Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Alami Tapi Ampuh

 09 Jul 2019  Taufiq Firmansah
Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Alami Tapi Ampuh

Obat sakit gigi - Image from tribunnews.com

Memang banyak benarnya kata pepatah lebih baik sakit hati daripada sakit gigi apalagi kalau giginya berlubang. Sebab makan dan minum saja sulit.

Ketika sakit gigi menyerang tentu obat sakit gigi yang ampuh menjadi salah satu solusi terbaik untuk meredakan sakit dan nyeri yang dialami. Baik itu obat sakit gigi alami ataupun obat dari apotek

Gigi berlubang yang terasa sakit dapat mengganggu aktivitas. Jika Anda mengalaminya, anda tentu sangat membutuhkan obat sakit gigi ampuh. Obat sakit gigi dan gusi bengkak ada bermacam-macam, mulai dari obat sakit gigi kimia hingga obat sakit gigi alami ampuh meredakan nyeri dan sakit yang melanda.

Cara meredakan sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan alami

Berikut pilihan obat sakit gigi yang ampuh untuk anda:

Berikut Obat Sakit Gigi Alami

Anda tinggal memilih mana yang cocok untuk anda gunakan mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang, ada obat alami dan obat dari apotek. Dan ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan mengatasi sakit gigi. Bahan ini cukup mudah didapatkan, dan dipercaya sangat ampuh.

1. Menggunakan garam dapur

Berkumur dengan air garam adalah cara yang pertama anda lakukan ketika sudah merasa sakit gigi yang tak tertahankan. Salah satu cara yang cukup mudah dengan air garam akan meredakan rasa sakit gigi yang menyerang. Berkumur dengan air garam cukup ampuh meringankan sakit gigi akibat gigi berlubang.

Garam memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang dipercaya bisa meredakan sakit gigi akibat gigi berlupang paling ampuh. Selain itu garam juga dapat menjadi bahan untuk perawatan gigi yang berlubang.

Caranya larutkan 1 sendok makan garam dalam segelas berisi air, setelah itu gunakan untuk berkumur hingga sakitnya menghilang

2. Menempelkan bawang merah pada gigi yang sakit

Ternyata bawang merah bisa menjadi obat sakit gigi yang juga ampuh meredakan sakit gigi berlubang dan gusi yang bengkak. Bawang merah mempunyai kandungan anti mikrobial dan antiseptik yang mampu menghilangkan rasa nyeri pada gigi yang berlubang.

Caranya siapkan bawang merah yang sudah dikupas kulitnya, lalu anda bisa mengunyahnya kalau tidak suka rasanya anda juga bisa dengan menempelkan bawang merah pada bagian gigi yang sakit.

3. Menempelkan bawang putih

Bawang putih ternyata juga bisa menjadi obat sakit gigi. Memiliki kandungan yang sama yaitu anti septik alami dan mampu melepaskan allicin serta menghasilkan minyak alami yang bisa melawan bakteri yang menyerang gigi berlubang.

Caranya, seperti pada bawang merah, bawang putih juga dikunyah atau menempelkan pada gigi yang sakit dan gusi yang bengkak

4. Menggunakan es batu

Salah satu penanganan pertama saat sakit gigi yaitu menggunakan es batu, anda bisa mengompres pada bagian yang sakit. Suhu dingin yang dihasilkan dari es mampu mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyerinya.

Caranya, anda bisa mengompres pada bagian gigi yang sakit dengan es batu, tunggu hingga 15 menit hingga dirasa sakitnya sudah mulai berkurang.

5. Menggunakan minyak cengkeh

Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Alami Tapi Ampuh

Image from hellosehat.com

Minyak cengkeh memiliki kandungan eugenol yang memiliki fungsi sebagai anestesi alami guna menghilangkan sakit gigi, minyak cengkeh sudah lama menjadi obat sakit gigi tradisional yang sudah banyak digunakan jaman dahulu.

Caranya, gunakan gulungan kapas kecil yang sudah ditetesi minyak cengkeh kemudian tempelkan pada bagian gigi yang berlubang dan terasa sakit, sampai rasa sakitnya hilang.

6. Menggunakan cuka apel

Manfaat cuka apel sangat banyak, salah satunya bisa digunakan sebagai obat alami sakit gigi. Memiliki kandungan anti mikroba dan anti bakterinya mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

Caranya larutkan 1 sendok makan cuka apel dalam 1 gelas air. Lalu gunakan dengan cara berkumur-kumur sampai rasa sakitnya hilang. Atau dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang

7. Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu bisa mengandung analgesik, anti radang dan anti mikrobanya dipercaya mampu menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang alami.

Caranya anda perlu menumbuk terlebih dahulu daun jambu biji secukupnya. Lalu tambahkan air dan rebus hingga mendidik. Diamkan lalu gunakan dengan cara berkumur-kumur hingga rasa nyerinya hilang.

8. Menggunakan jahe

Jahe juga dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi yang efektif menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Memiliki kandungan antibiotik yang mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut.

Cara pemakaiannya tumbuk 1 siung jahe, selanjutnya tempelkan pada gigi yang sakit. Tunggu hingga beberapa menit sampai sakitnya hilang.

Baca Juga:

Berikut Obat Sakit Gigi di Apotek

Bila obat alami tidak cocok atau anda tidak menyukainya, anda bisa menggunakan obat selain dari bahan alami, anda bisa membelinya dari apotik. Beberapa obat ini cukup ampuh menghilangkan rasa nyeri sakit gigi.

1. Acetaminophen

Obat ini mampu meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang, obat ini dikenal dengan nama lain sebagai Paracetamol. Memiliki kandungan yang mampu meredakan dan menghilangkan rasa nyeri saat sakit gigi. 

2. Ibuprofen

Obat yang kedua ini juga ampuh mengatasi sakit gigi berlubang. Obat ini juga perlu menggunakan resep dokter agar mendapatkan dosis pemakaian yang tepat. Ibuprofen tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup, jadi bagi anda yang tak bisa minum obat kaplet bisa minum sirup ibuprofen.

3. Naproxen

Obat ini banyak digunakan orang untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak. Selain meredakan sakit gigi obat ini juga memiliki efek samping seperti perut kembung, penglihatan kabur, perut terasa mules, diare, dan lain sebagainya. Jadi pemakaiannya harus sesuai dengan resep dari dokter. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet yang bisa anda dapatkan di apotik terdekat.

4. Dentasol

Obat ini sering dikenal sebagai obat gigi berlubang untuk anak yang cukup aman dikonsumsi. Obat ini dapat digunakan dengan cara mengoleskannya langsung ke bagian gigi yang sakit. Tidak seperti obat lain yang dikonsumsi dengan cara diminum. Dentasol berbentuk gel atau cairan yang dapat digunakan sebagai pereda nyeri sakit gigi berlubang.

5. Asam mefenamat

Asam mefenamat mungkin tidak asing lagi bagi anda. Obat ini juga sering digunakan malah menjadi andalan untuk meredakan nyeri pada gigi yang berlubang. Kandungan anti inflamasi yang mampu menghentikan rasa nyeri dengan cepat. Sehingga obat ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami sakit gigi secara tiba-tiba.

Itulah beberapa jenis obat sakit gigi yang alami atau dari apotik. Guna mengatasi sakit gigi berlubang, anda bisa memilih mau menggunakan obat alami atau kimia. Karena keduanya mampu mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak sebab gigi berlubang secara cepat dan efektif