15 Manfaat Daun Dewa yang Luar Biasa Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker

 25 Jun 2019  Vernandhea
15 Manfaat Daun Dewa yang Luar Biasa Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker

Manfaat daun dewa image from jitunews.com

Daun dewa memiliki nama latin (gynura divaricata) merupakan sejenis tanaman herbal yang bisa tumbuh pada ketinggian 200 hingga 800 mdpl. Tanaman ini masuk dalam keluarga Compositae. Manfaat daun dewa untuk kesehatan telah digunakan oleh masyarakat Indonesia dan sering dijadikan obat herbal karena sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan.

Daun dewa memiliki ciri yang khas, daunnya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar sekitar 10 cm dengan ujung yang bergerigi menyerupai bentuk patung dewa, memiliki bulu-bulu halus pada daun dan bertangkai pendek. Tanaman ini mudah dikembangkan.

Salah satu manfaat daun dewa yang cukup luar biasa adalah sebagai antikanker. Manfaat daun dewa untuk kanker adalah dapat menghambat pertumbuhan maupun perkembangan sel-sel tumor atau kanker. Dalam daun dewa terdapat senyawa flavonoid, saponin, tanin, monoterpen, serta seskuiterpen lakton yang membantu pengobatan tumor maupun kanker.

Tanaman daun dewa juga bisa membantu mengatasi memar, luka bakar atau luka lainnya di kulit. Saat Anda mengalami luka bakar maka daun dewa bisa dijadikan sebagai obatnya, karena manfaat daun dewa untuk luka bakar dapat mengobati kulit yang tidak sengaja terkena percikan api. Caranya siapkan 10 lembar daun jarak dan 20 gram daun dewa. Tumbuk keduanya dan oleskan pada luka.

Beragam manfaat daun dewa untuk pengobatan herbal memang sangat luarbiasa. Berikut kami berikan info tentang apa saja manfaat daun dewa untuk kesehatan dan pengobatan herbal yang jarang diketahui;

15 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

15 Manfaat Daun Dewa yang Luar Biasa Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker
image from vebma.com

1. Mengobati Kanker Payudara

Sifak sitotastik dalam daun dewa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, cara pemakaiannya adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan atau hasil rebusan daun tanaman dewa yang dicampur dengan temu putih serta jombang.

Daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut peroksidase protein ini bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh karena itu, peneliti percaya bahwa daun dewa berpotensi untuk menjadi pilihan pengobatan kanker payudara.

2. Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi kesehatan yang kronis akibat tekanan darah dalam arteri meningkat. Tanaman daun dewa juga memiliki kandungan sifat hipotesif dan kandungan etanol dalam daun dewa juga dipercaya bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). 

Selain alami, pengobatan ini juga relatif aman. Caranya adalah dengan minum hasil rebusan beberapa lembar daun tanaman daun dewa sebanyak 2 kali sehari setelah makan. Atau bisa juga digunakan sebagai lalapan.

3. Mengobati Diabetes

Diabetes atau bisa dikenal dengan penyakit kencing manis ini terjadi akibat kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Untuk mengobatinya Anda bisa mencoba daun dewa sebagai obat diabetes. Sifat hipoglikemin yang ada dalam daun dewa, terbukti mampu membantu menurunkan kadar gula tersebut. 

Caranya adalah dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan daun tanaman daun dewa minimal 1 kali dalam sehari.

4. Mengobati Stroke

Manfaat daun dewa bisa menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit jantung dan stroke. Daun dewa memiliki sifat antihipertensi dan kardiprotektif, yang dipercaya dapat melindungi jantung. Anda bisa minum ramuan dari hasil rebusan daun dewa ini secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

5. Mengobati Rematik

Rematik atau biasa disebut dengan asam urat merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian. Sakit rematik sebenarnya bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, protein dalam kadar sedang, dan rendah lemak. 

Untuk pengobatan gangguan ini dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan bagian daun tanaman daun dewa. Bisa juga rebusan daun tanaman ini yang dicampur dengan jahe merah, serta akar sawi langit.

6. Mengobati Wasir

Wasir atau yang biasa dikenal dengan ambeien merupakan penyakit yang harus segera disembuhkan. Wasir akan sangat sulit disembuhkan, apabila tidak telaten dalam mengobatinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena manfaat daun dewa dapat membantu mengobati penyakit wasir.

Cara membuatnya adalah minum rebusan bagian daun tanaman ini dengan camapuran daging tanaman lidah buaya dan sedikit madu. Namun apabila wasir telah parah, ambil beberapa lembar daun tanaman daun dewa, lalu remas untuk mengeluarkan getahnya, dan masukkan ke dalam anus.

7. Mengatasi Gangguan Ginjal

Ginjal adalah organ vital yang penting bagi tubuh, yang bekerja untuk memproduksi urin. Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dari limbah hasil metabolisme. Darah tersebut kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Jika Anda mengalami gangguan ginjal, coba minum rebusan daun dewa secara rutin setiap hari untuk membantu mengatasi gangguan ginjal.

8. Mengobati Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah (DBD) disebabkan oleh gigitan nyamuk yang menularkan virus dengue. Jika penyakit ini tidak segera diobati dan ditangani oleh dokter akan menyebabkan kematian. Perlu diketahui bahwa manfaat daun dewa ternyata mampu membantu penyakit DBD tersebut dengan memanfaatkan rebusan daunnya. Caranya adalah dengan merebus sekitar 5-7 helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai jadi 1 gelas. Diminum secara rutin setiap 2 kali dalam sehari.

9. Mengobati Gigitan Binatang Berbisa

Gigitan binatang berbisa seperti ular dll, biasanya akan meninggalkan racun yang masuk kedalam tubuh. Bisa atau racun yang masuk kedalam tubuh akan menyebar dan terbawa oleh darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa diatasi dengan meminum ramuan rebusan daun dewa, karena manfaat daun dewa ini bisa menetralkan racun dalam tubuh. Akar atau umbinya pun bisa dimanfaatkan dengan cara menumbuk, kemudian ditempelkan pada tempat bekas gigitan binatang berbisa tersebut.

10. Mengobati Batuk dan Muntah Darah

Batuk memang penyakit yang umum dan sering terjadi. Namun batuk yang disertai muntah darah haruslah sangat kita waspadai. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah khasiat dari bagian daun tanaman daun dewa sebagai ramuan untuk membantu pengobatannya. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun dewa sebanyak 3 kali sehari, secara rutin masing-masing ½ gelas. Hal ini juga bisa menghentikan perdarahan pada kehamilan.

11. Mengobati Sakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Penyakit jantung disebabkan oleh terhentinya aliran darah ke jantung. Faktor penyebabnya bisa karena pencandu rokok, alkohol, kurang istirahat, maupun kurang olahraga. Manfaat daun dewa dapat menurunkan resiko penyakit jantung, dengan rutin mengkonsumsi ramuan umbi daun dewa yang telah ditumbuk dan diseduh dengan air setiap sore hari.

12. Melancarkan Haid

Bagi para wanita yang sering mengalami haid yang tidak lancar, daun dewa mungkin bisa jadi solusinya. Dengan memanfaatkan rebusan daun dewa untuk melancarkan haid. Caranya adalah dengan merebus tumbukan 15 - 30 gr daun dewa, tambahkan sedikit arak yang sudah dipanaskan lalu minum dalam keadaan hangat.

Baca Juga: 

13. Mengobati Keseleo

Keseleo atau terkilir memang sering terjadi pada tubuh kita. Biasanya keseleo disebabkan oleh terjatuh juga pada seseorang yang aktif dalam berolahraga maupun seorang yang banyak melakukan kegiatan fisik. Saat bagian tubuh ada yang keseleo, biasanya Anda akan langsung memijatnya dan meninum obat untuk menghilangkan rasa sakit. 

Selain cara tersebut, ada cara alami untuk mengobati keseleo yaitu dengan minum hasil rebusan bagian daun tanaman daun dewa yang dicampur dengan temu hitam dan temulawak sebanyak 2 kali sehari.

14. Mengobati Kutil

Kutil papilloma adalah sejenis penyakit tumor jinak pada kulit. Penyakit ini memang sering disepelekan oleh sebagian orang, namun jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang serius pada kulit. Manfaat daun dewa bisa untuk menyembuhkan atau menghilangkan kutil tersebut dengan cara menumbuk daun dewa sampai halus, kemudian dilumatkan atau ditempelkan pada kutil, kemudian balut dengan plester. Ganti tumbukan daun dewa setiap hari sampai kutil tersebut hilang.

15. Mengobati Peradangan

Peradangan biasanya disebabkan oleh adanya infeksi pada sebagian tubuh kita. Manfaat daun dewa yang mengandung zat-zat yang bisa mencegah, mengobati atau menghentikan peradangan. Caranya dengan meminum rebusan air daun dewa secara rutin. Rebuslah 5 - 10 helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai menjadi segelas. Saring dan minumlah hangat-hangat.

Demikianlah ulasan tentang manfaat daun dewa yang luarbiasa bagi kesehatan. Bagi Anda yang belum mengenal manfaat daun dewa semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.