10 Manfaat Rebusan Daun Salam Beserta Cara Rebusnya

 31 May 2019  Vernandhea
10 Manfaat Rebusan Daun Salam Beserta Cara Rebusnya

image from pinterest.com

Daun salam selama ini sering digunakan sebagai bumbu pelengkap saat memasak. Namun, perlu diketahui bahwa saat kita merebus daun salam ternyata manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan sangat banyak sekali khasiatnya bagi tubuh.

Manfaat daun salam ternyata bukan cuma untuk pelengkap bahan masakan saja. Daun salam dikenal dikalangan ibu-ibu karena mampu menyingkirkan lemak dalam tubuh dan bisa membersihkan usus dari tumpukan lemak makanan dan tidak membuat tubuh tambah gemuk nih mom.

Manfaat daun salam untuk kesehatan ternyata sangat melimpah. Salah satunya mengontrol diabetes. Bagi Anda yang menderita diabetes, ada baiknya rutin mengonsumsi daun salam. Beberapa penelitian kesehatan juga membuktikan bahwa daun salam bisa mengatasi diabetes tipe 2.

Menurut penelitian daun salam dapat membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit ringan sampai berat. Baik daun salam segar maupun yang sudah dikeringkan sama-sama bermanfaat besar. Namun, untuk lebih merasakan manfaat daun salam bagi kesehatan, Anda bisa merebus beberapa daun salam sesuai kebutuhan karena, rebusan daun salam lah yang paling mujarab.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, rebusan daun salam mampu untuk menurunkan kolesterol yang Anda miliki. Kolesterol tinggi sangat ditakuti oleh banyak orang karena dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Untuk mengatasinya Anda bisa mengambil manfaat rebusan daun salam untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda buat dirumah. 

Lalu apa manfaat rebusan daun salam? Manfaat daun salam sangat banyak sekali dan bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi air rebusan daun salam. Sebab, daun salam tinggi akan kandungan vitamin C dan A, serta asam folat. Manfaat rebusan daun salam antara lain sebagai;

-Sebagai obat antijamur
-Sebagai obat anti cacing
-Mengatasi masalah pencernaan
-Menyehatkan mata
-Membantu mengobati infeksi ginjal dan mencegah batu ginjal
-Meringankan nyeri
-Mengatasi migrain
-Untuk kesehatan rambut

Selain yang sudah disebutkan diatas, kami sudah merangkum apa saja manfaat rebusan daun salam yang utama bagi kesehatan. Maka dari itu, simak info lengkapnya dibawah ini; 

10 Manfaat Rebusan Daun Salam Beserta Cara Rebusnya

1. Mengatasi Asam Urat

Selain sebagai daun penurun kolesterol, daun dalam juga dikenal sebagai obat untuk asam urat. Menurut hasil riset yang telah dilakukan, membuktikan bahwa manfaat rebusan daun salam bisa untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan zat flavonoid dalam daun salam mampu membuat  antioksidan yang bisa menghambat enzim xatin oksidase yang tidak lain adalah penyebab pembentukan asam urat.

Caranya: Rebuslah air berisi 10 lembar daun salam tersebut sampai air menguap dan menyisakan hanya setengah dari jumlah kadar air sebelumnya. Minum saat masih hangat dan minun secara rutin setiap 2 hari sekali.

2. Mengobati Batuk

Jika Anda terkena batuk dan tidak kunjung sembuh, maka ada baiknya mencoba ramuan daun salam. Daun salam juga berkhasiat secara alami dalam mengatasi masalah batuk, gejala flu, serta infeksi.

Caranya: Rebuslah 2 atau 3 lembar daun salam dan biarkan selama 10 menit. Ambil kain bersih dan celupkan pada rebusan tersebut dan kemudian diusapkan kain ini pada dada. Cara ini dipercaya bisa meredakan batuk, pilek, dan flu.

3. Mengatasi Resiko Diabetes

Daun salam memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi penyakit diabetes. Studi yang dilakukan pada tahun 2009 lalu membuktikan bahwa pasien diabetes yang mengonsumsi obat dengan kandungan 1-3 gram ekstrak daun salam memiliki kadar gula darah yang terkontrol dengan baik. Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun ini juga dapat membantu dalam proses insulin secara efisien. Karenanya mengonsumsi daun salam sangatlah dianjurkan bagi para penderita diabetes.

Caranya: Rebus 10 lembar daun salam ke dalam panci yang berisi 3 gelas air. Setelah itu minumlah rebusan air tersebut setiap hari satu gelas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengobati Darah Tinggi dan Kolesterol

Daun salam mengandung flavonoid yang mampu membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Manfaat rebusan daun salam dilansir dari The Indonesian Journal of Health Science di tahun 2018 terdapat pengamatan pada efektivitas daun salam dalam penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi yang memberikan hasil positif. 

Caranya: Ambil 10 lembar daun salam untuk kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air. Rutin meminum air rebusan daun salam ini setidaknya sekali setiap hari, yang berkhasiat menurunkan tekanan darah dan kolesterol secara signifikan.

5. Membantu Mengatasi Masalah Kerontokan dan Ketombe pada Rambut

Daun salam juga dapat membantu masalah pada rambut seperti; kerontokan dan ketombe. Anda bisa menggunakan daun salam yang telah diekstrak menjadi minyak sangat baik untuk kesehatan rambut dan secara efektif membantu dalam mengatasi masalah kerontokan dan ketombe. 

Membantu Mengurangi Kutu pada Rambut

Jika Anda mempunyai kutu di rambut dan ingin secara alami untuk mengatasinya, maka Anda bisa mencoba rebusan daun salam untuk menghilangkan kutu pada rambut.

Caranya: Campurkan daun salam seberat 50 gram ke dalam air mendidih sebanyak 400 ml. Biarkan hingga air menguap kira-kira menjadi 100 ml. Setelah selesai, pisahkan air rebusan dengan daun salam dengan menggunakan saringan. Setelah cukup dingin , Anda dapat langsung mengolesnya pada kulit kepala dan rambut. Selanjutnya diamkan selama 3 – 4 jam lalu bilas dengan air, lakukan hal tersebut berulang hingga kutu kepala benar-benar hilang.

6. Meluruhkan Lemak Jahat dan Baik Untuk Diet

Perlu diketahui bahwa manfaat rebusan daun salam membuat proses metabolisme tubuh lebih lancar dan mampu meluruhkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, cocok untuk menambahkan daun salam ke dalam setiap masakan. Daun salam memuat sejumlah kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengganti makanan berkalori tinggi yang sangat baik saat Anda menjalani diet.

Caranya: Rebus 2 gelas air putih sampai mendidih lalu masukkan 30 lembar daun salam. Rebus hingga airnya tinggal separuh lalu minum saat masih hangat atau dingin. Anda bisa minum rebusan daun salam ini setiap hari atau sesuai kebutuhan.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat rebusan daun salam sangat banyak sekali bagi kesehatan, salah satunya bagi jantung. Kandungan flavonoid dan senyawa salisilat, fitonutrien dan asam caffeic dalam daun salam mampu membantu dalam mencegah stroke dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Caranya: Rebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air untuk disaring, kemudian diminum dalam keadaan hangat secara rutin. 

8. Mengobati Batu Ginjal

Daun salam secara ilmiah telah tebukti mampu mengatasi masalah infeksi penyakit ginjal dan batu ginjal. Tahun 2014 silam, peneliti asal Iran ingin membuktikan khasiat daun salam terhadap pengobatan penyakit batu ginjal. Ternyata penelitian tersebut menunjukkan hasil positif di mana daun salam mampu menguraikan batu kristal yang ada di ginjal.

Caranya: Rebus beberapa daun salam ke dalam sebanyak 200 ml air, rebus hingga air menguap sampai kurang lebih sebanyak 50 ml. Pisahkan air dengan daun salam lalu minum selagi hangat, minum secara rutin setiap 2 hari sekali.

Baca Juga:

9. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Daun salam diketahui dapat memusnahkan sel – sel kanker yang tumbuh secara pasif dan abnormal dalam tubuh karena terdapat senyawa flavonoid pada daun salam. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang disebut sebagai parthenolide yang telah terbukti ampuh dalam menahan ploferasi terhadap sel kanker serviks.

Caranya: Rebus 10 lembar daun salam ke dalam panci yang berisi 3 gelas air, lalu saring jika sudah mendidih. Minum selagi hangat dan minum rutin selama 2 hari sekali.

10. Membantu Mengurangi Stres Pada Kulit

Tidak hanya pikiran yang bisa mengalami stres, kulit juga bisa mengalami hal serupa akibat pengaruh cuaca dan pemakaian produk tertentu. Penuaan dini dan keriput adalah dampak dari akibat hal tersebut, namun Anda bisa memanfaatkan daun salam sebagai cara alami untuk meremajakan dan regenerasi kulit. Manfaat rebusan daun salam untu kulit juga dapat mengatasi stress pada kulit dan mencegah penuaan dini serta keriput.

Caranya: Masukkan 5 lembar daun salam ke dalam air mendidih sebanyak 3 gelas. Diamkan selama 2 menit dalam proses perebusan, Setelah itu tuangkan air rebusan ke dalam sebuah wadah mangkuk atau lainnya. Dalam keadaan matang dengan suhu tersebut tentu air rebusan akan mengeluarkan uap,uap tersebut-lah yang akan digunakan untuk mengurangi stress pada kulit Anda.

Demikianlah 10 manfaat rebusan daun salam beserta cara rebusnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan Anda.