10 Keutamaan Sholat Dhuha, Hingga Pahalanya Sama Seperti Sedekah

 30 Jun 2019  Vernandhea
10 Keutamaan Sholat Dhuha, Hingga Pahalanya Sama Seperti Sedekah

keutamaan sholat dhuha - image from manfaat.com

Sholat Dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika masuk waktu dhuha. Apakah waktu dhuha itu? Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira kira pukul 7 pagi) hingga waktu dzuhur. Jumlah rakaat sholat dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal adalah 12 rakaat.Dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.

Shalat Dhuha merupakan salah satu shalat sunnah yang istimewa. Ada banyak manfaat dan keutamaan jika seorang muslim rutin melaksanakan shalat sunnah ini. Shalat ini dikenal sebagai shalat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah SWT. Keutamaan sholat dhuha untuk rezeki bagi umat islam bahkan sudah tertulis di dalam hadist Rasulullah.

Dalam beberapa hadis Nabi SAW dijelaskan beberapa keutamaan shalat dhuha, yaitu:

Pertama, Allah akan mencukupkan segala kebutuhan. Dalam hadist qudsi Allah berfirman:

عَنِ اللهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى أَنَّهُ قَالَ :يا ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah SWT berfirman: "Wahai anak Adam, rukuklah untukku sebanyak empat rakaat di awal siang, maka akan aku cukupkan kebutuhanmu hingga sore hari." (HR. Al-Tirmidzi)  

Sebagai umat islam selayaknya kita senang mengerjakan amal ibadah termasuk shalat dhuha. Keutamaan sholat dhuha dan pahalanya yang besar seharusnya memotivasi kita untuk mengerjakannya. Apalagi bila sholat dhuha dikerjakan pada bulan ramadhan, keutamaan sholat dhuha pada bulan ramadhan akan mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat dari Alloh SWT.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuha

10 Keutamaan Sholat Dhuha, Hingga Pahalanya Sama Seperti Sedekah
image from pinterest.com

Ada banyak manfaat dan keutamaan bagi setiap muslim yang mengerjakan Shalat Dhuha. Beberapa manfaat diantaranya adalah untuk memperlancarkan, melapangkan dan mempermudahkan rezeki, menghapus dosa-dosa, mendapatkan pahala shalat sunnah dan masih banyak lagi.

Beberapa keutamaan sholat dhuha tersebut, sudah kami rangkum pada artikel ini. Berikut Diantaranya;

1. Pahalanya Seperti Bersedekah

Mengerjakan shalat dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah. Orang islam yang mengerjakan shalat dhuha akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak 360 persendiaan tubuh. Keutamaan Sholat Dhuha adalah seperti yang terdapat pada sebuah hadist dari Rasulullah SAW yang menerangkan akan kebaikan pahala di dalam menjalankan ibadah solat dhuha itu sendiri.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

" Di pagi hari, setiap persendian di antara kalian diharuskan untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) dapat menjadi sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) dapat menjadi sedekah, setiap bacaan tahlil (la ilaha illa Allah) dapat menjadi sedekah, setiap bacaan takbir (Allahu Akbar) dapat menjadi sedekah, setiap amr ma’ruf (mengajak pada kebaikan) adalah sedekah, dan setiap nahi munkar (menjauhi kemungkaran) adalah sedekah. Dan itu semua bisa diraih dengan dua rakaat shalat dhuha." (HR. Muslim).

2. Rezeki dan Kebutuhan Hidup Tercukupi

Shalat Dhuha yang dilakukan oleh seseorang diawal hari menjanjikan tercukupinya rezeki atau kebutuhan seseorang tersebut di akhir hari. Shalat Dhuha merupakan shalat yang dilakukan untuk memohon rizki kepada Allah SWT.

Orang yang rajin teratur dan rutin dalam melaksanakan sholat Dhuha karena ikhlas mengharap ridho Allah Ta’ala, maka akan dberikan kelapangan rezeki oleh Allah SWT. Janji Allah tersebut dapat ditemukan dalam sebuah hadist qudsi. Rasulullah saw. Yang bunyinya :

"Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: "Wahai anak Adam, cukuplah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu"

3. Meraih Ghanimah atau Keuntungan yang Lebih Cepat

Orang yang dengan tekun mengerjakan shalat dhuha akan memperoleh ghanimah atau keuntungan yang lebih cepat atas izin Allah SWT. Rasulullah pun menimbang bahwa keuntungan yang akan diperoleh oleh mereka yang melaksanakan shalat Dhuha akan berjumlah lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang bisa diperoleh oleh para mujahid tersebut. Sebagaimana bunyi dalam hadist berikut:

"Barangsiapa berwudhu kemudian pergi pada waktu pagi ke masjid untuk melaksanakan shalat dhuha, maka hal itu adalah peperangan yang paling dekat, ghanimah yang paling banyak, dan kembalinya lebih cepat" (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan shahih).

4. Diganjar Dengan Rumah di Surga

Salah satu keistimewaan dari keutamaan sholat dhuha adalah akan dibangunkan sebuah rumah indah di surga. Orang yang selalu bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan shalat Dhuha 12 rekaat di awal hari akan dijanjikan ganjaran oleh Allah berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak diakhirat. Hal ini menurut Anas Bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa saja yang shalat dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga" (HR. Ibnu Majah)

5. Mendapat Pahala Haji dan Umrah

Dengan Mengerjakan sholat dhuha ada pahala besar berupa pahala seperti orang yang haji dan umrah yang diterima oleh Allah. Orang yang melaksanakan shalat Dhuha dengan tekun akan mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa sholat subuh dengan berjamaah, kemudian duduk berdizkir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu sholat dua rakaat, dia mendapat pahala seperti haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Turmudzi).

6. Mendapatkan Pengampunan Dosa

Keutamaan sholat dhuha yang selanjutnya adalah mendapatkan pemgampunan dosa bagi mereka yang melaksanakan sholat dhuha. Shalat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang rutin melakukan ibadah shalat dhuha meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut hadist yang memperkuat hal ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda:

مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةِ الضُّحَى غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

"Barangsiapa yang melaksanakan shalat dhuha secara terus menerus, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Al-Tirmidzi)

7. Melancarkan Peredaran Darah

Keutamaan sholat dhuha untuk kesehatan dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia karena semua pergerakan dalam sholat dhuha sangat lengkap. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan dan darah tersebut juga mengalir ke kepala kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali.

8. Menormalkan Produksi Hormon

Dengan melaksanakan sholat dhuha juga sangat bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi sholat dhuha memang sangat bermanfaat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ tubuh sampai dengan beberapa cairan dan juga hormone dalam tubuh.

9. Tidak Dianggap Orang Lalai

Setiap orang tentu tidak ingin dianggap sebagai orang lengah ataupun lalai dalam hal mencari rahmat Tuhan. Salah satu cara agar terhindar dari sifat lalai adalah mengerjakan shalat dhuha. Rasulullah bersabda sebagai berikut.

من صلى الضحى ركعتين لم يكتب من الغافلين

Artinya, "Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai," (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa'i).

Baca Juga:

10. Sholat Dhuha Investasi Amal Cadangan

Sholat adalah amal yang pertama kali diperhitungkan pada hari Kiamat. Sholat juga merupakan kunci semua amal kebaikan. Sholat sunah termasuk di dalamnya adalah sholat Dhuha adalah merupakan salah satu dari investasi atau amal cadangan yang dapat menyempurnakan sholat fardhu (wajib). Rasulullah saw bersabda yang artinya:

Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Apabila benar (sholatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan apabila rusak (sholatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka Alloh SWT berfirman:

"Perhatikanlah, jikalau hamba-KU mempunyai sholat sunah maka sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekedar apa yang menjadi kekurangan pada sholat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya." (HR. Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA)

Demikianlah artikel tentang manfaat dan keutamaan sholat dhuha bagi umat islam, dengan melaksanakan sholat dhuha semoga kita mendapat pahala dan ridho Allih SWT. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.

KOMENTAR