wanita atau istri yang bekerja hingga malam, atau memang pekerjaannya waktu malam, berikut ini hukumnya dalam islam. 

Memang bekerja adalah kewajiban seorang suami sebagai kepala rumah tangga, tapi Islam juga tidak melarang wanita untuk bekerja.

Dilansir dari Youtube, menurut Ustaz Abdul somad wanita boleh bekerja, jika memenuhi syarat-syaratnya dan tidak mengandung hal-hal yang dilarang oleh syari’at.

Diperbolehkan bagi wanita untuk bekerja akan tetapi harus dengan ketentuan atau syarat-syarat yang harus diperhatikan dan dipenuhi, seperti:

Baca Juga:

1. Harus izin suami​

Bagi istri yang bekerja di luar rumah harus memiliki izin dari suami karena istri wajib mentaati suaminya.

2. Tidak berdandan berlebihan

Ketika wanita di luar rumah, berdandalah sewajarnya. Berdandan tidak berlebihan. Allah berfirman dalam Al-Quran Surah An-Nur ayat 31:

وَلاَ يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَاوَلاَ يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلاَّلاَبَائِهِنَّ

Artinya: “Hendaknya wanita tidak menampakkan kecantikan (perhiasan)-nya kecuali yang boleh tampak dari dirinya. Hendaknya wanita tidak menampakkan kecantikan (perhiasan)-nya kecuali kepada suami-suami mereka atau bapak-bapak mereka.”

3. Tak Boleh Duduk Berdua-Duaan Dengan Bukan Muhrim

Wanita harus menjaga dirinya ketika berada di luar rumah. Yakni tak boleh berdua-duaan dengan pria yang bukan muhrimnya.

4. Tidak Boleh Memukulkan Kaki Ke Lantai

Artinya wanita itu Jika berjalan tidak membuat jadi pusat perhatian orang karena suara berjalannya. 

Baca Juga:

5. Tak boleh bersuara gemah gemulai atau berdesah-desah

Ada laki-laki yang tak tahan mendengar suara wanita berdesah-desah. Di mana bisa menyebabkan otaknya error. Olehkarena itu, wanita tak boleh bersuara yang gemah gemulai

6. Menutup Ujung Rambut Hingga Kaki

Wanita muslim wajib menutup auratnya dari ujung rambut hingga kaki. Islam tidak mengekang wanita, tapi mengatur wanita agar hidupnya menjadi baik, selamat, tentram, dan bahagia dunia akhirat.

Begitulah cara Islam menghormati wanita, menjauhkan mereka dari pekerjaan yang memberatkan mereka, menghindarkan mereka dari bahaya yang banyak mengancam mereka di luar rumah, dan menjaga kehormatan mereka dari niat jahat orang yang hidup di sekitarnya.

Berikut ini videonya: