3 Macam Obat Sakit Gigi Anak yang Efektif Untuk Meredakan Nyeri

 29 Apr 2019  Wahyu Fajar
3 Macam Obat Sakit Gigi Anak yang Efektif Untuk Meredakan Nyeri

Image Source: hellosehat.com

Apakah obat sakit gigi untuk anak? Sakit gigi memang umum terjadi, apalagi pada anak-anak. Tapi, Sakit gigi bisa menimpa siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Berbeda dengan orang dewasa, pemberian obat sakit gigi untuk anak harus dengan dosis dan obat yang benar.

Sebagai orangtua tentu merasa sangat kasihan melihat sang buah hati menderita sakit akibat gigi, penyebabnya pun bervariasi dan paling sering yaitu gigi berlubang. Apapun penyebabnya, agar penderitaan si buah hati tak berlarut-larut, atasi dengan obat sakit gigi anak yang manjur dan aman.

Mencari obat sakit gigi untuk anak terlebih lagi yang masih balita tentunya lebih sulit daripada mencari obat sakit gigi untuk orang dewasa. Memang ada banyak jenis obat sakit gigi yang di jual di apotek, akan tetapi, walaupun manjur untuk orang dewasa, belum tentu aman untuk anak-anak.

Ada beberapa jenis obat pereda rasa sakit yang cocok untuk sakit gigi pada anak. Obat-obatan ini mengatasi sakit gigi pada anak dengan menghambat saraf perasa nyeri atau penyebab nyeri.

Baca Juga:

Daftar obat sakit gigi untuk anak

Tidak semua obat cocok untuk diminum oleh anak-anak, salah satunya obat sakit gigi. Jadi, Anda perlu memperhatikan obat mana yang sesuai untuk usia anak.

Obat pereda nyeri untuk sakit gigi biasanya aman digunakan untuk anak, asal diminum sesuai dosis dan tidak digunakan untuk jangka panjang. Beberapa obat sakit gigi tersebut, antara lain:

1. Acetaminophen (paracetamol)

3 Macam Obat Sakit Gigi Anak yang Efektif Untuk Meredakan Nyeri
Image Source: hellosehat.com

Obat ini digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dari ringan sampai sedang akibat sakit gigi, sakit kepala, sakit punggung, atau meriang. Sakit gigi bisa menyebabkan gejala, seperti nyeri pada gigi dan gusi, sakit kepala, dan demam. Nah, untungnya gejala tersebut bisa diatasi dengan acetaminophen.

Namun Anda tetap perlu memperhatikan jika anak mengalami gatal dan ruam pada kulit, pembengkakan pada wajah, lidah, atau tenggorokan, pusing, dan kesulitan bernapas. Semua itu adalah reaksi yang ditunjukkan jika anak memiliki alergi dengan obat tersebut.

2. Ibuprofen

3 Macam Obat Sakit Gigi Anak yang Efektif Untuk Meredakan Nyeri
Image Source: hellosehat.com

Sama seperti acetaminophen, ibuprofen juga sering digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, dan radang sendi. Obat ini bekerja dengan cara mencegah produksi zat tubuh yang menyebabkan peradangan. Selain nyeri, obat ini juga mampu mengurangi pembengkakan saat sakit gigi.

Obat ini dapat menimbulkan efek samping, seperti sakit perut, mual dan muntah, diare, konstipasi, pusing dan mengantuk. Jika setelah minum obat, anak menjadi merasa leher kaku atau gangguan pada pendengaran, segera pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

3. Naproxen

3 Macam Obat Sakit Gigi Anak yang Efektif Untuk Meredakan Nyeri
Image Source: hellosehat.com

Jika tidak ada paracetamol atau ibuprofen, anak boleh diberikan naproxen. Obat ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sakit gigi.

Cara kerja obat ini sama dengan ibuprofen, yaitu mencegah zat peradangan yang diproduksi oleh tubuh. Efek samping dari obat ini adalah kram perut, mual, mengantuk, pusing dan nyeri pada ulu hati.

Nah, itulah beberapa obat sakit gigi anak yang bisa Anda coba ketika sakit gigi pada anak kambuh. Apabila sakit gigi pada anak tak kunjung reda, sebaiknya cobalah periksa ke dokter gigi agar sakit gigi tidak semakin parah.

Demikian penjelasan tentang apa obat sakit gigi untuk anak yang ampuh. Semoga bermanfaat.