Rekomendasi 10 Makanan untuk Menambah Asi

Komentar
Rekomendasi 10 Makanan untuk Menambah Asi
Rekomendasi makanan untuk menambah asi - images Halo Bidan.com

ASI harus diberikan kepada bayi berumur 0-6 bulan. Selama 6 bulan tersebut bayi tidak boleh diberi makan kecuali ASI. Kandungan ASi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi. Makanan pelancar asi yaitu makanan yang mengandung berbagai vitamin A, B1, B6, C, E, K, protein, zat besi, fosfor, kalsium dan kalium.

Cara memperlancar  ASI yaitu dengan memakan makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin. Masalah yang sering dihadapi oleh ibu menyusui yaitu kurangnya produksi ASI.  Untuk memperbanyak ASI demi memenuhi kebutuhan bayi, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh ibu. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan bunga pepaya.

Buah dan bunga pepaya dipercaya dapat memperlancar ASI. Kandungan vitamin B, C, dan zat besi yang terdapat pada buah pepaya dapat pada buah ataupun bunga pepaya dapat membantu untuk  usaha memperbanyak ASI.

5 Makanan Pelancar ASI 

  • Edamame/Kedelai Jepang. 
  • Bunga Pepaya. 
  • Bayam Hijau/Merah. 
  • Pare. 
  • Pepaya.

Ibu menyusui sebaiknya lebih teliti dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Ibu menyusui juga harus memastikan bahwa setiap makanan yang ia makan baik buat kesehatan serta perkembangan bayinya. ASI mengandung nutrisi tinggi akan berdampak bagi tumbuh kembang bayi. Makanan pelancar asi selain sayuran adalah kacang almond, pepaya,dan wortel

Makanan untuk menambah asi

1. Kacang -kacangan

Kacang-kacangan adalah pilihan yang tepat untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Kacang dipercaya memiliki antioksidan yang baik. Beli kacang dalam bentuk mentah dan memiliki rendah sodium atau bebas garam.

2. Sayur bayam

Sayur bayam memiliki kandungan vitamin B6, protein, zat besi, ribloflavin, asam folat, magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, C, E dan K. Sayur bayam juga melancarkan dan menyuburkan ASI. Nutrisi yang terkandung di dalam bayam baik untuk menangkal radikal bebas.

3. Wortel

Wortel memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI, kandungan vitamin A yang banyak untuk meningkatkan kualitas ASI.

4. Ubi

Ubi mengandung beta karoten yang mampu untuk meningkatkan suplai ASI. Ubi mengandung fosfor, potasium, serat makanan, vitamin B1, B2, B6 yang baik buat kesehatan.

5. Pare

Pare merupakan sumber folat yang baik dan kaya akan fitonutrien yang mampu meningkatkan ASI. Pare mengandung vitamin K, fitokimia, lutein, likopen dan kaya antioksidan

6. Oats

Oats merupakan sumber zat besi, serat, vitamin B dan kalsium. Oats dapat meningkatkan jumlah produksi ASI.

Baca Juga:


7. Daun kelor

Daun kelor memiliki manfaat untuk melancarkan ASI. Moriga dipercaya efektif untuk menstabilkan tekanan darah, gula darah dan mengatasi anemia.

8. Daun katuk

Daun katuk mengandung protein,kalium,vitamin A, B1, C,fosfor dan zat besi yang sangat baik buat melancarkan dan menyuburkan ASI.

9. Jambu air

Buah jambu di dalamnya terdapat vitamin A, C kalsium zat besi dan fosfor. Jambu air memiliki kadar air yang cukup tinggi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh ibu dan melancarkan ASI.

10. Kacang hijau

Kacang hijau bisa menstimulus hormon oksitosin, memiliki kadar tiamin atau vitamin B1 yang mengubah karbohidrat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil.

Demikian artikel mengenai makanan untuk menambah asi semoga bermanfaat.
Top