Manfaat Bawang Putih Selain untuk Pelengkap Bumbu Masakan

 26 Feb 2019  Wahyu Fajar
Manfaat Bawang Putih Selain untuk Pelengkap Bumbu Masakan

Image Source: pixabay.com

Bawang putih memiliki nama lain genus Allium. Bagi masyarakat Indonesia bawang putih mungkin sudah tidak asing lagi, karena bawang putih merupakan bahan masak yang selalu ada didapur. Hampir semua masakan Indonesia mengandung bawang putih. Rasa dan aroma yang khas membuat masakan menjadi lebih sedap dan lezat. 

Selain digunakan sebagai bumbu masak yang populer dimasyarakat, bawang putih memiliki manfaat sebagai kesehatan dan ampuh untuk mencegah berbagai penyakit. Lalu, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi bawang putih.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Mengontrol tekanan darah

Apa saja khasiat bawang putih? Bawang putih memiliki kandungan polisulfida yang telah terbukti dapat mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Menurut sebuah penelitian ilmiah Maturitas yang dilakukan, kandungan polisulfida akan membantu melebarkan serta membuka pembuluh darah agar tekanan darah tidak terlalu besar. Makan bawang putih rutin selama tiga bulan ternyata dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

2. Mengatasi jerawat

Apa manfaat bawang putih untuk wajah? Didalam bawang putih terdapat kandungan allicin yang dapat membantu melawan peradangan didalam tubuh sebagai penyebab jerawat. Menurut Doris Day, M.D, seorang dokter kulit mengatakan bahwa bawang putih sebagai penghilang jerawat mungkin bisa berhasil karena kandungan zat yang dimiliki bawang putih bersifat antioksidan dan anti-peradangan.

3. Dapat menjaga kesehatan otak

Penyakit Alzheimer dan demensia merupakan penyakit yang sering dialami berbagai kalangan. Ada cara yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit tersebut dengan mudah yaitu mengonsumsi bawang putih. Dalam sebuah penelitian dalam Journal of Neurochemistry telah membuktikan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih ternyata mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia yang terdapat pada bawang putih itu berfungsi mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

4. Mencegah risiko kanker

Apakah manfaat bawang putih untuk kesehatan? Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur bioaktif yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Senyawa sulfur bioaktif ini berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa bawang putih dapat mencegah berbagai macam kanker, seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

5. Mencegah penyakit jantung

Selain mencegah risiko kanker, bawang putih juga dapat mencegah risiko penyakit jantung. Manfaat bawang putih untuk mencegah penyakit jantung caranya dengan mengonsumsinya secara rutin. Karena untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Arteri koroner yaitu pembuluh darah yang memompa darah menuju jantung. Bagi Anda yang memiliki berbagai masalah pada jantung dan sistem metabolisme tubuh, mengonsumsi bawang putih bisa menjadi obat alternatifnya.

6. Mengurangi flu

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu dapat meredakan flu atau pilek. Kandungan allicin yan terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur. Kandungan zat tersebut yang dapat membunuh berbagai organisme jahat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya yaitu flu atau biasa disebut pilek.

7. Dapat menghilangkan bau mulut

Apa manfaat dari bawang putih? Selain mengurangi flu bawang putih juga dapat mengurangi bau mulut. Bau mulut mungkin sangat mengganggu bagi setiap orang. Untuk menghilangkan bau mulut tersebut Anda bisa mencoba mengonsumsi bawang putih sebagai cara yang mudah dipraktekkan. 
Caranya:
  1. Ambil bawang putih secukupnya.
  2. Kemudian cuci sampai bersih bawang putih mentah.
  3. Makanlah bawang putih mentah dengan daun seledri atau kemangi supaya aroma bawang tidak menyengat.
  4. Minum segelas susu rendah lemak tanpa rasa setelah mengonsumsi bawang mentah.
  5. Setelah itu, sikat gigi dan berkumur sampai aroma bawang putih hilang.
Demikian apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR