15 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Pengobatan Herbal dan Kesehatan

 25 Jun 2019  Vernandhea
15 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Pengobatan Herbal dan Kesehatan

image from doktersehat.com

Daun sirih adalah salah satu tanaman herbal yang cukup populer di Indonesia. Daun sirih terbagi menjadi dua jenis yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Di Indonesia daun sirih hijau lebih populer dan banyak ditanam oleh masyarakat. Namun, jarang diketahui kalau manfaat daun sirih merah juga sama besarnya dengan daun sirih hijau.

Sejak zaman dulu daun sirih merah dikenal berkhasiat sebagai obat. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan sangat banyak sekali. Sama seperti daun sirih hijau, manfaat daun sirih merah juga bermanfaat bagi organ intim wanita. Manfaat daun sirih merah untuk organ intim wanita adalah dikenal sebagai  anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit.

Untuk merasakan manfaat daun sirih merah Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih merah dan meminumnya. Manfaat daun sirih merah jika diminum akan terasa khasiatnya secara langsung untuk organ-organ tubuh. Di dalam daun sirih merah terdapat senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, dengan kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit ringan hingga berat.

Manfaat daun sirih lainnya juga banyak seperti, mengatasi mimisan, mengobati gusi berdarah, menyembuhkan gatal pada kulit, dan sebagainya. Daun sirih merah diperkaya dengan flavonoid, karena itulah manfaat daun sirih merah lebih banyak dan beragam. Maka tak heran kalau manfaat daun sirih merah sudah tidak diragukan lagi.

Ingin tahu ulasan lengkap tentang beragam manfaat daun sirih merah untuk pengobatan herbal dan kesehatan?. Simak infonya berikut ini;

15 Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Tubuh

1. Sebagai Antiseptik

Sama seperti daun sirih hijau, manfaat daun sirih merah juga berguna sebagai antiseptik. Manfaat daun sirih merah ini juga sudah lama dipercaya masyarakat untuk menyembuhkan infeksi. Sebuah penelitian mengungkapkan, antiseptik dari cairan daun sirih merah ini lebih unggul daripada sabun non-antiseptik dan sabun antiseptik.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun sirih merah bisa dijadikan salah satu pengobatan herbal bagi penderita diabetes. Manfaat daun sirih merah untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Daun sirih merah tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

3. Menghentikan Mimisan

Daun sirih memang dikenal dapat menghentikan mimisan oleh masyarakat Indonesia. Kandungan fenil popada dan terpen dalam daun sirih merah akan memabntu darah yang keluar saat mimisan dapat segera berhenti. Caranya cukup Gulung 1 lembar daun sirih, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.

4. Mencegah dan Menghilangkan Bau Badan

Karena mempunyai sifat antiseptik yang dapat membunuh kuman, maka manfaat daun sirih merah juga dapat mencegah dan menghilangkan bau badan. Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

5. Mengobati Penyakit Prostat

Bagi yang memiliki penyakit prostat, tidak ada salahnya untuk mencoba mengobatinya dengan daun sirih merah. Manfaat daun sirih merah adalah sebagai obat inflamasi prostat. Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Rebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.

6. Mengobati Batuk

Mempunyai batuk yang tak kunjung sembuh dan berdahak pasti akan sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Anda bisa mencoba manfaat daun sirih merah untuk mengobati batuk secara alami. Caranya cukup siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air, kemudian minum 2 kali sehari.

7. Pengobatan Payudara Bengkak

Bagi ibu yang mengalami payudara bengkak setelah menyusui, daun sirih merah dapat mengobatinya. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Caranya dengan membakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mengatasi Bau Mulut

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mengatasi bau mulut, Anda bisa menggunakan manfaat daun sirih untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Pada saat Anda mengunyah daun sirih merah, minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut.

Selain itu senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

9. Mencegah Munculnya Jerawat

Bagi para wanita, munculnya jerawat pasti sangat menjengkelkan dan mangganggu penampilan. Daun sirih merah juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati jerawat, karena kandungan manfaat antioksidan, flavonoid, dan vitaminnya. Manfaat daun sirih merah dapat memberikan nutrisi pada kulit dan mengganti sel-sel kulit wajah yang rusak akibat terpapar debu dan polusi.

10. Melancarkan Buang Air Kecil

Apakah Anda sering mengalami kesulitan buang air kecil? Jika ya, maka daun sirih merah bisa menjadi obat untuk mengobatinya. Kesulitan buang air kecil biasanya karena seiring bertambahnya usia atau bagi ibu yang baru melahirkan. Caranya cukup blender 5 lembar daun sirih merah, kemudian campur dengan segelas susu dan 1 atau 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.

11. Mengobati Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dinding pembuluh darah. Hipertensi, merokok, polusi, dan gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi faktor mengapa penyakit jantung koroner terjadi.

Cara membuat ramuan daun sirih merah untuk penyakit jantung, di antaranya: Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum airnya 2 kali sehari.

12. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat daun sirih merah  sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Daun sirih merah juga berkhasiat terhadap saluran cerna juga menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung, dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

13. Menyembuhkan Asam Urat

Pada penderita asam urat kerap kali merasakan nyeri pada persendian terutama menjelang malam hari dan diwaktu pagi hari. Salah satu faktor terbesar terkena penyakit asam urat dikarenakan oleh mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi purin. Manfaatkan daun sirih merah untuk mengobatinya karena daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh.

Baca Juga:

14. Mengobati Iritasi Pada Mata

Apa manfaat daun sirih untuk mata? Ternyata, sirih merah dan sirih hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi. Ini berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang ada di dalamnya.

Cara memanfaatkan daun sirih untuk mata yaitu rebus 20 lembar daun sirih merah atau sirih hijau. Gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

15. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Daun sirih merah yang mengandung minyak esensial dan fenol dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Dengan mencampurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari. Selain itu juga sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga pikiran dan mengatur pola makan untuk membantu menstabilkan tekanan darah.

Demikianlah artikel tentang 15 manfaat daun sirih merah untuk pengobatan herbal dan kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi referensi dalam mengenal tanaman herbal terutama dari manfaat daun sirih merah.

KOMENTAR