10 Obat Amandel Alami yang Mujarab Beserta Cara Membuatnya

 03 Jul 2019  Vernandhea
10 Obat Amandel Alami yang Mujarab Beserta Cara Membuatnya

Obat amandel alami - image from halodoc.com

Amandel adalah dua buah kelenjar getah bening yang terletak di kanan dan kiri belakang tenggorokan. Ukurannya memang kecil, namun amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berisikan sel sel darah putih. Jika amandel bengkak dan meradang, tentu saja secara keseluruhan akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang.

Penyakit amandel biasa disebut Tonsilitis yang dapat menyerang siapa saja baik anak anak maupun orang dewasa. Penyakit ini dapat menular dengan cepat dan umumnya disebabkan infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan mengalami gejala radang, sakit tenggorokan, sakit saat menelan, demam, hingga sakit telinga.

Biasanya, gejala ini memerlukan antibiotik untuk mengatasinya dan jika amandel cukup parah akan dilakukan tindakan operasi. Namun, jika amandel masih tergolong ringan Anda bisa mengobatinya dengan obat menghilangkan amandel secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

Obat amandel secara alami dapat mengobati amandel dengan aman dan tanpa efek samping. Bahkan ada beberapa obat alami amandel bengkak tanpa operasi yang bisa dicoba dan dilakukan secara rutin. Biasanya baik anak-anak maupun orang dewasa langsung takut untuk dioperasi amandel kalau dokter sudah menyarankannya. Padahal, tidak semua orang perlu menjalani tonsilektomi.

Untuk itu, kami telah merangkum sejumlah obat amandel alami yang dipercaya oleh para dokter. Berikut info lengkapnya;

10 Obat Alami Penghancur Amandel

1. Jahe Merah

Jahe merah termasuk dalam obat alami pereda amandel karena sangat baik untuk mengatasi penyakit peradangan, seperti flu, pilek, batuk dan lainnya termasuk amandel.  Kandungan yang terdapat di dalamnya bersifat anti peradangan, anti bakteri, dan antivirus. Berikut langkah praktis membuatnya;

  1. Pilihlah jahe merah karena sangat baik untuk amandel 
  2. Ambil 2 ruas jari jahe merah 
  3. Tumbuk hingga halus Rebus dengan 3 gelas air hingga menyusut kira kira menjadi 2 gelas 
  4. Minum ramuan ini pagi dan sore dengan cara mencampurnya dengan 2 sendok madu murni

Kamu dapat mengonsumsi ramuan ini di waktu pagi dan sore hari. Hal ini dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab amandel meradang.

2. Bawang Putih

Obat amandel alami selanjutnya adalah bawang putih. Hampir semua ahli kesehatan tidak ragu akan khasiat dalam bumbu dapur satu ini. Bawang putih dapat anda gunakan sebagai obat antibiotik dan anti inflamasi alami, karena terdapat kandungan senyawa allicin. Untung mengobati amandel sebaiknya Anda langsung memakan bawang putih, namun bila Anda tidak suka karena rasanya yang menyengat. Coba resep berikut ini;

Rebus dua siung bawang putih yang sudah digeprek selama 5 menit dalam satu cangkir air. Lalu, angkat dan saring air bawang putih dari air rebusan. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu.

3. Jambu Biji

Jambu biji dapat membantu menyembuhkan radang amandel. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang mampu mempercepat penyembuhan radang amandel. Kamu dapat membuat jus jambu biji yang dikonsumsi dua kali sehari.

4. Kunyit

Kunyit adalah salah satu obat amandel alami karena dapat melawan infeksi amandel dan bisa melegakan gejala amandel yang sangat mengganggu saat Anda menelan. Bahan pewarna alami ini dikenal sebagai rempah yang memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik alami.

Jika Anda salah satu orang yang suka mengonsumsi susu, Anda bisa mencampurkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam. Minumlah ramuan kunyit ini pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut. Cara ini dipercaya ampuh untuk mempercepat penyembuhan radang amandel.

5. Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau pace merupakan obat penyakit amandel secara alami yang sering dijadikan bahan baku pembuatan jamu. Mengkudu sangat manjur untuk menyembuhkan amandel, Karena buah ini mengandung beberapa senyawa alami berupa terponoid, scolopetin, selenium dan zat anti bakteri. Adapun cara mengobati amandel dengan mengkudu sebagai berikut;

  1. Sediakan 1 buah mengkudu berwarna kuning segar dan cuci bersih.
  2. Potong menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam blender 
  3. Blender hingga halus dengan menggunakan 1/4 gelas air 
  4. Ambil sarinya dan tuangkan di gelas 
  5. Tambahkan 2 sendok makan madu murni 
  6. Tambahkan air hangat hingga menjadi 1 gelas penuh ukuran sedang 
  7. Minum ramuan ini 1 gelas di waktu pagi dan malam hari setelah makan

Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan air rebusan buah mengkudu untuk berkumur.

6. Air Perasan Lemon dan Madu

Manfaat dari lemon memang tidak bisa diragukan lagi sebagai obat amandel alami. Lemon memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehingga ampuh merawat infeksi dan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Bagi Anda yang tidak suka dengan lemon, perasan dari air lemon dan madu dapat menjadi pilihan Anda untuk mengobati amandel.

Anda bisa menggunakan perasan air lemon (1 buah), sedikit garam, dan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat. Aduk sampai tercampur semua, lalu minum secara perlahan. Lakukan rutinitas ini dua kali dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan.

7. Kayu Manis

Kayu manis dikenal sebagai obat radang amandel alami yang mampu mengurangi pembengkakan, rasa sakit. dan peradangan. Bahan alami ini memiliki sifat antimikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat di amandel. Kayu manis bisa menyembuhkan pembengkakan dan rasa sakit akibat peradangan dapat berkurang apabila dikonsumsi secara rutin.

Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu hingga larut dan merata. Hirup uap air yang menguar saat air masih panas. Kemudian, Anda bisa meminumnya begitu suhunya menjadi hangat. Campuran alami kayu manis ini bisa dikonsumsi sebanyak 2-3 kali sehari selama seminggu.

8. Berkumur Dengan Air Garam

Cara alami yang paling sederhana untuk mengatasi peradangan amandel adalah dengan cara berkumur menggunakan air garam hangat agar radang amandel menjadi lebih tenang. Untuk orang dewasa dan anak-anak di atas delapan tahun, berkumur dengan air garam bisa membantu redakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel membengkak. Cara menggunakannya :

  1. Sediakan 1 sendok teh garam dapur dan 1 gelas air hangat 
  2. Aduk keduanya hingga garam larut 
  3. Gunakan air larutan garam hangat untuk berkumur kumur 
  4. Lakukan cara ini di waktu pagi, siang dan malam hari setelah makan 
  5. Pastikan sebelum berkumur, ada baiknya membersihkan gigi terlebih dahulu

9. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat menjaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi. Anda boleh minum air hangat agar tenggorokan lebih tenang. Namun, air dingin juga baik untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling nyaman buat tenggorokan Anda.

Baca Juga:

10. Daun Sirsak

Obat amandel alami yang terakhir adalah daun sirsak. Senyawa polifenol, saponin dan flavonoid merupakan antioksidan alami yang dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Dengan begitu, kita dapat memanfaatnya sebagai obat herbal amandel. Adapun cara menyembuhkan amandel dengan daun sirsak sebagai berikut:

  1. Sediakan daun sirsak yang agak tua sebanyak 8 lembar 
  2. Rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan kira  kira 2 gelas air 
  3. Minum air rebusan tersebut di waktu pagi dan sore hari

Tapi ingat, ramuan ini jangan dipanaskan karena akan merusak senyawa kimia dan akan menjadi racun. Lakukan secara rutin. Jika amandel sedang bengkak, minum setiap hari dengan dosis minum 1 gelas di waktu pagi dan 1 gelas di sore hari.

Demikianlah beberapa obat alami amandel yang sudah kami rangkum dan bisa Anda coba di rumah. Jika amandel semakin parah segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca

KOMENTAR