Belum Punya Anak Bukan Berarti Mandul, Bisa Jadi Anda Belum Mengamalkan 15 Do`a ini

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 02 Oct 2017
Belum Punya Anak Bukan Berarti Mandul, Bisa Jadi Anda Belum Mengamalkan 15 Do`a ini


15 Doa Agar Cepat Hamil Menurut Islam

Banyak cara medis yang bisa dilakukan untuk menunjang produktifitas kehamilan, namun tahukah anda bahwa itu semua belum tentu cukup apabila anda belum mengambil jalur langit, seperti doa-doa menurut islam berikut ...

Doa agar cepat hamil menurut islam sebenarnya telah ada di Al-Quran. Untuk para Bunda yang telah menikah cukup lama namun belum dikaruniai anak tentu merasa sedih. Namun Bunda harus bersabar. Sebab mungkin kondisi tersebut adalah ujian dari Allah Ta’ala.

Meski demikian, bersabar bukan berarti putus asa. Bunda bisa melakukan usaha-usaha tertentu untuk meningkatkan peluang kehamilan serta tak lupa berdoa kepada Sang Rabb. Tidak ada yang tak mungkin bagi Allah ta’ala. Apabila Dia berkehendak maka sesuatu itu akan terwujud dalam sekejap mata. Hanya saja, terkadang Allah Ta’ala ingin melihat kesabaran dan ketaatan orang-orang yang dicintai-Nya dengan memberikan cobaan di dunia.

Allah SWT berfirman:

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

Nah, berikut ini beberapa doa agar cepat hamil menurut islam:

Membaca Surat Al Furqan
“Robbana hablana min azqajinaa wa zurriyatina qurrota’ayunin, waj’alna lil muttaqiina imama.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerakanlah kepada istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74).

Membaca Doa Nabi Zakariyah a.s di surat Ali ‘imran
“Rabbi hablii min-ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’uddu’a.”

Artinya, “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS Ali ‘Imran:38)

Membaca Doa Zakariyah a.s di surat Al-Anbiya’
“Rabbi la tadzarnii fardan wa anta khairal waaritisiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris yang paling baik,” (QS Al Anbiya’: 89)

BACA JUGA : Begini Ilustrasi Bocornya Pahala Ketika kita Rajin Beramal tapi Jarang Sholat

Membaca Doa Nabi Ibrahim a.s
“Rabbi hablii min ash-shalihiin”

Artinya: “Ya Tuhanku, ahugerakanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh.” (As shaffat:100)

Membaca Surat Maryam ayat 1-6
“Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad,2. dzikru rahmati rabbika ‘abdahu zakariyyaa,3. idz naadaa rabbahu nidaa-an khafiyyaan,4. qaala rabbi innii wahana al’azhmu minnii waisyta’ala alrra/susyayban walam akun bidu’aa-ika rabbi syaqiyyaan,5. wa-innii khiftu almawaaliya min waraa-ii wakaanati imra-atii‘aaqiran fahab lii min ladunka waliyyaan,6. yaritsunii wayaritsu min aali ya’quuba waij’alhu rabbi radhiyyaan”

Artinya: Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad. 2. (yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya, Zakaria, 3. Yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. 4. ia berkata “Ya Tuhanku, Sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, Ya Tuhanku. 5. dan Sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, Maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, 6. yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan Jadikanlah ia, Ya Tuhanku, seorang yang diridhai”. (Q.S Maryam: 1-6).

Membaca Al-Fatihah
Sebelum memulai doa, hendaklah kita mengawali dengan bacaan Al-Fatihah. Surat pertama di Al-Quran ini disebut sebagai “Ummul Kitab”. Sungguh sangat mulia. Bahkan diwajibkan dibaca ketika Shalat. Selain itu, bacaan Al-Fatihah juga mempermudah dikabulkannya sebuah doa.

Allah berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku, dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

Membaca Salah Satu Asma’ul Husna: Ya Mushowwir
Setiap selesai habis solat atau disaat waktu senggang, usahakan membaca asmaul husna “Al Mushowwir” sebanyak 100x. Arti Al Mushowwir adalah “Yang Maha Menciptakan segala Bentuk dan Rupa”

“huwa allaahu alkhaaliqu albaari-u almushawwiru lahu al-asmaau alhusnaa yusabbihu lahu maa fii alssamaawaati waal-ardhi wahuwa al’aziizu alhakiimu”

Artinya: Dia-lah Allah Pencipta, Pencipta, Maha membentuk rupa terrsebut; Nya adalah nama yang paling baik; apa yang ada di langit dan bumi menyatakan kemuliaan-Nya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS al-Hasyr : 24)

Beistighfar 71 Kali
Doa agar cepat hamil juga dilakukan dengan memperbanyak istighfar. Bacalah istighfar “Astagfirullah” sebanyak 71 kali ketika sujud atau sehabis sholat.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

Membaca Doa Minta Keturunan
Setelah membaca istighfar, lanjutkan dengan membaca doa meminta keturunan:

“Allahummarzuqni waladan liusammihi bismi nabiyyika muhammad sholallohu alaihi wa alaihi”

Artinya: Ya allah karuniakan kepada keturunanku agar aku dapat menemaninya dengan nama Nabi Muhammad SAW.”

Membaca Asmaul Husna
Salah satu adab saat berdoa agar diijabah oleh Allah Ta’ala adalah dengan membaca asmaul husna. Memuji Allah Ta’ala, mengakui kebesaran dan keesaan-Nya. Untuk membuktikkan bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan segalanya bergantung kepada-Nya.

Anjuran membaca asmaul husna saat berdoa tertuang dalam firman Allah Ta’ala di Al-Quran:

“Katakanlah, berdoalah kepada Allah atau berdoalah kepada Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu berdoa, Dia mempunyai Asmaul husna.” (Al-Isra’: 110)

BACA JUGA : Gadis 12 Tahun Mengandung 3 Bulan dari Seorang Laki-laki Berusia 40 Tahun

“Allah memiliki Asmaul husna, hendaknya kamu berdoa dengannya.” (Al-A’raf: 180)

Bersolawat Kepada Nabi Muhammad SAW
Ada banyak keutamaan dari membaca solawat nabi. Selain sebagai bentuk pujian dan penghormatan kepada bagian Rasulullah SAW, salawat juga dapat mempermudah dikabulkannya sebuah doa.

Dalam hadist dijelaskan:

“Apabila salah seorang dari kalian berdoa maka hendaklah memulai dengan memuji Allah dan memuja-Nya, lalu hendaknya membaca salawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian setelah itu dia boleh berdoa tentang apa pun yang diinginkannya.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Umar bin Khattab Ra. berkata: “Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad Saw.” (HR. Tirmidzi)

Ada banyak bentuk bacaan solawat, salah satunya yang bisa Anda baca:

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Wa’Ala Ali Muhammad Kama Shollaita ‘Ala Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.”

Perbanyak Bacaan Dzikir
Selain berdoa, jangan lupa untuk memperbanyak dzikir. Berdzikir berarti mengingat Allah Ta’ala. Dan aktivitas ini bisa mendatangkan banyak manfaat. Seperti menambah keimanan, melapangkan riziki, membuat hati jadi tenang, dan mendapatkan barokah. Allah Azza Wa jalla telah memerintahkan kepada hamba-hambaNya untuk memperbanyak dzikir. Apabila kita mampu menjaga dzikir disetiap hari, maka Allah Ta’ala pun juga akan ingat kepada kita. InsyaAllah doa-doa kita dapat terijabah dengan mudah.

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allâh, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” ( QS: al-Ahzâb 41-42)

Contoh bacaan dzikir yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yakni:

  • Allahumma antassalam  waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram
  • Tasbih (subhanallah) sebanyak 33x
  • Tahmid (Alhamdulillah) sebanyak 33x,
  • Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 x.
  • Laa ilaaha Illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul Hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-inq qodir

Membaca Surat Al-Ikhlas
Sebelum berdoa untuk dikarunia anak, sebaiknya dahului dengan membaca surat al-ikhlas. Surat ke-112 dalam Al-Quran ini mempunyai banyak keistimewaan, salah satunya membantu terkabulkannya doa.

Dalam hadist shahih dijelaskan:

“Sesungguhnya Rasullah Saw. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasullah Saw. bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud)

Membaca Surat Al-Baqarah Ayat 285-286
Umumnya surat Al-Baqarah ayat 285-286 dibaca setelah kita membaca Al-Baqarah ayat 1-5 dan ayat kursi. Bacaan ini dapat dijadikan dizikir petang.

Dengan membaca dua ayat terakhir di surat Al-Baqarah di malam hari, maka akan membuat hidup lebih lapang. Dan Allah SWT akan mencukupi segala kebutuhan kita. Termasuk dalam hal memiliki keturunan. InsyaAllah jika kita bersungguh-sungguh meminta kepada Allah Ta’ala pastilah tak ada doa yang sia-sia.

Dari Abu Mas’ud Al Badri Ra. bahawasanya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim)

Membaca Doa Minta Hajat
“Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

Itulah beberapa doa agar cepat hamil menurut islam serta amalan-amalan yang harus dilakukan agar doa mudah dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Semoga bermafaat.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, like n share artikel ini. Dan jangan lupa like facebook Orang Tua Teladan dan facebook Wajib Baca serta Berita Islam. Kami akan update tips dan info bermanfaat lainnya di sana.
SHARE ARTIKEL