15 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Komentar
15 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan dan Kecantikanmanfaat minyak kemiri - image from pinterest.com

Kemiri adalah salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan bijinya sebagai rempah-rempah dan sumber minyak. Biji kemiri berasal dari pohon kemiri dengan nama ilmiah Aleurites moluccana. Bumbu dapur yang satu ini merupakan salah satu bahan masakan yang wajib ada di dapur-dapur Indonesia. Hampir setiap masakan, resep tradisional maupun modern, kerap menambahkan kemiri sebagai salah satu penyedap rasa.

Selain sebagai bumbu dapur, kemiri juga diolah menjadi minyak yang bermanfaat sebagai perawatan rambut dan menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa memiliki rambut yang indah dan sehat dengan khasiat minyak kemiri alami. Manfaat minyak kemiri bagi rambut bahkan sudah digunakan oleh para nenek moyang kita sejak dulu.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Jika Anda mempunyai waktu luang, tidak ada salahnya membuatnya sendiri di rumah. Selain murah juga sudah pasti aman karena tidak mengandung campuran zat kimia lain. Bahan-bahannya mudah diperoleh. Bahan utamanya yakni buah kemiri segar. Pada bagian biji kemiri sendiri, 55-56 persen-nya mengandung minyak.

Cara membuat:
  • Haluskan biji kemiri secukupnya. Jangan lupa untuk mencuci biji kemirinya terlebih dahulu.
  • Campurkan dengan air putih.
  • Siapkan saringan dari kain yang halus untuk menyaring larutan kemiri, sehingga ampas kemiri tidak terbawa.
  • Masak dalam panci yang bersih dengan api sedang.
  • Selama proses pemanasan, aduk-aduk sampai air menguap dan yang tertinggal hanya minyaknya saja.
  • Setelah dingin, saring kembali. Simapan minyak kemiri dalam botol beling dan siap dipergunakan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam minyak kemiri seperti fosfor, kalium, kalsium, saponin, flavonoid, polifenol, fitosterol, dan magnesium mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah manfaat minyak kemiri bagi kecantikan karena dapat mencegah timbulnya jerawat.

Bagi Anda yang sudah penasaran tentang apa manfaat minyak kemiri. Simak ulasan lengkap manfaat minyak kemiri untuk kecantikan dan kesehatan pada artikel berikut ini;

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Manfaat minyak kemiri yang pertama adalah menjaga rambut dari kerontokan. Kerontokan rambut yang disebabkan oleh folikel yang lemah bisa diatasi dengan menggunakan minyak kemiri. Kandungan protein dan mineral pada minyak kemiri dapat membuat folikel rambut kuat kembali. Kamu bisa menggunakan minyak kemiri dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala dan memijatnya perlahan.

2. Menghilangkan Ketombe

Anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala. Di dalam minyak kemiri ternyata terdapat kandungan asam linoleat, asam linolet adalah sejenis asam lemak tak jenuh Omega-6 yang memiliki fungsi sebagai anti-radang pada kulit rambut yang berketombe. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri ke pada kulit kepala lalu memijatnya perlahan dan biarkan selama beberapa menit lalu bilas.

3. Menebalkan dan Menyuburkan Rambut

Minyak kemiri juga berfungsi sebagai alat perangsang pertumbuhan rambut. Pemakaian minyak kemiri dapat memicu pertumbuhan rambut baru. Rambut yang subur akan membuat volume rambut lebih tebal sehingga permasalahan rambut yang tipis bisa teratasi. Caranya ialah dengan mengoleskan minyak kemiri ke seluruh rambut lalu tidurlah. Pada saat pagi hari, bilaslah rambut dengan menggunakan shampoo lalu diikuti kondisioner.

4. Membuat Rambut Tampak Hitam Berkilau

Di dalam minyak kemiri terdapat kandungan asam miristat yang sangat bermanfaat sekali untuk menjadikan rambutmu hitam. Jadi bila ingin rambut hitam berkilau, gunakan saja minyak kemiri yang aman dan tanpa efek samping. Gunakanlah minyak kemiri secara rutin untuk mendapatkan rambut hitam dan berkilau. Meskipun tidak sebaik cat rambut, manfaat minyak kemiri untuk membuat rambut hitam tetap bisa mempercantik penampilan rambut Anda.

5. Memanjangkan Rambut Secara Cepat

Apakah Anda pernah mendengar tentang manfaat minyak kemiri agar rambut cepat panjang? Dengan menggunakan minyak kemiri secara rutin minimal 2 hari sekali dapat membuat rambut tumbuh dengan cepat dan sehat.

6. Merawat Rambut Agar Sehat dan Indah

Kandungan asam amino di dalam minyak kemiri ternyata juga mampu menutrisi kulit kepala dan menembus jauh ke dalam akar rambut yang menjadikan rambut lebih sehat ternutrisi. Penggunaan minyak kemiri pada rambut yang dilakukan secara rutin dapat membuat rambut lebih sehat seperti tanpa ketombe, gatal, kekeringan dan lainnya.

7. Mengatasi Rambut Beruban

Bagi Anda yang sudah memiliki rambut beruban padahal usia Anda belum 50 tahun keatas, cobalah untuk menggunakan minyak kemiri. Banyak faktor yang membuat rambut beruban sebelum waktunya seperti faktor pikiran dan pekerjaan. Cobalah memakai minyak kemiri untuk mengatasinya. Oleskan secara teratur pada pagi hari sehabis bangun dan malam hari sebelum tidur.


8. Mencerahkan Kulit

Selain untuk menjaga kesehatan rambut, manfaat minyak kemiri juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan dan nutrisi dalam minyak kemiri bisa bermanfaat untuk memutihkan kulit karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kulit yang cerah akan membuat warna kulit terlihat putih alami.


9. Membuat Awet Muda

Bagi Anda yang ingin tetap terlihat awet muda di usia yang sudah berumur, minyak kemiri bisa jadi solusinya. Anda bisa merasakan manfaat minyak kemiri dengan cara mengoleskan minyak kemiri pada kulit dengan melakukan pemijatan ringan secara teratur, dapat mengatasi kulit keriput. Bahkan membuat kulit menjadi lebih rileks dan terlihat muda.

10. Mencegah Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Jarang diketahui bahwa manfaat minyak kemiri selain untuk kulit dan rambut juga cukup baik dalam membantu mengatasi masalah kesehatan organ dalam. Zat fitosterol yang terdapat dalam minyak kemiri dapat merusak enzim pembentuk kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, utamanya pada organ hati.

11. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Minyak kemiri juga mengandung 25 persen kadar asam oleik, yaitu suatu jenis asam lemak yang berkontribusi dalam mematikan sel-sel kanker di dalam tubuh.
Studi 2010, para peneliti menemukan bahwa asam oleik mampu mengurangi gen karsinogenik dari tumor agresif yang kerap menjadi penyebab terjadinya kanker baik ganas maupun jinak.

12. Meredakan Gangguan Kulit

Minyak kemiri juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada kulit, dan mencegah terjadinya infeksi. Kandungan di dalam minyak kemiri juga diketahui ampuh dalam mengobati penyakit kulit ringan lainnya, seperti kulit kering, eksim, serta jerawat. Bagi anak yang masih sering memakai popok dan terkadang muncul sebentuk ruam, manfaat minyak kemiri dapat menjadi bahan yang efektif dalam meredakan ruam popok ini.

Baca Juga:


13. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Minyak kemiri kaya akan vitamin E, yang dapat menurunkan risiko terjadinya stroke, dengan cara menangkal radikal bebas dan mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) pada perempuan menopause. Maka dari itu, minyak kemiri dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, sekaligus mencegah terjadinya stroke. Kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh juga menjadikan minyak kemiri sebagai penjaga kesehatan jantung.

14. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat minyak kemiri yang jarang diketahui adalah dapat mengontrol tekanan darah. Kadar magnesium yang tinggi di dalam minyak kemiri dapat membantu tubuh Anda untuk menurunkan tekanan darah yang berlebih. Tak hanya itu, minyak kemiri juga mampu mencegah terjadinya anemia jika dikonsumsi secara rutin, dalam jumlah yang wajar, dan tidak berlebihan.


15. Mengatasi Sariawan dan Disentri

Minyak kemiri memang memiliki manfaat yang sangat banyak. Ekstraksi dari kemiri bisa di buat untuk obat-obat tradisional. Biji kemiri memiliki kandungan thanin yang itu sangat baik untuk membantu mengusir sariawan dan disentri.

Itulah beberapa manfaat minyak kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan. Apakh Anda tertarik untuk mencoba merasakan langsung manfaat dari minyak kemiri? Jika ya, pilihlah minyak kemiri yang terbukti keasliannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.
Top