Ingin Jadi Youtuber? Ini 12 Cara Menjadi Youtuber Buat Pemula

 05 Jul 2019  Vernandhea
Ingin Jadi Youtuber? Ini 12 Cara Menjadi Youtuber Buat Pemula
cara menjadi youtuber - image from youtube.com

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Namun bukan itu saja manfaat dari youtube, pada zaman milenial ini youtube bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang, dengan menjadi seorang youtuber. Youtube juga memungkinkan kamu untuk mengunggah dan berbagi video-mu dengan yang lainnya. Inilah yang menjadi ide inisiatif para youtuber untuk mengekspresikan dan menyalurkan minat dan bakat mereka.

Di tengah ketatnya persaingan, sekarang semakin banyak youtuber-youtuber baru bermunculan namun sayangnya tidak semua youtuber bisa sukses dan menjadikan youTube sebagai karirnya. Salah satu youtuber sukses di Indonesia seperti Raditya Dika, Atta Halilintar, dan Ria Ricis bisa menjadi contoh youtuber yang sukses dan dapat menghasilkan uang dari youtube.

Bagi kamu yang berminat untuk menjadi seorang youtuber, kamu harus lebih dulu mempelajari cara menjadi youtuber yang baik dan membuat content video sesuai dengan passion kamu. Hp android bisa menjadi alternatif kamu menjadi youtuber pemula, cara menjadi youtuber pemula lewat hp android tergolong mudah dan tidak terlalu ribet.

Lantas bagaimana cara menjadi youtuber agar menghasilkan uang bagi seorang pemula? Simak tips dan cara menjadi youtuber yang sudah kami rangkum berikut ini;

12 Cara Menjadi Youtuber yang Sukses

1. Buat Akun dan Nama Channel Youtube yang Menarik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun YouTube terlebih dahulu. Setelah itu, kamu tinggal membuat channel YouTube dengan mengklik 'my channel'. Pilih nama channel yang menarik dan kreatif yang akan mewakili dari isi dari channel tersebut. Kenapa Anda harus memikirkan nama channel? Karena nama tersebut terus Anda pakai selamanya.

2. Membuat Content Video yang Kreatif

Untuk menjadi seorang youtuber kamu bisa membuat konten yang bisa menarik banyak orang untuk menonton. Untuk cari inspirasinya, kamu bisa melihat konten-konten dari Youtuber terkenal dan membaca berbagai artikel berkaitan dengan minat kamu.

Sebaiknya, agar menjadi Youtuber terkenal dan sukses jadilah youtubers dengan konten video yang positif dengan subscribers yang banyak walaupun akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tenang saja, saat akun youtube kamu telah ter-established dengan baik, iklan-iklan yang jadi sumber uang untuk youtuber ini akan konsisten tampil di video kamu.

3. Pilih dan Beli Kebutuhan Videografi

Ingin Jadi Youtuber? Ini 12 Cara Menjadi Youtuber Buat Pemula
image from wordpress.com

Sebenarnya agak sulit cara jadi youtuber modal hp saja. Karena untuk menciptakan konten yang bagus, butuh pengorbanan. Membeli laptop, kamera, lighting hingga alat perekam yang bisa membantu kamu membuat video yang bagus sangat diperlukan sebagai seorang youtuber. Kamu bisa membeli berbagai peralatan tersebut kalau tabungan kamu sudah cukup, jangan memaksakan membeli alat tersebut kalau tabungan belum cukup ya.

4. Membuat Akun Adsense

Ingin Jadi Youtuber? Ini 12 Cara Menjadi Youtuber Buat Pemula
image from klikmania.com

Cara dapat uang dari Youtube dengan mudah bisa dibantu dengan Adsense. Sejumlah pendapatan yang akan kamu peroleh dari Youtube, akan dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh para penonton video kamu nanti. Sedangkan semua iklan dan juga penghitungan pembayaran atas akun Youtube kamu, akan dilakukan oleh Google Adsense. Jadi, kamu wajib membuat akun Adsense terlebih dahulu, agar kamu bisa mendapatkan uang dari akun Youtube kamu nanti.

Inilah yang dilakukan Youtuber terkenal dalam memperoleh uang dari Youtube. Tak perlu khawatir, akun Adsense ini juga akan mengatur berbagai hal terkait dengan pembayaran kamu, termasuk cara dan juga pilihan jenis pembayaran yang kamu inginkan atas akun Youtube kamu tersebut. Jadi, pastikan kamu memiliki Google AdSense ya setelah membuat akun Youtube.

5. Mengikuti Trend

Membuat konten menarik untuk menaikkan viewers dan subscribers, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui trend terkini dan minat pasar. Tak ada salahnya bagi Kamu mengikuti tren yang ada. Apalagi Kamu sebagai "anak baru" di YouTube. Usahakan cari tahu apa yang sedang hangat di bahas di dunia maya.

Misalnya jika bahas prank, mungkin Kamu bisa membuat video tentang prank. Upayakan untuk membuat konten dengan durasi yang sedikit panjang, dan tentunya menarik minat orang untuk melihatnya. Tentunya, setelah riset trend dan cari tahu topik yang sedang banyak digandrungi orang banyak.

6. Tingkatkan Kemampuan Edit Video

Kemampuan dalam mengedit video memang penting sebagai cara menjadi youtuber yang sukses. Kamu perlu melatihnya secara terus-menerus. Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik hasilnya. Pilih aplikasi edit video vlog atau kalau kamu memang mencari cara jadi youtuber di hp, maka kamu bisa latihan edit video vlog di Android dulu. Tidak ada hasil yang instant. Seiring kamu berlatih dan rajin membaca tutorial cara mengedit video, dijamin kamu bisa.

7. Kolaborasi Dengan Youtuber Lain

Ingin Jadi Youtuber? Ini 12 Cara Menjadi Youtuber Buat Pemula
image from kapanlagi.com

Cara jadi youtuber dengan modal seadanya adalah dengan berkolaborasi dengan youtuber lain yang sudah terlebih dahulu populer. Cara ini cukup efektif sebagai ajang promosi channel YouTube Kamu. Selain itu, kolaborasi juga berguna  memperkaya konten/video yang secara tidak langsung juga berpotensi membawa subscriber-subscriber baru.

8. Tingkatkan Jumlah Views dan Subscribe

Meningkatkan jumlah views dan subscribers adalah salah satu cara menjadi youtuber sukses. Bagaimana tidak? Jika ternyata akun kamu sepi dari pengunjung tentu Youtube tidak akan membayar kamu. Semakin banyak jumlah klik yang kamu dapatkan, maka semakin tinggi juga jumlah penghasilan yang bisa kamu peroleh atas akun Youtube tersebut.

Untuk itu, kamu juga perlu menambah jumlah subscribers kamu hingga maksimal, sebab ini juga secara langsung akan berbanding lurus dengan jumlah klik yang bisa kamu dapatkan pada iklan yang terpasang. Nah, dengan banyak subscribers ini juga akan menambah jumlah views yang semakin banyak bukan? Dari sanalah, akun Youtube kamu akan semakin terkenal dan memperoleh keuntungan.

9. Anjurkan Orang Lain Untuk Like, Share dan Subscribe Video

Menyelipkan kata like, share, dan subscribe dalam content video sangat penting untuk menaikkan followers kamu di Youtube. Jangan malu-malu jangan ragu-ragu untuk meminta orang lain untuk menshare dan mengklik subscribe channel Anda. Jangan ragu-ragu untuk memintanya Anda bisa minta secara halus di setiap video Anda tanpa memaksa.

10. Share Video Anda ke Sosial Media

Share atau berbagi bagikan channel Anda ke orang-orang lain yang ada di sekitar Anda. Anda bisa gunakan facebook, twitter, instagram, google plus atau sosial media lainnya. promosikan channel youtube Anda di semua sosial media Anda.

Baca Juga:

11. Konsistensi

Anda harus terus memproduksi secara konsisten dan mengupload video ke channel Anda minimum satu video dalam seminggu. Jika ingin channel Anda tumbuh dan berkembang dengan lebih cepat, upayakan Anda mengupload 2-3 video dalam seminggu.

12. Niat yang Kuat & Pantang Menyerah

Niat yang kuat dan pantang menyerah menjadi kunci utama untuk menjadi youtuber yang sukses. Niat tidak akan mengkhianati hasil selama kamu bersungguh-sungguh dengan yang kamu kerjakan, maka kamu akan berhasil. Anda harus tetap memotivasi diri Anda sendiri jangan sampai Anda berhenti di tengah jalan. Membuat sebuah channel di youtube itu sebenarnya lebih sulit dijalankan pada awal-awal saat mencapai 100 hingga 1000 subscriber pertama Anda.

Demikianlah ulasan tentang cara menjadi youtuber yang sukses untuk pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.

KOMENTAR