Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

 09 Oct 2019  Taufiq F

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

niat-sholat-fardhu - Image from tribunnews.com

Sholat 5 waktu adalah kewajiban mutlak yang harus dijalankan dan dipenuhi oleh setiap umat islam selama sehat pikiran dan normal. Tidak ada keringanan dalam sholat meskipun sakit tetap harus mengerjakan sholat.

Melaksanakan sholat 5 waktu ini tidak seperti ibadah haji yang memiliki syarat khusus, akan tetapi dalam sholat selagi orang tersebut dalam keadaan akalnya masih sehat dan normal, tetap dikenakan kewajiban melaksanakan sholat.

Belajar sholat diawali dengan niat sholat yang merupakan bagian rukun dalam sholat, artinya harus dilakukan agar sholatnya sah. ada sebagian yang melafadzkan niat solat fardhu ada juga yang tidak.

Pada kesempatan kali ini wajib baca akan memberikan informasi mengenai belajar shalat dan melafadzkan niat sholat lima waktu atau arti dari bacaan shalat dan doa sholat lima waktu lengkap, langsung saja simak dibawah ini.

Sebelum mempelajari sesuatu ada baiknya Anda berwudhu dulu. Rukun Berwudhu Lengkap Beserta Seluruh Doa dan Cara Wudhu yang Benar

Niat Sholat 5 Waktu

Sholat fardhu merupakan ibadah yang sudah ditentukan waktu-waktunya, jam berapa harus mulai dan sampai jam berapa akhirnya, maka bagi orang islam tidak hanya dianjurkan mengetahui cara sholat, tetapi juga dituntut mengetahui bacaan sholat 5 waktu dan niatnya.

Sebagai perintah sholat ini langsung tercantum dalam salah satu ayat Al-Quran yang artinya "Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa), sesungguhnya shalat itu dalam fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman" (QS Al-Nisa' 04:103).

Sebelum sholat wajib ada sholat sunnah berikut ini.
1. Waktu dan Tata Cara Sholat Sunnah Wudhu

2. Jumlah Rakaat dan Macam-macam Shalat Sunnah Rawatib dalam Sehari

Dikarenakan sholat ini merupakan sebuah kewajiban, maka bagi siapa saja yang akan mengerjakannya harus mengetahui niat solat lima waktu, mengetahui arti dari bacaan sholat, dan memahami bacaan sebelum sholat yang sudah ditentukan dalam syariat. Dan berikut ini adalah niat solat 5 waktu

1. Bacaan niat sholat Isya

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan niat sholat Isha Latin

“Usholli Fardhol Isyaa-i Arba’a Roka’aataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala”

Arti niat sholat Isya

“Aku niat melakukan sholat fardu isya 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala”

2. Bacaan niat solat Subuh

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Subuh Latin

“Usholli Fardlo Shubhi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Ada-an Lillahi ta’ala”

Arti Niat Sholat Subuh

“Aku niat melakukan sholat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, karena Allah ta’ala”.

3. Bacaan niat solat Dhuhur

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Dhuhur Latin

“Usholli Fardlo dhuhri Arba’a Rok’aataini Mustaqbilal Qiblati Ada-an Lillahi ta’ala”

Arti Niat Sholat Dhuhur

“Aku niat melakukan sholat fardu dhuhur 4 rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, karena Allah ta’ala”

4. Bacaan niat sholat wajib Ashar

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Ashar Latin

“Usholli Fardlo Ashri Arba’a Roka’aataim Mustaqbilal Qiblati Ada-an Lillahi ta’ala”

Arti bacaan sholat fardhu Ashar

“Aku niat melakukan sholat fardu ashar 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala”

5. Bacaan niat solat Maghrib

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Doa niat sholat lima waktu Maghrib latin

“Usholli Fardlol Maghribi Tsalaatsa Roka’aataini Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala”

Arti Niat Sholat Maghrib

“Aku niat melakukan sholat fardu maghrib 3 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala”

Niat sholat harus dilakukan sesuai dengan waktu sholat yang akan dijalankan masing-masing. Niat sholat juga bisa dilakukan dalam hati atau dilafalkan dengan lembut dan ditambah membaca doa sebelum solat.

Niat sholat tersebut adalah niat sholat ketika melakukan sholat sendirian. Jika sholat berjamaah untuk niatnya ada tambahan setelah bacaan "Adaa-an".

  • Jika sebagai makmum tambahkan bacaan makmum an ” مَأْمُوْمًا “ ketika jadi makmum.
  • Dan jika sebagai imam tambahkan bacaan imam an ” إِمَامًا “ jika jadi imam.
Niatkan sholat yang anda lakukan hanya karena Allah SWT dan semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT.

Doa Setelah Sholat Wajib 5 Waktu

Setelah melaksanakan sholat fardhu disunahkan untuk membaca bacaan sholat dan terjemahan dan bacaan wajib dalam sholat.

Membaca doa sholat dan terjemahannya setelah sholat dapat menambal kekurangan dalam sholat, sedangkan doa sebelum shalat juga merupakan langkah untuk mendapatkan tambahan pahala setelah mendekat kepada Allah dengan sholat.

Doa sebelum sholat dan sesudah sholat wajib merupakan kumpulan doa shalat seperti, dia memohon rezeki, doa memohon perlindungan, doa memohon ampunan, doa selamat dunia dan akhirat dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu anda juga bisa menghafalkannya dengan cara mendengarkan lantunan doa lewat smartphone bacaan sholat 5 waktu lengkap mp3 download atau dalam buku bacaan sholat.

Ayat tentang sholat 5 waktu

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillahirabbil ‘alamiin. Hamdayyu-waafii ni’amahuuwayukaafi’u maziidah. Yaa rabbanaa lakalhamdu wa lakasy syukruka-maa yambaghiilijalaaliwajhika wa ‘azhiimisul-thaanik.

Artinya :

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu."

Doa dalam solat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

Allaahumma shalliwasallim ’ala sayyidinaa muhammadiw wa ‘ala aali sayyidinaa muhammad shalaatan tun jihnaa bihatsa min jamii’il ahwaali wal aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al hajaat. Wa tuthahhirunaa bihaa min jamits sayyi’aat. Wa atarfa ‘unaabihaa ‘indaka ‘aladdarajaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayaati minjamii’il khairaatifil hayaati wa ba’dal mamaat. Innahu samii’un qariibum mujiibudda’awaat wayaa qaadhiyal hajaat

Artinya :

"Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya."

Berikut doanya

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wa aakhirah. Wa ‘aafiyatan fil jasadi wa shihhatan fil badani wa ziyaadatan fil’ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qablal maut wa rahmatan ‘indalmaut wa maghfiratan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut wan najaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Artinya :

"Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab."

Doa selanjutnya

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Allaahumma innaa na ‘uudzubika minal‘ajzi wal kasali wal bukhli wal harami wa ‘adzaabil qabri

Artinya :

"Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur."

Demikianlah penjelasan mengenai doa setelah sholat fardhu dan niat sholat fardhu yang bisa wajib baca sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi.