Keistimewaan Bawang Putih Dalam Al Quran, Benarkah Persembahan Kaum Fir'aun?

 10 Oct 2018  Nadiah Ratna
Keistimewaan Bawang Putih Dalam Al Quran, Benarkah Persembahan Kaum Fir'aun?

bawang putih via nakita.grid.id

Dalam hal medis, tentu saja bawang putih mempunyai banyak manfaat dan ini sudah banyak ditulis berbagai artikel.

Lagi-lagi, baru diteliti zaman sekarang, faktanya ini kelebihan bawang putih telah ada sejak 1400 tahun yang lalu dalam Al Qur'an

Konon bawang putih ini dikenal sebagai obat berbagai penyakit sejak 5.000 tahun silam di negara mesir. Dalam literatur kuno arab, dipaparkan salah satu rahasia mengapa orang arab perkasa dan kuat ialah disebabkan sering menggunakan bawang putih.

Bawang putih berkembang biak dengan cara vegetatif, dimana tidak diperlukan induk jantan dan betina (dalam hal ini tidak terjadi perkawinan) pada bunga di tumbuhan bawang melalui umbi lapis.

Umbi lapis adalah salah satu contoh vegetatif alami dan ini berarti bahwa setiap individu dapat melakukannya tanpa campur tangan manusia. Pada vegetatif buatan, campur tangan manusia di perlukan agar mendapat individu tumbuhan yang baru.

Bawang putih menurut Al Quran disebut juga dengan “phum” yang tercantum dalam surat Al Baqoroh ayat 61 yang bunyinya:

وَإِذْ قُلْتُمْ يَا مُوسَىٰ لَنْ نَصْبِرَ عَلَىٰ طَعَامٍ وَاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ مِنْ بَقْلِهَا وَقِثَّائِهَا وَفُومِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۖ قَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَ الَّذِي هُوَ أَدْنَىٰ بِالَّذِي هُوَ خَيْرٌ ۚ اهْبِطُوا مِصْرًا فَإِنَّ لَكُمْ مَا سَأَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ ۗ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

Artinya : Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya". Musa berkata: "Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta". Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas.

Bawang putih efek memang memiliki aroma yang tajam. Namun Anda bisa mengesampingkan aromanya untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Keistimewaan Bawang Putih Dalam Al Quran, Benarkah Persembahan Kaum Fir'aun?

ilustrasi manfaat bawang putih via humaniora.tagar.id

Bawang putih apa manfaatnya? Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit.

Sayangnya, masih sedikit orang Indonesia yang mau mencari tahu lebih banyak tentang manfaat bawang putih dan memilih untuk langsung membeli obat saja ketika mendapatkan masalah dengan tubuh mereka. Apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaatnya.

1. Mencegah kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

2. Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

4. Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL)

5. Mengobati keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

6. Mengobati sakit gigi

Benarkah bawang putih bisa menyembuhkan sakit gigi? Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

Keistimewaan Bawang Putih Dalam Al Quran, Benarkah Persembahan Kaum Fir'aun?

ilustrasi mengatasi sakit gigi via winnetnews.com

8. Meningkatkan imunitas

Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

9. Membantu menurunkan berat badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini Anda mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik

10. Mengobati sinusitis

Sifat anti bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

11. Mengobati flu

Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga dapat mengobati flu. Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

12. Mengobati jamur kaki

Sama halnya dengan poin 12, sifat anti-inflamasi dapat mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

13. Menambah gairah seksualitas bagi pria

Manfaat bawang putih untuk pria adalah untuk menambah gairah seksualitas. Sebabnya bawang putih mengandung aliccin, yaitu zat yang berfungsi melancarkan peredaran darah pada organ seksual. Cara mendapatkan manfaat sehat ini adalah dengan mencampur bawang putih, telur ayam kampung, dan madu. Lalu minumlah ramuan tersebut secara rutin.

14. Menyuburkan rambut

Merawat rambut dengan bawang putih dapat memperkuat akar rambut sehingga meminimalisir kerontokan, mengobati kulit kepala yang berketombe, dan membuat rambut lebih tebal serta bersinar. Caranya adalah siapkan bawang putih secukupnya, kemudian blender hingga halus. Lalu gunakan sebagai masker rambut

15. Mengurangi tumbuhnya jerawat

Lelah dengan jerawat yang selalu tumbuh silih berganti? Saatnya membasmi penyebab jerawat dari akarnya, yakni dengan membersihkan darah. Caranya adalah rutin makan bawang putih sebanyak 1-2 siung setiap hari.

Manfaat 6 Siung Bawang Putih Panggang

Keistimewaan Bawang Putih Dalam Al Quran, Benarkah Persembahan Kaum Fir'aun?
ilustrasi bawang putih panggang via nakita.grid.id

Para ahli menyatakan bahwa makan enam siung bawang putih panggang setiap hari hasilnya akan menakjubkan. Berikut manfaat 6 siung bawang putih panggang yang harus Anda tahu,

1 jam

Pada jam pertama bawang putih dicerna di perut, dan kebanyakan sayuran, itu menjadi makanan bagi tubuh Anda.

2-4 jam

Pada periode ini, pertarungan bawang putih melawan radikal bebas dan sel kanker yang ada.

4-6 jam

Cairan berlebih dan lemak tubuh yang tersimpan dikeluarkan karena metabolisme tubuh, Anda mulai merasakan manfaat yang diaktivasi oleh bawang putih.

6-7 jam

Suatu proses melawan bakteri mulai dilakukan karena sifat anti bakteri bawang putih.

6-10 jam

Tubuh Anda akan terlindungi dari oksidasi karena nutrisi telah memainkan peran utama pada tingkat sel.

10-24 jam

Setelah mengonsumsi bawang putih, tubuh Anda memulai proses pembersihan dalam dan memiliki hasil sebagai berikut :

  • Mengatur kadar kolesterol
  • Melindungi organisme dari masalah kardiovaskular
  • Menurunkan dan memperbaiki tingkat tekanan darah
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah logam berat memasuki tubuh
  • Meningkatkan kekuatan tulang
  • Menghilangkan kelelahan
  • Meningkatkan Performa Atletik
  • Meningkatkan umur sel yang panjang

Mengapa bawang putih juga berfungsi sebagai pengawet? Bawang putih dapat digunakan sebagai bahan pengawet karena kandungan Allicin tersebut. Allicin merupakan organosulfur yang dapat membunuh beberapa mikrobia seperti bakteri, jamur, protozoa, dan virus. Kandungan allicin dalam bawang putih berkisar antara 1-3 persen.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Ghaly dan Dave pada tahun 2011, kandungan Allicin hasil ekstraksi pada bawang putih terbukti dapat mencegah pertumbuhan berbagai macam mikroba penyebab kebusukan daging. Allicin dapat menghambat pembentukan dinding sel pada bakteri sehingga akan menyebabkan cacat pada dinding sel bakteri yang berakhir pada kematian karena sistem metabolisme yang terganggu.

Baca Juga : Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Nah, itulah beberapas manfaat tentang bawang putih yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.