10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

 27 Jun 2019  Wahyu Fajar
10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Manfaat makan bawang putih via doktersehat.com

Bawang putih mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, karena bawang putih ini mudah dijumpai di dapur. Bawang putih sering digunakan sebagai campuran bumbu memasak. Tapi tahukah Anda apa manfaat makan bawang putih mentah? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai salah satu bumbu masakan. Apalagi semua bumbu masakan khas Indonesia ini tidak lezat rasanya apabila tanpa menggunakan bawang putih. Bawang putih ini masih termasuk jenis umbi-umbian sama dengan daun bawang dan bawang merah.

Apa manfaat makan bawang putih? Tak hanya sekedar mengkonsumsi sebagai bumbu saja, bahkan banyak yang tidak menyadari keunikan dari bawang putih ini. Sebenarnya bawang putih ini punya banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Bahkan ada beberapa penyakit yang juga bisa disembuhkan dengan cukup makan bawang putih.

Sayangnya banyak orang tidak mau makan bawang putih mentah secara langsung. Alasannya karena rasanya yang sedikit pedas dan bisa membuat bau mulut atau napas tak sedap.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa manfaat makan bawang putih untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang manfaat makan bawang putih mentah.

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat makan bawang putih mentah yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi pilek dan infeksi lainnya

Manfaat makan bawang putih untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi pilek dan beberapa jenis infeksi lainnya. Hal ini karena kandungan senyawa allicin dalam bawang putih yang memiliki peran penting dalam sifat antimikroba. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin kemungkinan besar memiliki potensi terkena pilek lebih rendah. Apabila Anda terkena flu, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih ini sebagai obatnya.

2. Menurunkan kolesterol

Tahukah Anda, ternyata bawang putih juga mampu membantu tubuh Anda dalam menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Bawang putih dapat menurunkan sekitar 10-15% kadar kolesterol total pada mereka yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Meskipun memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar LDL, namun bawang putih tidak memberikan efek pada kadar trigliserida maupun HDL (kolesterol baik).

3. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ terpenting pada setiap tubuh manusia. Menjaga kesehatan jantung tentunya sangat penting untuk dilakukan, salah satunya dengan bawang putih. Hal ini terbukti karena ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa bawang putih memiliki efek kardioprotektif (melindungi kesehatan jantung) yang signifikan pada hewan maupun manusia. Salah satu manfaat bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung adalah mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah yang terbentuk akibat penumpukan LDL dalam darah.

4. Menurunkan tekanan darah

Selain kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi juga merupakan permasalahan yang sering terjadi di masyarakat. Tekanan darah ini bahkan dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular. Tahukah Anda ternyata tekanan darah ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi bawang putih. Hal ini terbukti karena ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak bawang putih dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Bahkan, bawang putih dipercaya memiliki kemanpuan yang hampir sama dengan obat penurun tekanan darah.

5. Baik untuk penderita diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Bahkan diabetes juga dapat memicu munculnya berbagai penyakit lainnya. Untuk mengatasinya Anda cukup dengan mengkonsumsi bawang putih. Beberapa manfaat bawang putih untuk diabetes adalah mengatur kadar gula darah, melawan infeksi, dan mengurangi beberapa efek komplikasi akibat diabetes.

Kemampuan bawang putih untuk mengatasi komplikasi diabetes sama baiknya dengan kemampuan bawang putih untuk melawan infeksi, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan sirkulasinya.

6. Mencegah alzheimer dan demensia

Penyakit seperti Alzheimer dan demensia dipicu oleh stres oksidatif yang terjadi akibat dari radikal bebas. Tentunya apabila terus dibiarkan, penyakit ini tentunya juga sangat berbahaya. Bawang putih yang memiliki kandungan antioksidan dapat mengatasi masalah alzheimer dan dimensia ini. Selain sebagai antioksidan, manfaat makan bawang putih ini juga mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

7. Mencegah kanker

Bawang putih didalamnya terkandung senyawa allium yang dipercaya memiliki efek pada setiap pembentukan kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker lambung, usus besar, kerongkongan, pankreas, dan payudara.

Manfaat bawang putih ini karena sifat antibakterinya yang mampu untuk memblokir pembentukan zat penyebab kanker, menghentikan aktivasi zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA, mengurangi proliferasi sel, dan menginduksi kematian sel kanker.

8. Detoksifikasi logam berat

Manfaat makan bawang putih mentah selanjutnya adalah dapat melindungi tubuh dari kerusakan organ akibat keracunan logam berat. Hal ini dibuktikan karena adanya sebuah penelitian yang mencoba pada karyawan baterai mobil yang terpapar timbal berlebihan. Hasilnya, bawang putih terbukti mampu mengurangi kadar timbal dalam darah dengan efektif.

Baca Juga:

9. Baik untuk kesehatan gigi dan mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tentunya perlu dilakukan setiap orang. Selain menggosok gigi bawang putih juga mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini karena efek antibakteri yang terkandung dalam bawang putih dapat mengatasi bakteri penyebab plak gigi. Selain itu, bawang putih juga dapat mengatasi beberapa infeksi mulut. Penggunaan bawang putih dapat dilakukan bersama antibiotik atau dapat digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri yang resisten terhadap obat.

10. Meningkat kesehatan tulang

Selain menjaga kesehatan gigi dan mulut, bawang putih juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini dibuktikan adanya penelitian yang menujukkan bahwa bawang putih dapat meminimalkan pengeroposan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen. Beberapa penelitian lain juga menemukan bahwa pemberian bawang putih juga dapat menurunkan tanda defisiensi estrogen, yang sering menyebabkan gangguan tulang.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat makan bawang putih mentah yang bisa Anda ketahui. Meski dapat mengobati beberapa penyakit, sebaiknya sebelum mengkonsumsinya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Demikian penjelasan tentang manfaat makan bawang putih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.