Niat Sholat Tahajud Beserta Manfaatnya

 27 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Niat Sholat Tahajud Beserta Manfaatnya

ilustrasi sholat tahajud - Image from manado.tribunnews.com

Shalat tahajud atau yang disebut juga dengan shalat malam merupakan salah satu sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan pada waktu malam hari yakni setelah shalat isya sampai terbit fajar. Namun waktu terbaik yang dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud ini adalah pada sepertiga malam, yaitu antara jam 1 sampai jam 3.

Adapun tata cara sholat sunnah tahajud sama seperti shalat-shalat sunnah dua rakaat lainnya. Namun tentu saja, niatnya berbeda.

Berikut akan kita bahas jawaban dari pertanyaan "tuliskan bacaan niat sholat tahajud beserta artinya."

Niat Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud lumayan pendek, sehingga insya Allah kita akan mudah menghafalkannya, yaitu :

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Niat sholat tahajud latin :

USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA.​

Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.

Manfaat Sholat Tahajud

Ada banyak sekali manfaat dan keutamaan yang terdapat dalam sholat tahajud, sesuai dengan firman Allah dalam Q.S Al-Insaan 25-26 berikut :

وَ اذۡکُرِ اسۡمَ رَبِّکَ بُکۡرَۃً وَّ اَصِیۡلً

Waadzkuriisma rabbika bukratan wa-ashiilaa

Artinya :
Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang.

Baca Juga: Macam - Macam Sholat Sunnah dan Tata Caranya

Adapun manfaat atau fadhilah yang akan kita dapatkan dari sholat tahajud diantaranya :

1. Diangkatnya derajat kita oleh Allah SWT

Allah akan mengangkat derajat orang yang gemar melakukan sholat tahajud. Sebagaimana Allah berfirman pada Q.S Al-Isra ayat 79 yang artinya :
"Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS.Al-Isra:79)

2. Doanya dikabulkan oleh Allah

Salah satu waktu dimana doa diijabah oleh Allah SWT adalah di saat sepertiga malam, yaitu pada waktu sholat tahajud. Jika anda bermaksud meminta jodoh, ataupun meminta pertimbangan dalam memilih sesuatu, maka tunaikanlah sholat tahajud.

Lakukanlah sholat tahajud selama 40 hari, maka doa kita akan didengar oleh Allah. Karena Allah menyukai hamba-Nya yang banyak meminta.

3. Terhindar dari penyakit pernapasan

Melaksanakan sholat tahajud merupakan salah satu cara menerapkan gaya hidup sehat. Sholat tahajud membantu memperkuat kesehatan yang mana mampu mencegah berbagai macam penyakit, khususnya adalah penyakit pernapasan.

4. Menghapus serta mencegah dosa

Salah satu keistimewaan sholat tahajud yang diberikan Allah SWT kepada orang yang mau dan mampu melakukan sholat tahajud dengan ikhlas adalah dapat menghapus dosa-dosa yang pernah ia lakukan di masa lampau.

Hal itu dikarenakan pada setiap malam kita selalu mengingat Allah, sehingga kita akan merasa diawasi dan takut untuk melakukan perbuatan dosa.

5. Membuat aliran darah lebih lancar

Hakikatnya, sholat tahajud dilakukan pada sepertiga malam yaitu sekitar pukul 1-3 pagi. Pada saat itu udara masih sangat segar karena belum tercemar polusi, yang mana hal ini dapat membantu menyehatkan paru-paru serta melancarkan peredaran darah.

6. Pikiran jadi tenang dan segar

Ketika kita bangun di sepertiga malam guna melaksanakan sholat tahajud, maka kita akan merasakan pikiran kita menjadi lebih jernih karena pada saat itu adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran.

Baca Juga: 10 Keutamaan Sholat Dhuha, Hingga Pahalanya Sama Seperti Sedekah

7. Memperoleh cinta dari Allah

Saat yang lain tertidur pulas, kita memilih bangun untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka sesuai janji Allah SWT, bahwa orang-orang yang senantiasa mendekatkan dan meminta kepada-Nya, maka doanya akan dikabulkan. Karena Allah lebih mencintai hamba-Nya yang mau mendekatkan diri.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat yang terakhir dari sholat tahajud ialah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh ini, akan menjadikan tubuh kita kuat dan tidak mudah sakit.

Demikian artikel mengenai lafadz sholat tahajud beserta manfaatnya. Semoga kita termasuk orang-orang mukmin yang dapat mengamalkan sholat sunnah tahajud serta mendapatkan fadhilahnya, amiin.