Cara Paling Ampuh Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

 07 Mar 2017  Cang Karna
Cara Paling Ampuh Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

Kita ketahui bersama bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu makanan alami terbaik untuk bayi Anda. Selain sebagai makanan, ASI bahkan mampu berperan sebagai pelindung bayi dari berbagai penyakit, hal tersebut karena ASI dapat menjadi antibodi untuk darah si kecil.

Namun tak jarang diantara para ibu yang sedang menyusui terkendala ASI yang diproduksi ternyata sedikit, bahkan beberapa kasus ada yang tidak mau keluar. Bagaimana menanganinya?

Makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi saja tidak cukup untuk meningkatkan ASI. Berikut merupakan 8 cara alami untuk meningkatkan produksi ASI untuk bayi Anda, seperti dikutip dari Merdeka.

Meningkatkan frekuensi menyusui

Ibu harus menyusui bayinya setiap 3 jam sekali, agar asupan nutrisi yang diperlukan bayi terpenuhi. Hal ini akan membantu untuk meningkatkan ASI Anda.

Kontak fisik

Ketika Anda menyusui, usahakan selalu bersentuhan langsung antara tubuh Anda dengan tubuh si kecil. Ini akan merangsang pengeluaran susu dari payudara Anda dan aliran susu akan meningkat.

Hindari botol susu

Jika ingin ASI Anda meningkat, usahakan selalu menyusui bayi secara langsung. Bayi yang meminum susu dengan botol, membuat ikatan antara bayi dengan ibu kurang begitu lekat.

Jangan terlalu sibuk

Masa menyusui adalah masa emas untuk Anda dan si kecil. Jangan sibukkan Anda dengan kegiatan-kegiatan yang terlalu berat. Seorang ibu yang lelah atau stres akan menyebabkan penurunan produksi ASI.

Menyusui di tempat tidur

Buatlah diri Anda dan si kecil merasa rileks ketika menyusui. Hal ini dapat meningkatkan hormon yang memproduksi lebih banyak susu.

Jangan menunggu

Anda tidak perlu menunggu waktu hingga produksi ASI penuh, karena payudara ibu setelah melahirkan akan selalu penuh dengan susu untuk bayi. Jumlah ASI hanya meningkat ketika Anda menyusui si kecil. Selain itu, kandungan lemak dan susu akan lebih tinggi jika bayi Anda semakin sering meminum ASI.