Ciri Ciri Wanita Mandul yang Wajib Diketahui Oleh Para Pria

 25 Jun 2019  Vernandhea
Ciri Ciri Wanita Mandul yang Wajib Diketahui Oleh Para Pria

ciri ciri wanita mandul image from hellosehat.com

Bagi pasangan suami istri yang baru menikah, memiliki anak yang cerdas dan sehat pasti merupakan dambaan bagi semua pasangan. Maka dari itu kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu, namun semua keinginan itu sangat sulit terwujud jika salah satu pasangan mandul.

Kemandulan atau yang kerap disebut infertilitas adalah kegagalan bagi pasangan suami istri untuk memiliki keturunan sesudah berusaha selama satu tahun bahkan lebih melakukan hubungan intim. Ada berbagai tanda tidak subur yang bisa terjadi pada wanita dan pria. Namun, pada artikel ini kami akan lebih membahas ciri ciri wanita mandul.

Sebenarnya ada beberapa ciri ciri wanita mandul yang bisa diketahui sejak remaja, karena masalah yang sangat sensitif ini sebenarnya sudah bisa terlihat terutama pada wanita. Ini termasuk hal yang sangat ditakutkan oleh semua perempuan, apabila benar bila seorang wanita memang mengalami kemandulan.

Pada saat ini belum ada tanda yang pasti seorang wanita bisa dinyatakan mandul. Namun, ada beberapa ciri ciri wanita mandul sejak dini yang bisa kita ketahui. Berikut ini kami berikan informasi apa saja ciri ciri wanita mandul diantaranya adalah;

10 Ciri Ciri Wanita Mandul Sejak Dini

1. Kurangnya Berat Badan

Kurangnya berat badan bisa merusak hormon sehingga berpotensi membuat perempuan tidak subur. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal termasuk olahraga secara keras dan diet tanpa lemak yang merusak sistem hormon dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hingga berakibat berat badan akan menurun dengan cepat yang kemudian bisa memicu kacaunya sistem hormon dan membuat wanita tidak subur.

2. Menstruasi Berat

Wanita yang mengalami menstruasi dengan periode yang sangat berat bukan berarti itu pertanda subur. Kelebihan darah saat menstruasi bisa menjadi tanda adanya kondisi yang mengacu pada kemandulan. Menstruasi berat merupakan ciri-ciri hormon yang tidak seimbang yang bisa terjadi karena stres, cemas, khawatir, dan permasalahn koginitf lainnya.

Pendarahan berat salah sarunya gangguan menstruasi yang terjadi karena penebalan dinding rahim, hormon nggak seimbang dan bahkan bisa dipicu oleh tingkat stress yang tinggi. Selain itu pendarahan berat saat menstruasi itu bisa terjadi karena nggak ada progesteron dalam tubuh yang bisa jadi pemicu ovarium tidak menghasilkan sel telur.

3. Menstruasi Tidak Teratur

Ciri ciri wanita mandul yang sangat jelas adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi tidak teratur juga merupakan bahwa wanita sedang mengalami hormon yang tidak seimbang. Umumnya haid yang tak lancar timbul karena adanya masalah di ovulasi. Apabila siklus menstruasi terlalu singkat (kurang dari 21 hari) atau sebaliknya terlalu panjang (lebih dari 35 hari), sudah seharusnya kamu segera berkonsultasi.

Selain itu, tak pernah mengalami (atau berhenti) menstruasi pun pasti bisa jadi ciri-ciri perempuan mandul dan akan sulit hamil karena tidak terjadi ovulasi di dalam tubuhnya. Hal ini merupakan tubuh seorang wanita tidak mengalami ovulasi atau meluruhnya sel sel telur ke dinding rahim.

4. Berat Badan Naik Dengan Cepat

Salah satu ciri wanita mandul yang jarang diketahui adalah berat badan naik dengan cepat. Bagi wanita yang memiliki tubuh kurus, apabila berat badan naik dengan cepat pasti akan membuat Anda senang. Namun, bisa jadi ini adalah ciri dari kemandulan. Perempuan yang tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan dapat terjadi karena PCOS.

Inilah yang membuat kadar androgen yang sangat tinggi. Lalu produksi insulin pun menjadi lebih tinggi. Ketidakstabilan hormon ini sangat berat untuk tubuh yang mana membuat tubuh perempuan memiliki metabolisme jauh lebih berat. Inilah yang membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk dibandingkan yang lainnya.

5. Menstruasi Sangat Sakit

Tidak semua rasa sakit saat menstruasi mengacu pada ciri wanita mandul, sebab ini bisa menjadi kondisi yang normal. Sakit yang dirasakan ketika wanita dalam periode menstruasi tak bisa disebutkan dengan jelas apakah memang ciri ciri perempuan mandul atau hal lainnya. Menstruasi yang sangat menyakitkan bisa terjadi karena masalah hormon dan penyakit pada ovarium atau indung telur. Namun, ada baiknya bila rasa sakit yang berkelanjutan tersebut diperiksakan ke dokter.

6. Banyak Rambut Pada Tubuh

Biasanya perempuan yang memiliki rambut lebih sedikit jika dibandingkan pria. Namun, jika terjadi pada perempuan ini menunjukkan bahwa perempuan yang menghasilkan hormon eterogen juga menghasilkan hormon endrogen, namun saat produksi androgen di dalam tubuh sangat tinggi, maka seorang perempuan pun dapat memiliki rambut halus yang lebih banyak.

Jenis rambut ini lebih banyak ditemukan di bagian atas bibir, wajah, pergelangan tangan, ketiak, dada dan perut. Jika sudah ditemukan gejala ini, maka androgen dalam tubuh bisa saja sangat tinggi dan harus segera diobati.

7. Mengalami Endometriosis

Kram saat haid memang umum terjadi, karena kram ketika haid memang tak selalu mengindikasikan kalau seorang perempuan tidak subur. Namun saat Anda menemukan dan mengalami beberapa tanda dibawah ini;

  • Kram haid yang cukup parah
  • Kesakitan ketika berhubungan intim
  • Pendarahan abnormal
  • Sakit di area dubur hingga keluar darah ketika buang air kecil

Gejala tersebut merupakan gejala dari endometriosis. Jika Anda mengalaminya maka harus berhati hati dan segera periksakan ke dokter, karena bisa jadi itu semua merupakan ciri ciri wanita mandul dan akan sulit memiliki keturunan.

8. Tiba-tiba Berjerawat Parah

Mempunyai jerawat yang parah merupakan salah satu ciri wanita mandul. Jerawat yang parah menjadi tanda bahwa ada masalah hormon yang serius. Saat jerawat buruk maka wanita bisa mengalami PCOS dimana tubuh memproduksi hormon androgen yang lebih banyak. Hormon ini biasanya ada pada tubuh pria, jika hormon ini ada pada wanita akan menyebabkan kesuburan wanita menjadi terganggu.

Produksi hormon androgen yang tinggi juga bisa menyebabkan ovulasi tidak teratur, jerawat yang sangat banyak dan menstruasi yang tidak normal. Penting untuk segera periksa ke dokter agar tahu apa jerawat tersebut jerawat biasa atau mengindikasikan suatu penyakit lain.

Baca Juga:

9. Nafsu Sex yang Rendah

Seorang wanita yang mempunyai nafsu sex rendah juga merupakan salah satu ciri ciri wanita mandul. Wanita yang tidak subur tidak memiliki dorongan hubungan intim yang normal seperti wanita yang subur. Hal ini bisa terjadi karena depresi atau stres.

Namun ketika wanita memiliki gangguan pada sistem reproduksi maka biasanya akan mengeluh sakit setelah berhubungan intim. Dan inilah yang mungkin bisa menjadi penyebab tidak ada dorongan untuk berhubungan intim.

10. Ketidakmampuan Hamil Setelah Menikah

Saat seorang wanita sudah menikah dalam waktu yang lama dan tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun, tapi juga tidak hamil maka itu bisa menjadi tanda bahwa wanita tersebut mengalami kemandulan. Namun, sebaiknya segera periksakan ke dokter dan berkonsultasi bagaimana cara agar dapat segera memiliki momongan.

Demikianlah ulasan tentang 10 ciri ciri wanita mandul yang wajib diketahui oleh para wanita. Jika Anda mengalami salah satu dari ciri ciri tersebut segera konsultasikan ke dokter. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.