7 Tips Belajar Ngaji Agar Cepat Bisa

 27 Dec 2018  anisa nurfadila
7 Tips Belajar Ngaji Agar Cepat Bisa

belajar ngaji via youtube.com

Untuk para orang dewasa yang belum bisa membaca Al-Quran. Jangan risau! Ikuti Tips ampuh belajar ngaji untuk orang dewasa berikut ini!

Apakah ANDA sudah dewasa/tua tetapi tidak bisa membaca Al Quran? Lalu bagaimana solusinya agar kita bisa belajar mengaji dan agama islam di usia dewasa? Apakah anda belum bisa membaca Al Qur'an & ingin belajar membaca Al Qur'an.

Sebagian orang menyesal karena sudah berumur, dewasa namun belum bisa membaca alquran. Berikut ini, tahapan penting Cara belajar mengaji alquran atau membaca alquran untuk dewasa. Salah satunya ,Kita dapat mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca alquran secara privat.

Seiring bertambahnya usia, kita kadang merasakan perlu mempelajari ilmu agama lebih dalam. Terlebih lagi seandainya kita belum bisa membaca Al-Quran dengan lancar. Padahal ketika usia kita bertambah, artinya umur semakin berkurang, dan tentunya yang sudah pasti akan kita hadapi adalah akhirat.

Tetapi yang jadi kendala, sangat minim sekali madrasah dan TPA yang dirancang untuk orang dewasa, sehingga niat kita untuk belajar dan mendalami Agama Islam kadang menjadi kandas lagi.

Lalu bagaimana solusinya agar kita bisa belajar ngaji dan agama islam di usia dewasa?

Baca Juga : Sejarah Mushaf Al Quran dari Masa Nabi Hingga Masa Abu Bakar dan Usman

Tips Belajar Ngaji Untuk Orang Dewasa

Ikuti tips belajar ngaji berikut ini agar cepat bisa membaca alQuran.

1. Meluangkan Waktu Untuk Belajar Ngaji

Tidak ada kata terlambat untuk belajar ngaji, Jangan waktu yang ada, Siapkan dan alokasikan waktu terbaik kita untuk belajar ngaji. Kesungguha dalam meluangkan waktu khusus untuk belajar ngaji menjadi salah satu kunci agar kita bisa baca alquran dengan cepat.

Kebanyakan orang hanya memberikan waktu sisa dalam belajar ngaji ini, jika demikian menyebabkan kita tidak akan pernah bisa belajar ngaji. Jadi …Jangan sampai kita hanya memberikan waktu sisa dalam mempelajari kitab suci ini. Segera luangkan waktu dan susun agenda kegiatan kita.

2. Carilah Guru Mengaji

Setelah memiliki waktu belajar selanjutnya adalah memiliki guru yang dapat membantu menguasai cara membaca Al-Qur’an. Karena untuk dapat membaca alquran memerlukan proses. Kita dapat mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca alquran secara privat.

Jika kita ingin belajar ngaji secara otodidak atau mandiri sebenarnya sangat memungkinkan, karena sekarang ini sudah banyak panduan membaca alquran misal dari vidio belajar ngaji ataupun dari youtube.

Permasalahan utama belajar ngaji  otodidak adalah tidak ada yang mengkoreksi jika bacaan kita salah. Jadi segera berkomunikasi dengan calon yang akan mengajarkan belajar ngaji untuk anda.

3. Mampu Membaca Huruf Hijaiyah

Bahasa alquran adalah berbahasa Arab, yang huruf nya dikenal dengan huruf hiaiyah. Tentunya kita harus bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf karena ini adalah suatu hal yang mendasar.

Sama seperti jika kita hendak belajar membaca bahasa indonesia. Alangkah baik nya pada tahap ini kita memiliki buku iqro alquran.

Jika kita mengetahui dan bisa membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, maka ini bisa modal utama kita untuk bisa membaca Al-Qur’an, karena isi Al-Qur’an adalah bacaan yang tersusun dari 28 huruf hijaiyyah. Baca artikel tentang cara membaca huruf hijaiyah di sini.

Dengan mengetahui huruf dan cara membaca hijaiyah akan memudahkan kita dalam belajar di tahap tahap berikutnya

4. Memahami Tanda Baca Dalam AlQuran

Setelah kita tahu dan paham serta mampu membaca huruf hijaiyyah dengan benar, maka langkah berikutnya adalah mempelajari tanda baca, yaitu fathah, kasrah, sukun, tanwin, dan dhommah.

Sama seperti belajar berbahasa indonesia, tanda baca yang disebutkan tadi mirip dengan huruf vokal yang ada pada bahasa indonesia.

5. Memahami Dasar Dasar Tajwid

Untuk pemula memahami tajwid kadang menjadi kendala terberat dalam belajar ngaji, Akan tetapi bukan berarti tidak dapat dipelajari. Baca artikel tentang dasar-dasar tajwid di sini.

Di dalam tata cara membaca Al-Quran ada banyak tanda tanda baca, ada huruf yang dibaca panjang, mendengung, tebal dan dibaca tipis atau dalam istilah tajwid seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dan sebagainya.

Tanda-tanda baca alquran ini akan sering kita temukan di dalam Al-Qur’an, untuk memudahkannya saya menyarankan untuk memiliki alquran tajwid, karena tanda tada baca yag ada dibedakan dengan warna warna yang berbeda juga.Alquran ini sangat cocok untuk belajar ngaji pemula.

Baca Juga : MasyaAllah, Ini Beberapa Murottal Al Quran Paling Merdu yang Bikin Hati Tenang

6. Memahami Teknik Membaca AlQuran 

Selanjutnya, dalam belajar ngaji ini tentunya diperlukan untuk mengetahui dan menguasai teknik membacanya Al-Qur’an, seperti Idgham, Qalqolah, dan lainnya. Idgham adalah teknik membaca dengung, seperti halnya jika ada huruf hijaiyyah “nun” mati bertemu dengan “Mim”. Pada tahap ini sangat diperlukan guru pembimbing, atau kita bisa lihat bagaimana ustad-ustad mengajarkan di youtbe.

7. Praktekkan! 

Tips terakhir adalah praktekan sekarang juga. Buatlah jadwal harian membaca alquran. Misal sebelum sholat shubuh atau setelah sholat magrib. Karena sesungguhnya seseorang tidak akan bisa membaca alquran dengan fasih jika tidak pernah mempraktikkannya.

Bacalah Alquran secara rutin, sebelum masuk waktu subuh, setelah subuh atau setelah maghrib. Biasanya waktu-waktu ini sangat bagus untuk membaca dan mentadabburi Al-Qur’an juga tentunya belajar ngaji.

Bersabarlah dalam mempelajari Al-Qur’an, baca juga buku buku yang dapat memotivasi kita dalam belajar ngaji. Semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk bersabar dalam belajar ngaji ini.