Kumpulan Doa Sehari Hari untuk Anak

 01 Oct 2019  Taufiq F

Kumpulan Doa Sehari Hari untuk Anak

Doa sehari hari - Image from berkabar.com

Kumpulan doa doa islam sehari hari ini dapat membantu orangtua untuk menghajarkan pada anak-anak agar dapat menghafalnya, sehingga selain pelajaran sekolah anak juga mendapat pelajaran agama dirumah.

Doa sehari hari dalam islam ini wajib baca pilihkan untuk proses belajar yang lebih cepat pada anak, seperti halnya menghafal 25 nama nabi dan rasul atau hafalan doa anak lainnya.

Dalam islam sendiri juga mengajarkan doa amalan sehari hari yang diamalkan sebelum melakukan kegiatan atau setelah melakukan kegiatan, seperti 5 doa harian yaitu doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa sebelum makan, doa sesudah makan, doa masuk wc, dan lainnya yang merupakan doa islam sehari hari.

Maka dari itu langsung saja simak penjelasan mengenai kumpulan doa doa mustajab sehari hari yang sudah dirangkum wajib baca berikut ini.

Pengertian Doa Sehari Hari

Doa merupakan permohonan seorang hamba kepada Rabbnya ketika menginginkan sesuatu. Doa pendek untuk anak biasanya sudah dikenalkan oleh kedua orangtua kita semasa kecil.

Doa itu sebuah sarana yang akan menumbuhkan rasa kehati-hatian terhadap seseorang, dimana mereka yang dalam segala hal pekerjaannya selalu dimulai dengan berdoa maka hidupnya akan lebih damai nyaman dan tentram, baik itu dalam hatinya atau jiwanya.

Maka dari itu sangat penting bagi seluruh orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya semenjak kecil agar senantiasa berdoa sebelum mengawali sesuatu.

Yang dimaksud dengan doa islam sehari-hari disini yaitu beberapa bacaan yang bersangkutan dengan kegiatan keseharian, misalkan ketika mau makan, mau masuk kamar mandi, masuk masjid, keluar kamar mandi dan kegiatan lainnya.

Maka dari itu doa sehari hari anak islam ini sangat penting diajarkan semenjak dini, agar mereka nantinya terbiasa melaksanakan segala sesuatu diawali dengan doa terlebih dahulu.

Mengajarkan doa doa pendek islam pada buah hati yang disayangi, berarti secara tidak langsung kita sebagai orang tua telah melatih mereka mengasah otak mereka agar lebih pandai dan cemerlang.

Karena ketika anak sudah dibiasakan memahami suatu hal dengan pikirannya maka ketika ia remaja akan lebih stabil dalam segala halnya.

Jenis-jenis doa sehari sehari banyak sekali, kali ini wajib baca akan merangkum sebagian dari doa2 sehari2 dan doa penting untuk diajarkan pada anak.

Doa harian anak ini perlu diketahui, agar dalam aktivitas yang dikerjakan sehari-hari bisa senantiasa disertai dengan doa yang mana nantinya bisa menghasilkan keberkahan, langsung saja berikut ini beberapa doa sehari hari anak.

Baca :
1. 7 Tips Belajar Ngaji Agar Cepat Bisa
2. 4 Cara Menanamkan Asyiknya Belajar Al Qur'an pada Anak sejak Dini

Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap

Silahkan dipelajari dan dipahami doa sehari hari lengkap berikut ini, serta ajarkan hafalan doa harian pada anak setiap harinya, agar mereka cepat hafal dan lebih mengasah otaknya, simak doa2 harian berikut ini.

1. Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

Allahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama robbayaanii shogiiroo

Artinya : “Wahai Tuhanku , ampunilah saya dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku) , sayangilah mereka menyerupai mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

2. Doa Sebelum Belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zaidnii 'ilman warzuqnii fahman

Artinya : "Ya Tuhan , tambahkanlah saya ilmu dan berikanlah saya rizqi akan kepahaman".

اَللهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allohumma akhriznaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah 'alainaa bima'rifatika waasahhil lanaa abwaaba fadlika yaa arhamar-roohimiin.

Artinya : "Ya Tuhan , keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman , bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang".

3. Doa Ketika Masuk Masjid

اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allohummaf-tahlii abwaa ba rohmatik

Artinya : "Ya Tuhan , bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu".

4. Doa Ketika Keluar Masjid

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

alluhumma innii as aluka min fadlika

Artinya : "Ya Tuhan , bahwasanya saya memohon keutamaan dari-Mu".

5. Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Bismikallohumma ahya waa amut

Artinya : "Dengan nama-Mu ya Tuhan saya hidup dan saya mati"

6. Doa Ketika Bangun tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Al hamdu lillahil ladzi ahyanaa ba'da maa amaa tanaa wa ilaihin-nusyur

Artinya : "Segala puji bagi Tuhan yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan".

7. Doa Masuk Wc

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allohumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khobaitsi

Artinya : "Ya Tuhan , saya berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan".

8. Doa Keluar Wc

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufroonakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba 'annil adzaa wa 'afaanii

Artinya : "Dengan mengharap ampunanMu , segala puji milik Tuhan yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah
menyejahterakan".

9. Doa Ketika Mau Mandi

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِى وَوَسِّعْ لِى فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Allohummaghfirlii dzambi wa wassi'lii di daarii wa baariklii fii rizqii

Artinya : "Ya Tuhan ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasaan di rumahku serta berkahilan pada rizqiku".

10. Doa Ketika Memakai Baju Atau Pakaian Baru

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِحَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Al-hamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa warozaqonihi min ghoiri hawlin minnii wa la quwwatin

Artinya : "Segala puji bagi Tuhan yang memberi saya pakaian ini dan memberi rizqi dengan tiada upaya dan kekuatan dariku".

Demikianlah kumpulan bacaan doa sehari hari yang bisa anda ajarkan pada buah hati khususnya doa doa anak ini sebagai doa dan pengenalan terhadap agama islam.

Semoga doa hari-hari untuk anak ini bisa bermanfaat.