Doa Menghadapi Kesulitan Hidup dan Banyak Hutang

Komentar
Doa Menghadapi Kesulitan Hidung dan Banyak Hutang
Sumber gambar bioenergicenter.com

Doa Menghadapi Kesulitan Hidung dan Banyak Hutang Salah satunya dengan membaca doa ini. Allah akan memberikan jalan keluar terbaik dari setiap kesulitan.

Dalam kehidupan kita tentu megalami suka dan duka, lapang ada sempit, mudah ada susah, silih berganti.

Begitulah memang Allah memberlakukan ketentuan-Nya untuk menguji  manusia, apakah manusia akan menjadi hamba yang beriman atau ingkar, bersyukur atau kufur, tetap iman dan istiqamah atau pindah keyakinan.

Namun, terkadang kita merasakan kesulitan hidup yang sangat berat. Bak mengangkat beban berat sebesar gunung atau terhimpit bumi.

Padahal kalau kesulitan itu dihadapi, apalagi bila kita coba memaknai dengan realitas kehidupan, ternyata justru dengan adanya kesulitan itu dapat membawa manusia semakin kuat, dan maju. Dengana adanya kesulitan berat itu pula, daya kekuatan nalar lebih yang dimiliki manusia akan muncul.

Maka, dengan kesulitan hidup itu dilihat dari sumber kehidupan, merupakan jalan pendakian menuju puncak keridhaan Allah.

Karena itu, kesulitan hidup jangan dikeluhkan, apalagi dicaci maki, dan ditinggal pergi. Namun kesulitan itu harus dihadapi, diatasi dan dicarikan solusinya, sebagai langkah menuju ridha Allah. Kuncinya adalah, jangan berputus asa dari rahmat Allah.

Ketika kesulitan terjadi, mencari pertolongan adalah fitrah dari setiap makhluk. Tentunya, pertolongan harus dimintakan kepada Allah SWT.

Salah satunya dengan membaca doa ini. Allah akan memberikan jalan keluar terbaik dari setiap kesulitan.

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan




Allahumma la sahla illa maa ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi'ta sahla.

Artinya,

" Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau jadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

Selain doa untuk keluar dari kesulitan hidup, banyak diantara kita juga mengamalkan doa untuk keluar dari jeratan hutang dan memperlancar rezeki saat bekerja.

Baca Juga:
1. Istri Belum Mandi Suci dari Haid, Suami Ngajak Berjima' Bagaimana Hukumnya?
2. Biasa Melakukan Ini di Malam Hari, Allah Jauhkan Tubuh Dari Sentuhan Api Neraka
3. Untuk Istri, Cara Paling Romantis Nasihati Suami yang Malas Shalat

Doa Agar Terlepas dari Jeratan Hutang


Do'a yang dipanjatkan ketika kita menginginkan terbebas dari lilitan hutang yaitu seperti hadits nabi dari Anas bin Malik radhiyallahu `anhu, ia berkata: Nabi shallallahu `alaihi wasallam sering berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ.

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan rasa sedih, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari lilitan hutang dan laki-laki  yang menindas-(ku)“ H.R. Bukhari.

Begitulah tadi Doa Menghadapi Kesulitan Hidung dan Banyak Hutang. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya
Top