Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

 01 Apr 2019  Wahyu Fajar
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Image Source: pixabay.com

Apa saja khasiat jeruk nipis untuk wajah? Umumnya, kita hanya melihat jeruk nipis digunakan sebagai bahan pelengkap makanan atau masakan. Tapi ternyata masih ada manfaat lain yang bisa didapatkan. Jika kita pikir, ternyata jeruk nipis tidak hanya digunakan saat memasak di dapur, tetapi punya khasiat buat keindahan kulit wajah dan perawatan tubuh.

Jeruk nipis sudah dikenal memiliki kandungan yang memiliki manfaat sebagai zat pembersih. Mudah didapatkan dan juga murah harganya membuat perawatan menggunakan bahan jeruk nipis ini menjadi pilihan utama. Banyak manfaat yang bisa diambil dari jeruk nipis. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi putih dan halus. Manfaat ini tentu menjadi cara yang selalu dicari oleh kaum wanita.

Apa kegunaan jeruk nipis untuk wajah? Cara alami yang diketahui efektif untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik yaitu dengan memanfaatkan jeruk nipis dan madu. Banyak sekali manfaat masker jeruk nipis yang bisa didapatkan.

Berikut ulasan seputar manfaat masker jeruk nipis, cara membuat, serta cara penggunaannya. Dalam artikel ini jeruk nipis digunakan dalam produk perawatan kulit.

Baca Juga :

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat dan berminyak

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk kulit wajah baik melalui air maupun kulitnya. Penggunaan jeruk nipis bisa diminum atau dioleskan pada wajah. Kandungan vitamin C, flavonoid, asam sitrat, dan beberapa vitamin inilah yang membuat ada banyak khasiat jeruk nipis untuk wajah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah:

1. Anti aging

Usia yang semakin bertambah, paparan sinar UV, polusi, dan beberapa zat di dalam asupan sehari-hari membuat kulit wajah mulai menampakkan gejala penuaan. Tentunya tidak ada wanita yang ingin memiliki gejala penuaan dini seperti noda hitam, keriput, dan lainnya.

Kebanyakan wanita memilih krim dengan kandungan zat kimia sebagai solusi anti aging. Padahal manfaat jeruk nipis untuk wajah bisa juga sebagai anti aging. Pemanfaatan jeruk nipis bisa menjadi sebuah cara alami dalam mengatasi gejala penuaan dini.

Anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada kulit wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis. Penggunaan kulit jeruk nipis mampu mengurangi hiperpigmentasi dan menghambat produksi melanin.

2. Mengobati jerawat

Apa manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat? Jerawat merupakan masalah umum yang dimiliki oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak cenderung mendapatkan masalah sumbatan pada pori-pori wajah dan adanya bakteri sehingga menyebabkan jerawat.

Sebuah kabar bahagia bagi Anda yang memiliki jerawat karena jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati jerawat. Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini sangat penting untuk orang yang berjerawat. Melalui kandungan air jeruk nipis membuat jeruk nipis memiliki sifat antibiotik sehingga bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Gunakanlah air jeruk nipis bersama dengan madu untuk mengatasi jerawat. Aplikasikanlah kombinasi jus jeruk nipis dengan madu secara rutin seminggu sekali. Apabila di sekitar jerawat terdapat luka maka pijatlah luka tersebut menggunakan sedikit air jeruk nipis.

3. Mengatasi pori-pori yang lebar

Apa kegunaan jeruk nipis untuk wajah? Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan zat tertentu yang memiliki sifat astringen. Tahukah Anda apa fungsi dari sifat astringent ini? Astringent ini bisa membuat otot-otot menjadi lebih rapat. Hal inilah yang membuat pori-pori wajah yang lebar menjadi normal kembali.

4. Mengatasi masalah kulit yang menjadi warna cokelat

Tidak ada manusia yang bisa terhindar dari paparan sinar matahari. Tanpa disadari, paparan sinar matahari membuat wajah menjadi berwarna cokelat. Masalah wajah ini bisa diatasi dengan air jeruk nipis.

Air jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan masalah kulit cokelat akibat paparan sinar matahari. Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) atau dahi (dadih) sehingga berbentuk seperti pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.

5. Mengangkat sel-sel kulit mati

Apa manfaat jeruk nipis untuk masker wajah? Sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah sering kali menjadi penyebab wajah kusam. Wajah akan semakin kusam apabila sel-sel kulit mati semakin menumpuk. Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ini sering digunakan di salon-salon perawatan kecantikan dan juga sebagai pengobatan rumahan. Para wanita yang sudah tahu telah mengaplikasikannya pada wajah sehingga membuat kulit nampak lebih cerah dan segar.

6. Menjadikan kulit bercahaya

Jeruk nipis mampu mengurangi minyak pada wajah sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih bersih. Selain itu, air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit.

Minumlah segelas air hangat yang berisi jeruk nipis dan madu pada pagi hari. Untuk hasil optimal, minumlah secara teratur. Minuman tersebut akan membuat kulit wajah menjadi bercahaya dan terlihat lebih cantik.

7. Pembersih wajah

Sifat antibiotik yang ada pada air jeruk nipis membuat jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai pembersih wajah. Bakteri yang menempel pada wajah akibat berbagai alasan bisa dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis.

Apabila Anda membersihkan wajah dengan menggunakan air jeruk nipis maka pertumbuhan bakteri yang ada di wajah mampu ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri.

Nah, inilah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah. Pengolahannya pun sama sekali tak sulit, jadi masih ragu kah Anda mengganti produk kecantikan Anda dengan jeruk nipis? Selain mengandalkan jeruk nipis sebagai perawatan wajah, Anda juga harus selalu mejaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah setiap hari.

Demikian apa saja khasiat jeruk nipis untuk wajah yang bisa dicoba dirumah. Semoga bermanfaat.