Pengertian Bank Sentral Beserta Fungsi dan Tugasnya

 29 Jul 2019  Taufiq Firmansah
Pengertian Bank Sentral Beserta Fungsi dan Tugasnya

Pengertian bank sentral - Image from : nomortelepon.id

Pengertian Bank Sentral adalah suatu lembaga keuangan atau instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter dan menciptakan tingkat kegiatan perekonomian yang stabil di suatu negara.

Bank sendiri mempunyai arti sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk kredit dan bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Bank Sentral dimiliki oleh pemerintah negara yang bertanggung jawab atas stabilitas nilai mata uang, menjaga tingkat inflasi, stabilitas sektor perbankan, dan keseluruhan sistem finansial di suatu negara.

Pengertian Bank Sentral dan contohnya di negara ini adalah, Bank Indonesia. Dengan begitu Bank Indonesia memiliki kewenangan penuh terhadap pengaturan dan pengawasan kegiatan lembaga-lembaga keuangan Bank di Indonesia.

Bank Indonesia adalah Bank Sentral Negara Republik Indonesia. yang dinasionalisasikan di tahun 1951 dan menjadi Bank Sentral Indonesia.

Ya maka dari itu wajib baca akan menjelaskan lagi secara dalam pengertian Bank Sentral dan fungsinya. Sebelum itu anda harus memahami juga pengertian Bank Sentral dan tugasnya ini.

Sejarah singkat Bank Sentral di Indonesia

Seperti penjelasan sedikit di atas, Bank Indonesia merupakan pelaksana Bank Sentral di Indonesia. Pada perjalanannya, Bank Indonesia dulunya bernama De Javasche Bank.

De Javasche Bank ini didirikan oleh Hindia Belanda pada 24 Januari 1982 silam. Setelah Indonesia merdeka, pada 1 Juli 1953 De Javasche Bank dinasionalisasi dan berganti nama menjadi Bank Indonesia yang merupakan Bank Sentral Republik Indonesia.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, Bank Indonesia pernah melakukan bisnis komersial. Tetapi seiringnya berjalan waktu, bisnis tersebut dihentikan dan mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai lumbago keuangan di Indonesia.

Tujuan dan fungsi Bank Sentral Indonesia

Bank Indonesia memiliki tujuan dan fungsi utama dalam menjalankan perannya sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Adapun beberapa fungsi dan tujuannya berikut ini : 

  • Bertujuan menciptakan dan menjaga kestabilan nilai mata uang Republik Indonesia dimana hal tersebut tercermin dalam nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing.
  • Bertujuan menciptakan dan menjaga stabilitas harga-harga barang dan jasa, yang tercermin dalam kestabilan laju inflasi di Indonesia.

Tugas Bank Sentral Indonesia

Dalam upaya yang mencapai tujuannya, Bank Indonesia memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan, yaitu sebagai berikut : 

1. Melaksanakan dan membuat kebijakan moneter

Kebijakan moneter dilaksanakan dan ditetapkan untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar di masyarakat sehingga harga-harga barang dan jasa masyarakat tetap terkendali.

Pada kebijakan moneter yang ditetapkan oleh Bank Indonesia juga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

Untuk itu, BI perlu bekerjasama dengan pemerintah sehingga kebijakan yang diambil sejalan dengan kebijakan fiskal dan kebijakan ekonomi lainnya.

2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

Untuk sistem pembayaran yang dimaksud adalah sistem pembayaran tunai maupun non tunai. Dalam hal ini, Bank Indonesia bertanggung jawab untuk menciptakan suatu kesepakatan, aturan, standar dan prosedur yang dipakai dalam mengatur peredaran uang di masyarakat.

3. Mengatur dan mengawasi perbankan 

Pengaturan dan pengawasan perbankan yang dimaksudkan adalah pengawasan makroprudensial, dimana tujuannya untuk menjaga kestabilan sistem keuangan di Indonesia.

Secara umum, kebijakan makroprudensial adalah kebijakan yang dibuat untuk membatasi risiko dan biaya krisis sistematik agar keseimbangan sistem keuangan tetap terjaga.

Itulah penjelasan dan pengertian Bank Sentral, jadi anda bisa memahami bagaimana fungsi dan tugas Bank Sentral itu sendiri.