Pengertian Sarana dan Prasarana Beserta Contohnya

Penulis Rizal H | Ditayangkan 25 Feb 2020

Pengertian Sarana dan Prasarana Beserta Contohnya

sarana dan prasarana - Image from katadata.co.id

Kamu pasti pernah mendengar kata sarana dan prasarana kantor, sarana dan prasarana pembangunan, maupun sarana dan prasarana pendidikan di dalam sebuah percakapan, atau kamu mungkin bertanya tanya pada diri kamu sendiri, sarana dan prasarana contohnya seperti apa sih? 

Namun tahukah kamu makna dari sarana dan prasarana adalah sebuah kata yang terdengar sama namun memiliki makna yang berbeda. Daripada kamu bingung berikut pengertian dan penjelasannya terkait sarana dan prasaran disertai dengan contohnya.

Pengertian Sarana

Menurut KBBI arti kata sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Jika kita sederhanakan alat atau benda mati / bergerak yang digunakan untuk mencapai tujuan kita.

Contoh sarana adalah sarana transportasi diantaranya ada mobil, motor, kereta api, pesawat dan lain sebagainya.

Pengertian Prasarana 

Pengertian prasarana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek, dan sebagainya). Cakupan prasarana ini lebih luas penggunaannya dari sarana. Intinya prasarana pendukung terselenggaranya sarana.

Contohnya adalah dalam cakupan pembangunan prasarana bisa berupa jalan, jembatan dan dan gapura.

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Mounir (1992-119) 

Pengertian sarana menurut Moenir adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.

Bisa diambil kesimpulan bahwa, pengertian sarana dan prasarana menurut Munir lebih menekankan kepada segala aspek yang berhubungan dengan suksesnya suatu proyek yang tidak bisa dilepaskan dari hubungan antara alat dan pendukung alat itu sendiri.

Meskipun keduanya memiliki makna yang berbeda, akan tetapi memiliki keterkaitan yang sangat penting sebagai alat penunjang keberhasilan suatu proses dan tujuan.

Dan yang jelas pengertian sarana dan prasarana bisa dilihat dari cakupan ruang lingkup dari proses yang dijalani, jika cakupan ruang lingkupnya luas maka bisa jadi prasarana sewaktu berubah menjadi sarana.

Baca Juga:

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Jika kita perhatikan perbedaan sarana dan prasaran bisa disimpulkan kedalam gambar berikut:

Pengertian Sarana dan Prasarana Beserta Contohnya

sarana dan prasarana - Image from www.yuksinau.id

Perbedaan berdasarkan bentuk 

Jika dilihat berdasarkan bentuk sarana akan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan prasarana yang mencakup semua aspek pendukung secara luas. Bentuk sarana itu bisa dipindahkan, sedangkan prasarana sendiri sifatnya yang relatif besar sehingga tidak bisa dipindahkan karena menetap di suatu tempat.

Perbedaan berdasarkan kepemilikan 

Ditinjau dari segi kepemilikan, semua benda atau alat yang dimiliki individu bisa di kelompok kan menjadi sebuah sarana. Individual disini bisa berupa perorangan, swasta, maupun pemerintah. Sarana bisa digunakan secara bebas untuk kelangsungan suatu kegiatan .

Sedangkan prasarana sendiri, bisa dipastikan sudah milik pemerintah, Prasarana cakupannya lebih luas dimana fungsinya sebagai pendukung dan penunjang dari sarana itu sendiri.

Perbedaan berdasarkan fungsi  

Dilihat dari segi fungsi, sarana caranya memiliki fungsi sebagai faktor utama dari suatu kegiatan atau proses kerja,maka dari itu sarana merupakan bagian terpenting agar suatu kegiatan bisa berjalan dengan lancar, sedangkan prasarana sendiri memiliki fungsi sebagai faktor pendukung dari suatu kegiatan.

Perbedaan berdasarkan pengadaan biaya 

Untuk pembiayaan sendiri sarana secara penuh dibiayai oleh pihak individu atau kelompok yang mengadakan kegiatan.

Sedangkan untuk acara sendiri sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah yang digunakan untuk proses pengadaan biasanya berasal dari APBN atau pajak yang diterima pemerintah.

Adapun berikut merupakan fungsi utama dari sarana dan prasarana

  1. ​Menciptakan kenyamanan.
  2. Menciptakan kepuasan.
  3. Mempercepat proses kerja.
  4. Memudahkan proses kerja.
  5. Meningkatkan produktivitas.
  6. Hasil lebih berkualitas.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan sarana dan prasarana. Kesimpulannya adalah sarana merupakan faktor terpenting dari suatu proses kegiatan agar bisa berjalan secara lancar.

Namun jika tidak didukung dengan prasarana yang baik maka suatu proses kegiatan akan ter hambat pelaksanaannya. 

Sarana dan prasarana sendiri memiliki peran sesuai dengan ruang lingkup dari suatu proses yang dilakukan, jika ruang lingkupnya besar, maka peran sarana bisa saja sewaktu-waktu berubah menjadi prasarana tergantung dari ruang lingkup proyek yang dikerjakan.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb