Bagaimana Cara Mengetahui WhatsApp Disadap? Berikut Jawaban dan Cara Mengatasinya

Komentar
Bagaimana Cara Mengetahui WhatsApp Disadap? Berikut Jawaban dan Cara Mengatasinya
image from tribunnews.com

Whatsapp adalah aplikasi komunikasi paling populer dan favorit bagi masyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia. Whatsapp sudah di download dan pernah diinstal sebanyak 1 Milyar kali dengan 70juta reviews di Google Play Store, tidak heran kalau aplikasi Whatsapp ada disetiap HP android, iphone termasuk WindowsPhone.

Namun, kecanggihan teknologi dan akal para hacker menciptakan banyak cara untuk menyadap WhatsApp. Mengingat WhatsApp merupakan aplikasi yang memuat obrolan atau chat pribadi yang penting, tentu sangat perlu dijaga akunnya. Selain itu WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan video call, berkiriman gambar atau video serta menulis status.

Akan tetapi, sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya, tentu saja WhatsApp bisa disadap. Padahal WhatsApp sendiri termasuk aplikasi yang berisi pesan-pesan yang bersifat privasi (rahasia) antar penggunanya. Nah kamu sendiri harus mengetahui bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap.

Cara mengetahui WhatsApp disadap orang lain kamu bisa memperhatikan beberapa hal- hal berikut dan bisa mengerti bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap dan cara mengatasinya. Maka simak infonya dibawah ini;


Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Orang dan Cara Mengatasinya

1. Chat Terbaca Secara Otomatis

Jika ada chat yang masuk di akun WhatsApp kamu. Kamu menemukan sebuah chat yang sudah terbuka alias terbaca tapi kamu merasa belum atau tidak pernah membuka dan membaca chat tersebut, bisa jadi akun WhatsApp mu disadap dan ada pihak yang tidak bertanggung jawab sedang mengakses akun WhatsApp mu.

2. Aktif di Perangkat Lain

Ciri-ciri WhatsApp disadap juga dapat terlihat dari aktifnya akun WhatsApp kamu di perangkat lain selain smartphone atau gadget milikmu sendiri. Fitur WhatsApp Web yang aktif di perangkat lain menjadi celah yang paling mudah digunakan bagi orang yang tidak berkepentingan.
Kamu bisa mengeceknya dengan cara: Buka aplikasi WhatsApp kamu, Klik ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas, Pilih opsi WhatsApp Web. Jika kamu melihat ada perangkat lain yang tidak kamu kenal berarti akun WhatsApp mu memang sudah disadap.

3. WhatsApp Online Padahal Tidak Aktif

Saat smartphone kamu dalam keadaan mati atau data internet dari smartphone tidak aktif. Coba untuk cek akun whatsapp mu melalui smartphone teman dan jika terlihat "Online" berarti WhatsApp kamu sedang tersadap oleh orang lain.

4. Temperatur Smartphone yang Meningkat

Jika sedang menggunakan Smartphone tiba-tiba smartphone menjadi panas dan mengalami kenaikan suhu yang tidak wajar, bisa jadi karena WhatsApp-mu sedang disadap. Alasannya, beberapa aplikasi yang digunakan hacker untuk menyadap akan berjalan sebagai aplikasi background yang berat, sehingga smartphone-mu akan menjadi panas.

5. Baterai Menjadi Boros

Baterai smartphone yang tiba-tiba berkurang secara aneh bisa jadi penyebabnya karena WhatsApp yang disadap. Jika kamu mengalami permasalahan ini, lebih baik kamu putuskan dulu koneksi internatnya. Hal ini bertujuan untuk menghentikan pergerakan spyware yang mengintai.


6. Terdengar Suara Bising Ketika Telepon

Jika kamu sedang melakukan pemanggilan dengan menggunakan WhatsApp. Jika kamu sering mendengar suara bising, maka bisa jadi WhatsApp-mu sedang disadap. Alasannya adalah Aplikasi mata-mata yang digunakan untuk menyadap juga bisa digunakan untuk memantau aktivitas kita, termasuk ketika menelopon.
Jadi, obrolanmu melalui telepon akan terekam. Aktivitas merekam inilah yang memicu terdengarnya suara bising. Kamu harus waspada dan berhati-hati ketika menemukan gejala-gejala seperti itu.

Menyadap WhatsApp orang lain merupakan tindakan yang ilegal dan mempunyai sanksi jeratan hukum pidana yang tertuang dalam UU ITE. Lalu bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang disadap? Berikut caranya;

1. Mengeluarkan Semua Perangkat

Cara yang pertama kamu harus mengeluarkan seluruh perangkat yang terkoneksi dengan akun WhatsApp mu.

Caranya: Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih Titik Tiga dipojok kanan atas. Pilih opsi WhatsApp Web. Terakhir pilih opsi Keluar Dari Semua Perangkat.

Baca Juga:


2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Dengan menggunakan cara mengaktifkan fitur two factor authentication whatsapp atau verifikasi dua langkah. Cara ini bisa menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi Akun WhatsApp yang disadap.

Caranya: Setting --> Akun --> Verifikasi Dua Langkah --> Aktifkan --> Masukkan PIN --> Masukkan Email --> Selesai.

3. Mengunci Aplikasi WhataApp

Pada umumnya para pengguna smartphone hanya mengunci hp dengan menggunakan lockscreen saja tapi tidak mengunci aplikasi yang ada di dalam smartphone. Padahal mengunci aplikasi yang penting seperti WhatsApp yang menyimpan privasi seseorang sangat penting dilakukan. Untuk menghidari Akun WhatsApp tidak disadap mulai sekarang kunci aplikasi tersebut agar data didalamnya aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Demikianlah artikel tentang bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Selamat membaca dan semoga berhasil
Top