Manfaat Air Lemon Hangat

 27 May 2019  Wahyu Fajar
Manfaat Air Lemon Hangat

Image Source: alodokter.com

Siapa sih yang tidak kenal buah lemon? Buah yang memiliki kulit tebal dan berkulit berwarna kuning ini, ternyata didalamnya terkandung banyak manfaatnya. Salah satu cara untuk mendapatkannya, yaitu dengan mengkonsumsinya dicampur dengan air hangat serta diminumnya secara rutin terutama pagi hari.

Apa manfaat air lemon hangat? Mungkin bagi sebagian orang, lemon ini diketahui punya rasa yang asam. Tapi, dibalik rasa asam yang terkandung dalam jeruk lemon, tersimpan bergam manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jeruk lemon ini juga sering digunakan atau dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet.

Apakah Anda ingin mendapatkan manfaat air lemon hangat untuk kesehatan ini namun secara mudah dan murah? Yuk, coba minum air lemon hangat setiap hari dan dapatkan manfaatnya yang luar biasa. Minum air lemon hangat setiap hari terutama ketika pagi hari akan mendukung kesehatan Anda.

Pasalnya, ada beragam manfaat air lemon hangat di pagi hari, termasuk untuk menyegarkan napas. Buah lemon kaya akan vitamin C yang sangat banyak terkandung didalamnya. Selain itu, lemon membantu sistem pencernaan dalam mengeluarkan toksin atau racun berbahaya dari dalam tubuh. Meminum segelas air lemon hangat setiap hari tubuh Anda akan terjaga dari berbagai penyakit.

Jika selama ini Anda hanya minum teh atau kopi di pagi hari, kini Anda dapat mempertimbangkan minum air lemon hangat. Pasalnya, ada beragam manfaat minum air lemon hangat di pagi hari, termasuk untuk menyegarkan napas. Simak terus artikel wajibbaca.com ini untuk mendapatkan info lebih lanjutnya.

Manfaat Air Lemon Hangat

Buah lemon kaya akan vitamin C. Buah berwarna kuning cerah ini juga mengandung banyak zat kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan. Apa manfaat minum air lemon hangat? Berikut ini manfaat air lemon hangat yang bisa Anda dapatkan.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat jeruk lemon hangat yang pertama yaitu lebih dikenal dengan manfaat air lemon hangat untuk diet. Bisa dikatakan begitu, karena terbukti dalam sebuah penelitian yang membuktikan bahwa zat polifenol dalam buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda yang punya berat badan berlebih, cobalah mengkonsumsi air lemon hangat ini ke dalam daftar menu program diet Anda untuk mempercepat penurunan berat badan.

2. Mengurangi kerutan pada kulit

Selain dapat menurunkan berat badan yang berlebih, minum air lemon hangat di pagi hari baik untuk kulit. Hal ini karena air lemon hangat dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit, membantu kulit terlihat segar, dan mengurangi kerutan atau keriput. Manfaat ini diperoleh karena kandungan vitamin C yang terkandung pada buah lemon sangat tinggi.

3. Mencegah sembelit

Sembelit atau lebih dikenal dengan sebutan susah buang air besar mungkin sangatlah mengganggu aktifitas harian Anda. Banyak cara mengatasi sembelit ini, salah satunya dengan minum air lemon hangat. Minum air lemon hangat di pagi hari secara rutin setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, terutama mencegah sembelit. Beberapa penelitian mendapatkan manfaat ini, karena rasa asam lemon mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh seseorang sangatlah penting untuk mendukung kualitas kesehatan Anda. Daya tahan tubuh sangat diperlukan karena berperan penting untuk mencegah berbagai penyakit datang. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini Anda cukup dengan minum air lemon hangat secara rutin terutama pagi hari. Hal ini karena lemon sangat kaya akan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan bioflavonoid yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

5. Mencegah batu ginjal

Lemon tidak hanya dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, air lemon ternyata didalamnya juga mengandung asam sitrat yang dipercaya mampu mencegah batu ginjal. Batu ginjal itu sendiri tentunya juga salah satu penyakit berbahaya apalagi jika dibiarkan. Mengkonsumsi air lemon hangat secara rutin juga bisa mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab umum terbentuknya batu ginjal.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke

Pastinya setiap orang tidak mau kan terkena penyakit? Minum air lemon hangat secara rutin dipercaya dapat menjauhkan tubuh Anda dari berbagai penyakit. Kandungan vitamin C yang tinggi terkandung dalam lemon dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit, salah satunya kardiovaskular, stroke, serta menurunkan tekanan darah. Mengenai hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Baca Juga:

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat minum air lemon hangat

Di balik beragam manfaat air lemon hangat untuk kesehatan, ada potensi efek samping yang harus diwaspadai. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis enamel gigi, sehingga disarankan untuk menggunakan sedotan saat minum air lemon dan berkumur dengan air putih.

Selain itu, asam sitrat di dalam lemon juga dapat menimbulkan keluhan nyeri ulu hati atau heartburn pada sebagian orang. Bila Anda termasuk salah satu orang yang mengalami hal ini, sebaiknya hindari mengkonsumsi air lemon hangat sebelum makan.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat air lemon hangat yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi air lemon hangat ini sebagai cara mengobati penyakit yang Anda alami.

Demikian penjelasan tentang manfaat air lemon hangat untuk kesehatan yang luar biasa. Semoga bermanfaat.