Bisa Sebabkan Kematian, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Hujan Petir

06 Jan 2020 Arief Prasetyo

Bisa Sebabkan Kematian, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Hujan Petir

Bisa Membahayakan Nyawa! Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Hujan Petir - Image from www.boombastis.com

Hati-hati BMKG umumkan cuaca ekstrim

Jangan pernah lakukan hal ini jika hujan turun dan terdengar petir yang keras karena dapat membahayakan dirimu sendiri. 

Belakangan ini, BMKG mengumumkan bahwa kondisi cuaca akan lebih ekstrem dari biasanya.

Di beberapa kota dan daerah hujan turun dengan deras disertai dengan petir. Belum lama ini, Malang juga dilanda hujan es yang menyebabkan sejumlah kerusakan di beberapa tempat.​

Yang mengerikannya lagi, sebanyak 13 ekor sapi di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat,Kabupaten Kupang tewas disambar petir.

Oleh karena itu, penting sekali untuk diketahui agar kamu tak melakukan beberapa hal ini saat hujan deras disertai petir berlangsung. Yuk, lebih hati-hati dan jangan sampai hal buruk terjadi hanya karena kamu tak paham apa yang harus dilakukan.

Baca Juga:

1. Berdiri di Bawah Pohon

Hal yang harus kamu hindari adalah berdiri di bawah pohon. Menurut salah seorang ahli keamanan petir dari National Oceanic and Atmospheric Administration, John Jensenius, pepohonan merupakan tempat yang paling ‘berisiko tinggi’ menjadi sambaran petir.
Petir bisa saja melompat ke arah manusia, karena manusia bisa menghantarkan listrik lebih baik daripada pohon. Oleh karena itu, kalau mau berteduh saat hujan deras disertai petir, pastikan tidak di bawah pepohonan ya.

2. Menyentuh Struktur Beton

Entah itu dinding, lantai, ataupun bangunan lain yang memiliki banyak struktur beton sebagai pembangunnya, ia menyimpan potensi listrik yang lumayan besar. Oleh karenanya, bangunan yang berstruktur beton bisa saja menjadi tempat singgah petir. Untuk lebih aman, kamu lebih baik menjauhi tempat tersebut dan berlindung di dalam rumah saja.

3. Jangan Memainkan Peralatan Elektronik di Luar Ruangan

Peralatan elektronik bisa mengantarkan listrik dan memancarkan gelombang radio, sehingga bisa saja tersambar oleh petir. Sudah banyak sekali loh kejadian orang yang meninggal karena tewas tersambar petir saat memainkan gawai mereka.

Tak hanya bermain hape saja, telepon rumah pun bisa saja tersambar oleh petir. Oleh karena itu, saat hujan disertai petir, pastikan segala kabel listrik tercabut dari soket atau colokan listrik.

4. Berada di Tengah Lapangan Terbuka

Tak hanya bawah pepohonan, tempat terbuka bisa saja menjadi sasaran petir. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk menghindari tempat terbuka seperti beranda, gazebo, lapangan golf, dan taman.

Sebanyak 11 pemain meninggal di tempat dan puluhan orang lain yang ada di lapangan harus mendapat perawatan. So, kalau ada petir dan kamu masih berada di ruang terbuka, segeralah masuk ke dalam rumah.


Baca Juga:

5. Berdiri di Dekat Jendela

Sekilas mungkin memang terdengar sepele ya, tapi berdiri di dekat jendela punya kemungkinan kamu bisa tersambar oleh petir.

Mengapa? Karena jendela dan pintu mungkin saja berisi bagian-bagian logam dapat menghantarkan listrik, membuat kamu berisiko tersengat listrik.

Saat terjadi hujan deras disertai badai petir, maka pastikan saja semua jendela kamu tertutup rapat, sehingga petir tak bisa masuk dan menyambar.
Semoga dengan memperhatikan beberapa hal di atas, setiap kita bisa lebih hati-hati dan waspada. Ya, konyol sekali bukan kalau hanya karena teledor dan tidak memperhatikan atau mungkin tak tau, seseorang harus mengorbankan nyawanya.

berita
viral hari ini
bahaya petir
hujan

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa