15 Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

 25 Jun 2019  Vernandhea
15 Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

Cara merawat rambut kering image from fptonline247.com

Bagi semua wanita, rambut menjadi salah satu bagian dari tubuh untuk menunjang penampilan. Maka dari itu, penting menjaga kesehatan rambut agar senantiasa indah dan mudah diatur. Seperti layaknya kulit wajah, rambut juga memiliki jenis berbeda-beda, salah satunya rambut kering.

Rambut yang kering pada dasarnya kurang produksi minyak untuk membuatnya tetap lembab. Ciri rambut yang kering di antaranya kasar saat disentuh, kaku, rontok, dan bercabang. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan perawatan terhadap rambut kering Anda, agar rambut anda tampak sehat dan berkilau.

Salah satu cara yang paling disukai oleh para wanita adalah cara merawat rambut kering secara alami. Lidah buaya adalah bahan alami yang bisa untuk merawat rambut kering Anda. Cara merawat rambut kering menggunakan lidah buaya sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu untuk merawat rambut.

Cara merawat rambut kering agar lembut memang susah susah gampang karena diperlukan ketelatenan dalam merawatnya. Tak jarang para wanita rela mergoh kocek yang dalam untuk perawatan rambut di salon. Maka dari itu kami akan memberikan cara merawat rambut kering di rumah yang sudah pasti mudah dan hemat.

Lalu bagaimana cara merawat rambut kering secara alami yang bisa dicoba dirumah? Simak ulasan lengkapnya berikut ini;

15 Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

15 Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami
image from ekorannews.com

1. Gunakan Sampo yang Menjaga Kelembutan Rambut

Perawatan rambut kering juga sangat bergantung pada penggunaan sampo yang Anda gunakan. Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah menggunakan sampo dengan kandungan yang sudah diformulasikan untuk rambut tipe ini. Biasanya sampo untuk rambut kering ini memiliki kandungan pH lebih rendah yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut.

Saat Anda sedang menggunakan sampo, cara merawat rambut kering yang benar adalah dengan membersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan pertama dan pada bilasan kedua sebisa mungkin untuk menggunakannya pada bagian akar rambut saja. Hal ini dikarenakan minyak pada rambut terkonsentrasi di sana.

2. Ketahui Waktu Keramas yang Tepat

Keramas memang salah satu cara merawat rambut kering, namun sebaiknya jangan keramas terlalu sering atau bahkan setiap hari. Keramas setiap hari menggunakan sampo merupakan cara yang kurang tepat karena bisa membuat rambutmu kehilangan minyak alaminya. Alhasil, rambutmu malah jadi kering dan rapuh. Sebaiknya lakukan keramas cukup 2 hari sekali.

3. Gunakan Conditioner Setelah Keramas

Penggunaan conditioner sebagai solusi rambut kering dapat membantu menutrisi rambut Anda sehingga rambut tampak berkilau dan sehat. Conditioner berfungsi untuk melembabkan rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang sehabis keramas. Conditioner juga bisa merapikan kutikula rambut dan mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh, atau bercabang.

Sehabis keramas gunakanlah kondisioner. Setelah mengoleskan secara langsung ke rambut Anda, tunggulah selama 10-20 menit agar kondisioner meresap secara sempurna ke dalam rambut. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air bersih.

4. Kurangi Penggunaan Catokan dan Hair Dryer

Cara merawat rambut kering selanjutnya adalah sebisa mungkin hindari penggunaan hair dryer dan alat catok karena lama kelamaan panasnya bisa merusak rambut Anda, yang kemudian membuat rambut anda kering. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan dua alat styling rambut ini.

Kalau memang terpaksa, jangan lupa gunakan vitamin rambut atau heat protection sebelum mencatok. Sebaiknya, keringkan rambut Anda menggunakan kipas angin atau biarkan sampai kering dengan sendirinya.

5. Jangan Keramas Menggunakan Air Hangat

Keramas dengan air hangat dapat menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering. Sebaiknya hindari keramas menggunakan air hangat karena dapat membuat rambut semakin kering. Akan lebih baik jika Anda menggunakan air biasa untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan peredaran darah semakin lancar.

6. Beri Nutrisi Rambut Dengan Hair Mask

Anda bisa memilih produk hair mask sebagai salah satu cara merawat rambut kering. Anda juga bisa membuat masker rambut menggunakan bahan-bahan alami yang melembapkan seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lidah buaya.

Caranya: Sediakan kurang lebih 60 ml minyak zaitun, kemudian campurkan dengan: 60 ml gel lidah buaya, 6 tetes minyak rosemary, dan 6 tetes minyak cendana. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi dan menghidrasi rambut, terutama di bagian ujung-ujungnya yang bercabang.

7. Melindungi Rambut Dari Cahaya Matahari Dengan Topi

Paparan sinar matahari bisa merusak rambut dan membuatnya kering. Apalagi jika kamu mempunyai aktivitas luar ruangan yang cukup padat maka rambut akan semakin kering apabila kamu tidak menutupinya. Solusinya kamu bisa menggunakan topi untuk mencegah debu dan kotoran menempel pada rambut. Namun jangan keseringan juga ya, pakailah topi saat kamu membutuhkan saja agar rambutmu bisa tetap bernapas.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Selain perawatan secara langsung, kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuhmu. Perbanyaklah minum air putih agar kamu tidak dehidrasi. Rambut sangat membutuhkan air untuk membantunya agar tetap bisa tumbuh dengan subur dan tidak kering juga agar memiliki akar yang kuat.

Minum air putih dengan jumlah yang cukup mampu membuat rambut menjadi sehat dan tidak kering. Kekurangan cairan atau minum air putih dapat menyebabkan rambut jadi mudah rontok dan bercabang.

9. Potong Ujung Rambut

Cara merawat rambut kering selanjutnya adalah memotong ujung rambut secara rutin untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Rambut yang lama tidak dipotong dan dirapikan akan membuatnya berpotensi bercabang dan kering. Sebagai cara agar rambut tidak kering, disarankan untuk melakukan pemotongan ujung rambut tiap dua hingga tiga bulan sekali di salon atau memotongnya sendiri.

10. Hindari Mewarnai Rambut

Bagi kamu yang suka menggonta ganti warna rambut, kamu harus berhati hati karena zat kimia dalam pewarna apalagi bleaching rambut bisa membuat rambut rapuh dan kering. Kalau kamu memang ingin mengecat rambut, sering-seringlah melakukan treatment untuk mengembalikan kelembapan rambutmu.

11. Masker Yogurt, Kuning telur, dan Madu

Cara menerapkannya, sediakan satu butir kuning telur kemudian campurkan dengan madu dan yogurt. Setelah itu, terapkan campuran tersebut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

12. Perawatan Rambut Alami Dengan Olive Oil dan Madu

Campurkan 2 sdm (sendok makan) olive oil (minyak zaitun) dengan setengah cangkir madu. Kemudian terapkan pada seluruh rambut, mulai dari pangkal hingga ujungnya. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum dicuci dengan air biasa.

Baca Juga:

13. Perbanyak Olahraga

Olahraga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu memperlancar sirkulasi darah. Kelancaran darah di dalam tubuh kita sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Karena darah sejatinya adalah alat transportasi yang bertugas membawa nutrisi dari makanan yang kita konsumsi untuk disalurkan ke sel-sel di seluruh tubuh termasuk rambut.

14. Memanfaatkan Plain Yoghurt

Jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat, lembab, dan berkilau, Anda wajib mencoba cara ini. Plain yogurt menjadi cara merawat rambut kering yang sangat baik untuk menutrisi dan melembutkan serta menjaga kesehatan rambut.

15. Melembabkan Rambut Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami untuk rambut. Selain bermanfaat untuk melembabkan rambut, minyak ini juga bisa membantu menguatkan rambut dan mencegah ujung rambut jadi bercabang.

Demikianlah artikel tentang 15 cara merawat rambut kering secara alami yang bisa Anda terapkan dirumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dengan menerapkan cara diatas, semoga dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah rambut yang kering.